image Hal yang Harus Diperhatikan Saat Bikin Proposal Pentas Seni

loket edu

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Bikin Proposal Pentas Seni

29 Mar 2019 - Penulis Dila

Hi Event Creator! Kamu sering kebingungan saat cari tips deketin sponsor untuk event kamu? Wah, berarti kamu nggak datang ke acara LOKETalks edisi 12. Soalnya, LOKETalks edisi 12 lalu sudah menghadirkan Arya Damar J (Head of Platform Business, Loket.com), Frederick Reinhard (Editor in Chief PROVOKE!), Ignatius Teddy (HiLo Teen Brand Manager), dan Miranda Warokka (Head of Marketing NOKIA) untuk kupas tuntas tips deketin sponsor untuk mendanai event kamu.

Eits, kamu nggak perlu khawatir. Loket.com sudah merangkum semua tips deketin sponsor yang para speakers kece ini sampaikan spesial buat kamu! Yuk, simak ulasan berikut ini:


Tips Deketin Sponsor dari Provoke: Content is the king!

Event Creator mungkin belum menyadarinya. Akan tetapi, konten punya peranan penting dalam menunjang strategi kamu mendekati calon sponsor. Bagi para Event Creator, konten dapat dimaknai sebagai kunci untuk menyampaikan pesan pada masyarakat agar tertarik datang ke event kamu.

Untuk mendapatkan sponsor, sebuah event harus memiliki strategi konten yang unik, kreatif, dan menjual. Strategi konten untuk ‘menggaet’ sponsor dapat dibagi menjadi tiga periode, yaitu sebelum, sesudah, dan pada saat event berlangsung. Temukan tiga tema besar konten untuk mengcover ketiga periode tersebut dengan mengedepankan unique value di event kamu.

Misalnya, di sebelum event kamu bisa membuat konten promosi bersama sponsor untuk menjual event dan brand sponsor secara bersamaan. Gunakan media partner, media sosial event, dan media sosial panitia kamu sebagai nilai lebih bagi sponsor untuk berinvestasi di event mu. Pada saat penyelenggara acara, kamu bisa membuat konten aktivasi bersama sponsor kamu. Misalnya saja dengan membuat games di booth sponsor, konten adlips di mainstage, hingga membuat mata acara bersama dengan sponsor mu.

Strategi konten pasca penyelenggaraan acara juga bisa menunjang usahamu menggaet sponsor. Misalnya dengan menyebarkan ucapan terimakasih melalui media sosial atau bahkan sebuah konten liputan dengan menyebutkan aktivitas sponsor di event kamu, keduanya dapat membantu kamu menjalin hubungan baik dengan sponsor dan membuat brand lebih menghargai acaramu.


Tips Deketin Sponsor dari LOKET: Data bisa jadi nilai jual lebih!

Poin yang satu ini belum banyak digunakan oleh para Event Creator pada saat deketin sponsor. Tapi sebenarnya, data itu bisa jadi nilai jual lebih yang nambah alasan mereka mensponsori event kamu.

Data dalam konteks bisa bersumber pada analisa data event sebelumnya atau bahkan data survey yang kamu lakukan dalam rangka mempersiapkan event ini. Data jumlah pengunjung event sebelumnya dapat menjadi acuan bagi sponsor untuk memperkirakan se-worth it apa event kamu untuk mereka. Database pengunjung sebelumnya, seperti rentang usia dan gender pengunjung dapat menjadi patokan bagi sebuah brand untuk menentukan apakah target pasar kamu dan dia sesuai, sehingga mereka nggak perlu pikir panjang untuk mensponsori event kamu.


Tips Deketin Sponsor dari Nokia: Perhatikan 3 poin ini biar sama-sama senang!

Dalam membuat strategi sponsorship, kamu harus memperhatikan keuntungan untuk dua sisi, yaitu dari sisi event kamu dan brand calon sponsor mu. Ada tiga aspek yang perlu kamu perhatikan untuk menyukseskan strategi sponsorship kamu.

Yang pertama, event kamu harus stand out karena setiap brand besar pastinya menerima puluhan bahkan ratusan proposal setiap harinya. Untuk itu, event kamu harus punya nilai lebih. Misalnya dari segi target audience yang sesuai dengan target pasar brand tersebut, konten acara yang nggak “mainstream”, atau bahkan paket sponsorship yang menjanjikan. kedua, sajikan background, dan objektif event yang reliable. Jangan sampai saat mendekati sponsor, kamu jadi over-promise dan sulit untuk mewujudkan janji kamu pada sponsor.

Yang terakhir, jangan lupa untuk memanfaatkan dunia digital sebagai nilai lebih event kamu. Misalnya dengan memperkuat media partner, event page, dan media sosial event kamu. Bangun konten menarik di dalam platform tersebut, perbesar trafficnya, dan kalau anggota panitia kamu juga aktif di sosial media, bisa banget lho digunakan sebagai channel promosi tambahan yang dijual ke sponsor. Siapa sih brand yang nggak mau dipromosiin banyak orang?


Tips Deketin Sponsor dari Hilo Teen: Research itu penting!

Banyak banget nih Event Creator yang masih belum menjadikan poin yang satu ini sebagai agenda wajib dalam mencari sponsor. Padahal research itu penting banget untuk menentukan list calon sponsor yang kamu tuju supaya proposal kamu cepet tembus. Nah, kira-kira apa saja sih hal-hal yang perlu kamu tinjau alias research terlebih dahulu sebelum menentukan calon sponsor? Nih rangkuman daftarnya!

  1. Aset sponsor yang bisa dukung event kamu
  2. Target market brand tujuanmu
  3. Apakah brand tujuan punya campaign serupa dengan acaramu?
  4. Terakhir, event serupa apa saja yang pernah disponsori oleh brand itu


Nah, gimana Event Creator? Bermanfaat sekali bukan pemaparan tentang tips deketin sponsor dari para pembicara LOKETalks ini? Makanya, jangan lupa untuk terus pantengin media sosial LOKET dan daftarkan dirimu di sesi LOKETalks selanjutnya.

bikin event sponsorship loketalks

profile
Dila

Part-time writer, full-time dreamer

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang