image Tertarik Bisnis Event Organizer? Pastikan Memilih Vendor yang Tepat!

loket edu

Tertarik Bisnis Event Organizer? Pastikan Memilih Vendor yang Tepat!

22 Oct 2019 - Penulis Nabila

Bisnis event organizer memang memiliki daya tariknya sendiri. Bikin event sukses sekali itu gampang, tapi kalau berkali-kali? Ada banyak hal yang perlu diperhatikan biar bisnis event organizer bisa maju terus. 

Salah satunya adalah melakukan pemilihan vendor yang tepat. Nggak mau dong kalau konsep event yang sudah digodok dengan matang berubah jadi hancur lebur karena vendor yang nggak sesuai ekspektasi? 

Untuk kamu yang mau atau lagi merintis bisnis event organizer, cek dulu nih hal-hal yang harus diperhatikan ketika memilih vendor!


Pemilihan Vendor untuk Event Organizer: Kapasitas produksi


Nggak semua vendor bisa menyediakan kapasitas produksi yang tinggi. Sebelum memilih vendor untuk event organizer kamu, tanyakan dulu kemampuan vendor dalam memasok barang. Ada dua tipe vendor, pertama vendor kecil yang membatasi kuantitas demi kualitas. Vendor satu ini kalau belum langganan, harus cepat-cepatan nih biar kamu nggak kehabisan slot. Kedua, vendor besar yang sudah memiliki daya produksi tinggi. Yang satu ini nggak perlu terlalu khawatir kehabisan slot, tapi harus siap mengeluarkan biaya lebih. 

Pemilihan Vendor untuk Event Organizer: Sesuaikan dengan kebutuhan


Ada banyak vendor yang diperlukan dalam sebuah event, tergantung dari jenis event apa yang kamu buat. Jangan kalap untuk memilih banyak vendor. Di awal lakukan dulu sesi tukar pendapat bersama tim dan buat daftar vendor yang dibutuhkan. Jika sudah tahu kebutuhannya, maka sesuaikan dengan anggaran yang ada. Lakukan riset yang mendalam terkait harga dari masing-masing vendor agar bisa melakukan perbandingan. 

Pemilihan Vendor untuk Event Organizer: Kemampuan teknis


Dalam bisnis event organizer, memilih sesuai anggaran memang penting, tetapi melihat kemampuan teknis dan kualitas sebuah vendor juga nggak kalah penting. Kriteria satu ini menggambarkan seberapa handal vendor menguasai produk yang dijual. Semakin tinggi kemampuan teknis yang dipunya, semakin terjamin pula kualitas dari vendor tersebut. Kemampuan teknis sebuah vendor terlatih dari jam terbang yang sudah tinggi. Semakin banyak pengalaman, semakin banyak juga insight yang didapat oleh vendor untuk menyukseskan event kamu. 

Pemilihan Vendor untuk Event Organizer: Relasi, sumber informasi


Dalam berbisnis, relasi menjadi salah satu poin penting yang bisa banyak membantu kamu, termasuk di bisnis event organizer ini. Relasi bisa menjadi sumber informasi untuk kamu dalam memilih vendor yang bagus. Testimoni dari yang sudah pernah memakai vendor cocok banget jadi sumber yang valid untuk membantu pertimbangan dalam pemilihan vendor. Kalau relasimu masih terbatas, kamu bisa juga mencontoh vendor event-event sukses.


Kebanyakan yang harus dipilih, bikin event organizer jadi pusing

Gimana? Masih tertarik untuk bisnis event organizer? Ada banyak hal ya yang harus jadi pertimbangan. Namun, untuk vendor dalam pertiketan nggak perlu riset ribet-ribet lagi karena kamu bisa mempercayakannya ke LOKET. Event-event besar seperti We The Fest, Djakarta Warehouse Project, berbagai pertandingan bola, dan event lainnya sudah pakai LOKET. Sekarang giliran kamu!

Eits, bukan cuma event organizer besar, event menengah dan event kecil juga bisa pakai LOKET! Tinggal bikin event page di Loket.com, kamu bisa mengatur pembelian tiket event, melihat data pembelian yang jelas, sampai metode pembayaran beragam termasuk dengan GoPay. Jadi nggak ada lagi tuh repot-repot mengecek apakah pembeli sudah membayar tiket atau belum. Ayo bikin event kamu di Loket.com sekarang! Klik di sini untuk tahu caranya

bikin event

profile
Nabila

Content Strategist

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang