image Bikin Pertandingan Bola Tanpa Perhatikan 5 Hal Ini? Rugi Sendiri Loh!

loket wiki

Bikin Pertandingan Bola Tanpa Perhatikan 5 Hal Ini? Rugi Sendiri Loh!

30 Sep 2019 - Penulis Nabila

In-do-ne-sia, In-do-ne-sia, In-do-ne-sia! Seruan semangat itu pasti kamu dengar kalau lagi nonton pertandingan bola, khususnya pertandingan timnas Indonesia yang selalu berhasil membakar semangat Ultras Indonesia. 

Namun, kamu tahu nggak? Di balik setiap pertandingan bola yang kamu tonton, ada 5 hal yang perlu diperhatikan supaya pertandingan bola lancar dan nggak berakhir rusuh. Yuk, simak sampai akhir!

Pertandingan bola: Pembuatan event page bikin distribusi tiket lebih praktis



Memangnya kenapa harus punya event page sih? Dengan adanya event page, pengunjung bisa dengan praktis membeli tiket pertandingan bola kamu di situs yang terpercaya dan terhindar dari calo.

Kehadiran event page juga otomatis mempermudah distribusi tiket. Semua orang bisa dengan mudah mengakses pembelian tiket online di event page tersebut tanpa harus pergi ke lokasi tertentu. 

Pertandingan bola: Produksi tiket dengan barcode unik 

Katanya setiap manusia itu punya satu jodoh yang nggak akan tertukar sama manusia lainnya, nah kalo di pertandingan bola yang ditangani oleh LOKET, setiap pengunjung bakal dapat tiket dengan barcode unik, dijamin nggak ada yang tertukar dan sama.

Memangnya apa untungnya sih kalau punya barcode unik? Hal ini mencegah tersebarnya tiket palsu dan calo di setiap pertandingan bola yang diadakan. Mau itu pertandingan timnas Indonesia, PSIM, Persebaya, ataupun klub bola lainnya. Tiket dengan barcode unik ini menghindari calo karena nggak bisa melakukan tap in berturut-turut.

Barcode unik ini bisa kamu temui di berbagai bentuk tiket yang ditawarkan oleh LOKET. Mulai dari tiket kertas, tyvek wristband, woven wristband, atau gelang plastik. Khusus di pertandingan bola biasanya memakai tiket tipe tyvek wristband atau tiket kertas yang sudah dilengkapi oleh barcode. Barcode yang ada di tiket bukan cuma didiamkan saja loh ya, semuanya akan melewati proses scan supaya menjamin keaslian tiket. Asik kan pasti kalau nonton Timnas Indonesia dengan tiket yang dijamin asli gini?

Pertandingan bola: Penanganan kerumunan profesional


Dalam dunia sepak bola terdapat istilah untuk penggemar fanatik, yaitu Hooligan. Kalau kamu lihat sekumpulan orang yang datang ke stadion bola untuk menonton bersama sambil menyanyikan yel-yel klub kesayangannya, bisa jadi kamu bertemu hooligan.

Di waktu-waktu tertentu, terkadang Hooligan bisa berakhir rusuh karena kecewa terhadap hasil pertandingan bola yang ditonton. Nah, kalau sudah begini harus gimana ya? Ada tindakan preventif yang bisa kamu lakukan nih. Salah satunya pengadaan man power yang bisa menangani kerumunan secara profesional. Soalnya ada trik-trik khusus yang biasa dilakukan oleh kru yang sudah berpengalaman untuk menghadapi kerumunan begitu, seperti yang dilakukan oleh tim dari LOKET.

Pertama, harus mengenal tipe kerumunan yang dihadapi. Kedua, jika terjadi kekacauan harus tenang dan mengobservasi seluruh keadaan sebelum mengambil keputusan. Ketiga, pastikan kamu memiliki Standard Operating Procedure (SOP) yang sudah disetujui bersama oleh tim. Terakhir, inisiatif untuk mencari akar masalah dan mengambil aksi dengan hati-hati. 

Pertandingan bola: Kru profesional scan cepat & singkat 


Hal yang dapat memicu chaos dalam suatu kerumunan adalah ketika sekelompok orang berdiri terlalu lama dalam kondisi yang panas dan sesak. Nggak mau dong, kalau rencana pengunjung menonton pertandingan bola malah jadi kacau karena di awal mood sudah hancur? 

Di sini lah peran kru profesional jadi krusial! Kru yang profesional adalah kru yang bisa melakukan scan dalam waktu yang cepat dan singkat. Proses scan bisa dengan mudah digunakan dengan handphone ataupun sistem otomatis yang ada di perangkat turnstile. Kerjasama antara pengunjung dan kru menjadi penentu pertandingan bola berjalan aman dan lancar atau nggak.

Kru yang dipekerjakan nggak boleh main-main! Kalau di LOKET, semua itu sudah menjadi bagian dari jasa crowd handling yang bisa kamu aplikasikan ke berbagai event mulai dari pertandingan bola, konser musik, workshop, dan event lainnya.

Pertandingan bola: Sistem perangkat handal mobile & turnstile 


Olahraga sepak bola memang menjadi olahraga favorit nomor satu di Indonesia. Sepak bola modern di Indonesia dimulai dengan terbentuknya Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia pada 1930 di Yogyakarta. Perkembangan sepak bola bukan dari sisi pemain dan pertandingannya saja, kamu yang hobi nonton pertandingan bola pasti merasakan pergantian cara masuk ke pertandingan bola. 

Di jaman modern ini kamu bisa dengan mudah memasuki pertandingan bola karena sudah ada sistem perangkat handal dalam bentuk mobile dan turnstile. Apa sih turnstile itu? Kalau kamu bingung, kamu bisa langsung lihat foto di atas tuh Event Creator. Jumlah turnstile yang dibutuhkan di lapangan disesuaikan dengan jumlah massa pengunjung yang akan datang.

Pertandingan bola: Rencana berdasarkan big data & pengalaman


Pernah dengar kalimat “If plan A did not work, the alphabet has 25 more letters”? Ada banyak hal yang bisa terjadi di sebuah pertandingan bola. Gimana nggak? Dalam satu waktu terdapat banyak orang yang berkumpul untuk menonton di stadion. Perencanaan yang baik bisa membawa kelancaran di pertandingan bola tersebut. Nah, perencanaan yang baik itu harus meliputi rencana cadangan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Gimana ya cara merancang perencanaan yang baik? Jawabannya adalah dengan bantuan data yang jelas! Setiap tindakan yang diputuskan harus sesuai dengan data yang ada. Misalnya nih, berdasarkan data di pertandingan sebelumnya pengunjung paling banyak masuk dari gerbang A dibanding gerbang B. Berarti di perencanaan berikutnya, harus lebih banyak kru dan turnstile yang disediakan di gerbang A daripada gerbang B. 

Darimana ya tau semua itu? Dengan sistem tiket yang sudah terintegrasi dengan sistem turnstile. Data-data seperti itu dapat didapatkan dengan mudah di big data yang LOKET punya. Selain itu, semakin banyak kru profesional memiliki jam pengalaman, makin banyak juga deh solusi-solusi yang bisa ditawarkan di lapangan. Sebelum dan saat pertandingan berlangsung dilakukan insight utilization untuk menentukan tindakan dan metode apa yang harus dilakukan demi kelancaran event. 

Ternyata ada banyak cara ya untuk membuat pengalaman pertandingan bola pengunjung menjadi lebih menyenangkan dan praktis. Kalau kamu tim nonton bola di lapangan atau nobar bersama teman-teman nih? Kalau kehabisan tiket sih mending #JadiinAja nobar pertandingan bola bersama temanmu di Loket.com! Bukan cuma teman lama yang bisa diajak, kamu bisa sebar undangan nobarmu kemana-mana biar makin banyak teman nobar baru. Cek aja dulu contoh nobar seru di sini!

bikin event bola

profile
Nabila

Content Strategist

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang