image 12 Fakta Coldplay Yang Harus Kamu Tahu, Dijamin Unik!

loket wiki

12 Fakta Coldplay Yang Harus Kamu Tahu, Dijamin Unik!

16 May 2023 - Penulis Winda

Mulai dari latar belakang judul “Yellow” hingga belajar nyanyi secara reverse untuk “The Scientist”, banyak banget fakta Coldplay yang super unik dan mengesankan! Buat kamu yang udah siap-siap mau menyaksikan Coldplay secara live di Indonesia, baca dulu 12 fakta Coldplay di bawah ini!

1. Berawal dari duo, bukan bernama Coldplay!

Coldplay awalnya bukan Coldplay! Band ini terbentuk pada tahun 1996 ketika Chris Martin bertemu dengan gitaris utama Jonny Buckland di University College London. Sebagai duo mereka dikenal sebagai Pectoralz. Guy Berryman kemudian bergabung sebagai bassis dan mereka berganti nama menjadi Starfish.

Gak lama setelahnya, drummer dan vokalis pendukung Will Champion bergabung untuk melengkapi formasi. Baru deh, pada tahun 1998 band berganti nama jadi Coldplay

2. Terdiri dari 4 member (psst! Ada band member ke-5!)

source: Coldplay Official
Band Coldplay terdiri dari 4 anggota, yaitu Chris Martin (lead vocals, keyboards, piano, rhythm guitar, harmonica), Jonny Buckland (lead guitar, backing vocals, keyboards), Guy Berryman (bass, backing vocals, keyboards, synthesizers, percussion), dan Will Champion (drums, backing vocals, keyboards, piano, percussion). 

Orang-orang menyebut Phil Harvey sebagai “band member ke-5” karena dia bekerja bareng Coldplay dari awal band terbentuk. Phil jadi manajer Coldplay dari awal terbentuk hingga 2002 dan jadi creative director Coldplay sejak 2006 hingga sekarang.

3. Member band-nya lulus jurusan Astronomi & Matematika hingga Ancient World Studies

Gak cuma musisi yang hebat, member band Coldplay lulus jurusan yang luar biasa! Chris Martin punya gelar di Ancient World Studies dan Jonny belajar Astronomi dan Matematika. 

4. Superstar yang masih naik transportasi umum

Superstar gak selamanya hidup dengan luxury! Yap, Coldplay masih naik London Tube, alias kereta bawah tanah London. Chris bahkan pernah berangkat ke pertunjukannya sendiri di O2 Arena di London dengan kereta bawah tanah. Meskipun superstar dunia, gak ada yang mengenalinya, lho.

5. Rela rogoh kocek £5,5 juta selama tur Mylo Xyloto untuk fans

Coldplay diduga kehilangan keuntungan sekitar £5,5 juta selama tur Mylo Xyloto mereka, demi fans mereka. Mereka memberikan gelang khusus, katering, akomodasi, dan presentasi panggung yang lebih baik.

6. Konser Coldplay khas dengan Xyloband!

Xyloband adalah gelang LED yang dikendalikan radio dan bisa berubah warna seiring waktu dengan musik. Xyloband pertama kali digunakan untuk 'Mylo Xyloto Tour milik Coldplay pada tahun 2012. Gelang ini dipopulerkan oleh Coldplay dan sejak itu sering digunakan di pertunjukan dan konser.

Saat Coldplay memulai Tur Dunia Music of the Spheres, banyak video yang viral dari keindahan stadium karena Xyloband yang menyala apik!

7. Judul lagu “Yellow” diambil dari buku kuning alias Yellow Pages

Banyak yang mengartikan Yellow dengan sangat puitis, tapi yang paling bener? Chris mengaku kalau saat bikin lagu Yellow, dia melihat buku kuning alias yellow pages yang ada di dekat dia saat di studio. Jadi deh, judul Yellow!

Seperti yang kita ketahui, video musik untuk 'The Scientist' bukan video musik biasa! Seluruh video diputar terbalik alias reverse, memperlihatkan Chris berjalan mundur dan menceritakan alur cerita dari akhir, hingga awal. Tapi Chris beneran nyanyi dari awal hingga akhir video.

Jadi, gimana syutingnya? Simpel, Chris Martin harus belajar menyanyikan 'The Scientist' secara mundur untuk video musik. Keren abis!

9. Pernah announce album dengan nulis surat ke fans

Coldplay pernah melakukan hal yang gak biasa ke fans dengan mengumumkan album baru lewat surat! Band ini mengumumkan album 'Everyday Life' pada tahun 2019 dengan mengirimkan surat yang diketik kepada penggemar mereka.

Tapi fans mereka malah bingung dan bertanya di sosmed buat mastiin mereka beneran dikirimin surat sama Coldplay. Baru deh mereka tahu bahwa album tersebut akan terdiri dari dua bagian yang disebut, 'Sunrise' dan 'Sunset'.

Surat tersebut mengkonfirmasi detail album, termasuk tanggal rilisnya pada 22 November 2019, dan menampilkan tanda tangan anggota band yang ditulis dengan pena emas.

10. Chris gak nyangka collab bareng BTS beneran terjadi!

Tau kan lagu hits Coldplay ft. BTS yang berjudul “My Universe”? Nah, ternyata chris Martin gak yakin kalau kolaborasi itu beneran terjadi. Hal ini karena dia mempertanyakan gimana kedua suara mereka akan cocok satu sama lain.

Dengan segala kebingungan dan keraguan di awal, Chris kemudian mulai merasa kalau "Ide itu mulai tampak sangat menarik dalam keanehannya, dan kemudian suatu hari, lagu yang tepat tiba.”

Pada April 2022, dia juga berkata di podcast Audacy: "Saya rasa kami tidak akan pernah bisa menyamai kejutan BTS... Itu bahkan mengejutkan kami," jelasnya, sebelum menambahkan: "Luar biasa. pelajaran untuk diri saya sendiri dalam menjaga pikiran terbuka sepanjang waktu, karena Anda tidak pernah tahu kehidupan atau musik apa yang akan melemparkan Anda."

11. Punya rekor BRIT Award

Coldplay memiliki rekor saat ini untuk nominasi BRIT Award terbanyak untuk sebuah band, dengan 30 nominasi hingga saat ini. Dari jumlah tersebut, mereka telah memenangkan 9 BRIT Awards, dengan penghargaan pertama mereka pada tahun 2011 untuk British Group dan British Album of the Year, dan yang terbaru pada tahun 2016 untuk British Group.

12. Music of The Spheres adalah konser paling eco-friendly Coldplay

Pada tahun 2019, Coldplay mengumumkan bahwa mereka bakal rehat dari tur sampai konser mereka “bermanfaat untuk lingkungan”. Pada tahun 2022, band ini kemudian berjanji agar tur mendatang mereka akan 'memotong emisi langsung tur lebih dari 50% dibandingkan dengan tur kami sebelumnya (2016-17)'.

Coldplay mengumumkan beberapa tanggal UK untuk 'Music of the Spheres tour' di London dan Glasgow untuk Agustus 2022. Mereka kemudian menambahkan enam tanggal lagi untuk Mei/Juni 2023.

Konser mereka memiliki fitur ramah lingkungan seperti lantai dansa kinetik dan sepeda statis. Band juga membuat janji reboisasi yang melibatkan penanaman dan perlindungan pohon - termasuk satu untuk setiap tiket yang terjual.

Guy, Berryman berkata untuk prinsip eco-friendly ini, mereka mau konsep yang gak terlalu serius dan menyenangkan. Ia mau orang-orang gak melihat konsep ini sebagai suatu tanggung jawab, tetapi menjadi kesempatan untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan.


Itu dia fakta Coldplay yang unik dan keren abis. Mau ke event lainnya yang seru dan gak terlupakan? Cek event seru lainnya di Loket.com.

loket wiki event

profile
Winda

Content Strategist at LOKET

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang