image Panduan Susunan Acara Pernikahan di Masa Pandemi

loket wiki

Panduan Susunan Acara Pernikahan di Masa Pandemi

16 Jun 2020 - Penulis Nabila

Menikah di kala pandemi memang memberikan tantangan baru. Susunan acara pernikahan sampai ke teknis pelaksanaan yang sudah dirancang selama ini jadi harus diubah mengikuti protokol kesehatan. Semua itu dilakukan demi mencegah penyebaran COVID-19 yang lebih luas.

Kira-kira seperti apa susunan acara pernikahan dan teknis pelaksanaan ketika masa pandemi? Yuk, baca sampai akhir!

Susunan acara akad pernikahan

  • Pembukaan (Acara dibuka dengan bismillah dan pembacaan ayat Al-Quran)
  • Khotbah nikah
  • Ijab kabul
  • Doa nikah
  • Penandatanganan buku nikah
  • Serah terima mahar
  • Tukar cincin
  • Nasihat pernikahan
  • Penutup 


Susunan acara resepsi pernikahan

  • Pembukaan
  • Ucapan selamat kepada mempelai
  • Tamu menikmati hidangan
  • Special performance
  • Foto bersama
  • Penutup 


Agar susunan acara pernikahan jadi lebih efektif, acara akad dan resepsi bisa kamu gabung dalam satu waktu. Susunan acaranya menjadi lebih sederhana, setelah proses akad selesai tamu bisa langsung menikmati hidangan yang sudah disediakan di meja (bukan prasmanan). Ucapan selamat bukan lagi salam-salaman, kamu bisa menggantikan momen tersebut dengan perwakilan speech/pidato dari orang-orang terdekat yang kamu pilih. 

Tak banyak yang berubah dari susunan acara pernikahan, tetapi teknis pelaksanaan lah yang perlu dirombak lebih banyak. Perubahan teknis ini untuk meminimalisir interaksi langsung serta tetap mengedepankan protokol kesehatan yang berlaku. Misalnya, masker, hand sanitizer, dan  pengukur suhu tubuh yang harus selalu tersedia sampai meja makan yang sudah diatur agar kerumunan bisa dikontrol. 

Namun, selain hal-hal di atas, apa aja ya perubahan teknis mudah yang bisa kamu lakukan dengan bantuan Loket.com?

Baca juga: 3 hal yang harus dilakukan di new normal yang jarang orang bicarakan

Menyebar undangan virtual dengan link registrasi

Sebelum masa pandemi, menyebar undangan virtual juga sudah banyak dilakukan oleh orang-orang. Namun, di masa pandemi penyebaran undangan virtual dengan link registrasi dari Loket.com bisa memberi kamu keuntungan yang lebih banyak loh. Pastinya banyak yang harus kamu siapkan, jadi butuh yang praktis. Nah, pembuatan link registrasi tamu pernikahan di Loket.com bisa dibuat semudah kamu bikin akun media sosial.

Pernikahanmu bisa menggunakan jenis event page private di Loket.com agar hanya bisa dibuka oleh orang yang memiliki link. Setelah menyebar link ke tamu undangan, mereka bisa klik “beli tiket” dan otomatis akan mendapatkan e-voucher untuk akses datang ke acara pernikahanmu. Klik di sini untuk tahu cara bikin registrasi pernikahanmu!

Gak perlu buku tamu, cukup scan tamu yang datang

Buku tamu seperti hal wajib yang pasti ada di acara pernikahan. Namun, pulpen untuk mengisi buku tamu bisa berisiko menularkan COVID-19 loh karena dipegang oleh banyak pihak. Untuk tetap bisa mendata tamu, ada cara praktis yang berhubungan dengan e-voucher yang didapat ketika registrasi dengan  Loket.com.

Masih ingat e-voucher yang didapat oleh tamu undangan? E-voucher tersebut sudah dilengkapi oleh barcode unik yang tidak bisa diduplikasi loh. Ketika tamu undangan masuk, mereka cukup menunjukkan e-voucher agar bisa kamu scan barcodenya menggunakan aplikasi LOKET Check-in yang bisa diunduh secara gratis di PlayStore.

Amplop virtual ketika registrasi awal

Waktunya untuk cashless! Untuk mengurangi risiko penyebaran, sebaiknya kamu nggak menerima uang dalam bentuk cash. Amplop yang biasa diberikan ketika tamu baru baru datang bisa kamu ubah menjadi amplop virtual melalui sistem kategori tiket di Loket.com. Jadi ketika tamu melakukan registrasi online, tamu bisa memilih harga tiket yang dimau sebagai pengganti amplop pernikahanmu. 

Kamu bisa membuat lebih dari satu kategori tiket, jadi tamu bisa memilih sesuai dengan kehendaknya. Kalau mau ada tambahan setelah sudah registrasi, beri tahu untuk langsung transfer ke ATM aja ya. Ingat nih, mengurangi perputaran uang cash dalam pernikahanmu adalah aksi pencegahan penyebaran COVID-19.

Live streaming di LOKET Live agar bisa disaksikan orang banyak

Aturan mengenai acara pernikahan setiap daerah berbeda-beda dan bisa berubah setiap waktu. Orang banyak yang berkumpul di satu tempat memang masih dihindari oleh seluruh pihak. Jika daerahmu memiliki aturan kuota entah itu dalam jumlah yang spesifik ataupun 50% dari kapasitas tempat, artinya tamu yang bisa kamu undang jumlahnya terbatas.

Jumlah tamu yang terbatas, nggak bisa jadi halangan orang-orang untuk menyaksikan hari bahagiamu. Kamu bisa melakukan streaming online melalui LOKET Live agar orang yang tidak masuk ke dalam daftar tamu offline bisa tetap menjadi saksi pernikahanmu. 

LOKET Live sudah banyak digunakan oleh musisi Indonesia ternama untuk melakukan konser online, bahkan oleh musisi yang berada di beda kota. Jadi, teknologi yang sama bisa kamu gunakan juga untuk menghadirkan streaming online berkualitas ke tamu pernikahan online.

Mengadakan pernikahan di kala pandemi memang membutuhkan kefleksibelan dan kreativitas. Kamu harus #UbahCaraLama agar seluruh susunan acara pernikahan bisa berjalan lancar. Selamat mencoba ya!

      Baca juga: LOKET Live memudahkan kamu bikin event online 
bikin event corona

profile
Nabila

Content Strategist

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang