image Hai Magazine "Sebelum Bikin, Kamu Wajib Tahu Sejarah Pensi Dulu"

loket inspire

Hai Magazine "Sebelum Bikin, Kamu Wajib Tahu Sejarah Pensi Dulu"

26 Feb 2019 - Penulis Dila

Hi Pensi Creator!

Februari lalu, LOKETalks bekerjasama dengan HAI mengadakan diskusi hangat yang membahas tentang topik “Make Pensi Great Again”. Dalam sub-pembahasannya, Hai online yang turut menghadirkan founder Info Pensi pun mengajak para Pensi Creator yang hadir untuk menelisik sejarah Pensi terlebih dahulu.


Kalau kamu sudah kenalan sama sejarah Pensi belum? Waduh, kalau informasi yang satu ini kamu wajib tahu guys. Apalagi, menyiapkan Pensi butuh tema, konten acara, dan menentukan tujuan acaranya. Nah, dengan mengetahui sejarah Pensi, kamu jadi bisa mempersiapkan semuanya dengan lebih tepat sasaran.


Yuk, simak ulasan sejarah Pensi selama satu dekade!


Awal sejarah Pensi di tahun 1986

Awal mula munculnya Pensi atau Pentas Seni di tingkat sekolah berkembang di Yogyakarta. Kota pelajar dengan beragam universitas dan sekolah ternama itu, memang terkenal dengan kekentalan jiwa kreatif pada anak mudanya. SMA de Britto di Yogya di era itu mengajak puluhan sekolah lainnya untuk berkreasi bersama dalam satu panggung. Event inilah yang menjadi penanda awal munculnya Pensi.


Tujuan awal sejarah Pensi

Era 80an, sangat terkenal dengan beragam kerusuhan dan tawuran pelajar yang merajalela. Oleh karena itu, baik pemerintah, pihak sekolah, maupun komite pelajar berpikir keras untuk menanggulangi hal tersebut dengan mengalihkan perhatian pelajar pada kegiatan seru nan positif. Disitulah kemudian Pensi digelar dengan konsep awal sebagai Pesta pelajar.


Inisiator Pesta Pelajar di awal sejarah Pensi adalah Hai

Dengan tujuan yang telah disebutkan sebelumnya, majalah Hai yang sudah populer di kalangan pelajar menggelar Pesta Pelajar pertama dengan bantuan panitia dari murid-murid SMA. Pesta Pelajar ini pun dianggap sebagai contoh standar pembuatan Pensi yang berkembang. Mengambil langkah awal di Yogya, Pesta Pelajar menyebar ke Malang, Bandung, hingga Jakarta.


Perkembangan sejarah Pensi nggak melulu pertunjukkan seni

SMA Pangudi Luhur merupakan salah satu raja Pensi pada perkembangan awalnya. PL Fair nggak melulu menyajikan konten acara seni, bakti sosial dengan konsep ‘life in di desa’ pun turut menarik perhatian dan menjadi agenda hits kala itu. Selain itu, Pensi juga menjadi ajang untuk melengkapi perayaan ulang tahun sekolah, wadah penyalur kreativitas dan ide seru, serta meningkatkan rasa bangga pada sekolah.


Deretan sekolah hits di awal perkembangan sejarah Pensi

Pensi merupakan event wajib bagi pelajar untuk meningkatkan popularitas sekolahnya. Akan menjadi gengsi tersendiri bagi pelajar untuk berhasil menginisiasi Pensi keren dengan konten acara terbaik. Pangudi Luhur, Labschool, Tarakanita, SMA 68, SMA 6, SMPN 115, Fantastic four SMA 4, SMA 5 Bandung, dan SMA de Britto Yogya adalah deretan teratasnya.


Pamor dan eksistensi Pensi pernah turun di perkembangan sejarah Pensi

Tidak selalu berjaya dan menjadi agenda favorit para pelajar. Pamor Pensi pernah turun. Bahkan, pelajar pun pernah enggan menggelarnya. Mengapa? Kendala regulasi adalah faktor utamanya. Aparatur negara sempat melarang penyelenggaraan Pensi dengan alasan mengganggu ketentraman. Pihak sekolah pun sempat memasuki fase ragu untuk memberikan izin karena berbagai alasan, mulai dari takut pamor Pensi tidak terbangun maksimal, hingga ketakutan persiapan Pensi bisa mengganggu perkembangan akademik mereka.


Begitulah sekilas ulasan diskusi LOKETalks bersama Hai yang ingin mengajak kamu kenalan sama sejarah Pensi. Pensi adalah gengsi yang diturunkan. Berkreasi melalui panggung Pensi bisa memberikan kesibukan positif bagi pelajar. Nah, kamu juga nggak perlu mengalami ketakutan akademikmu akan terganggu. Loket.com bisa bantu persiapan Pensi kamu maksimal, tanpa ribet, hemat waktu, tenaga, dan efisien.


Yuk, rayakan Pensi dengan LOKET!

buat event jual tiket event buat pensi

profile
Dila

Part-time writer, full-time dreamer

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang