image Ikuti Cara Ini Untuk Menjadi Host Webinar/Event Online yang Interaktif!

loket edu

Ikuti Cara Ini Untuk Menjadi Host Webinar/Event Online yang Interaktif!

31 May 2020 - Penulis Nabila

Di masa pandemi global yang penuh ketidakpastian, kemampuan beradaptasi menjadi kunci penting untuk industri event bertahan dan tetap berkembang. Adaptasi harus dilakukan oleh semua elemen dalam event, termasuk pembawa acara/moderator dalam workshop/talk show yang berganti peran menjadi host dalam sebuah webinar.

Menjadi host yang baik adalah host yang bisa mempertahankan fokus dan ketertarikan pengunjung di dalam event. Proses interaktif yang biasa terjadi dalam event offline juga perlu dibawa di webinar/event online. Gimana caranya?

Yuk, ikuti 5 cara untuk menjadi host webinar/event online yang interaktif di bawah ini!


Aktifkan kamera agar ekspresi wajah terlihat

Pengunjung mengartikan komunikasi yang kamu lakukan bukan hanya dari suara yang didengar, tetapi juga dari ekspresi wajah dan postur tubuh. Dengan mengaktifkan kamera, pengunjung jadi bisa melihat langsung keseluruhan dirimu saat menjadi host. Lihat ke layar untuk melihat bagaimana reaksi pengunjung, tapi jangan lupa untuk melihat ke arah kamera agar pengunjung merasa kamu benar-benar bicara dengan mereka. Untuk memaksimalkan performa kamu sebagai host, jangan sampai salah kostum ya! Gunakan pakaian sesuai dengan tema, entah itu formal, semi formal, atau casual. 

Mengatur alur event dengan pembicara sebelum event mulai

Walaupun online, kesuksesan event tetap dinilai dari seberapa lancar alur event. Diskusikan dengan pembicara hal-hal apa saja yang akan dibahas selama webinar berlangsung lalu lakukan gladiresik sebelum hari H event tiba. Kamu juga perlu memahami materi yang akan dibawakan sebelum event dimulai. Hal ini bisa membantu kamu membentuk alur diskusi yang enak untuk ditonton. 

      Baca juga: 5 contoh konsep event menarik ketika masa pandemi

Beri kesempatan untuk pengunjung terlibat

Rentang atensi pengunjung event online itu singkat, jadi kalau eventmu berlangsung lebih dari 30 menit pastikan beri jeda untuk pengunjung terlibat. Misalnya, dengan memberi durasi untuk berkomentar atau bertanya dulu di tengah sesi atau dengan membaca komentar-komentar yang masuk. Pastikan juga kelancaran event dengan bertanya beberapa hal ini, (1) Apakah suara saya terdengar jelas, (2) Apakah presentasi sudah muncul di layar, (3) Apakah video saya berjalan lancar. Jangan lupa untuk menyapa pengunjung juga ya, menyebutkan nama pengunjung dengan jelas bisa membangun koneksi antara pengunjung dan event.

Memanfaatkan fitur interaktif

Q&A, polls, games, sampai live chat bisa menjadi senjata andalan untuk meruntuhkan tembok jarak antara pengunjung dan host. Manfaatkan fitur-fitur tersebut agar webinar/event online menjadi interaktif. Fitur seperti Q&A dan live chat umumnya bisa menggunakan langsung fitur yang tersedia di platform streaming. Namun, untuk menambah keseruan, kamu juga bisa mengkombinasikan dengan fitur luar platform. Misalnya, Slido untuk tanya jawab anonim, Kahoot untuk games, dan lain-lain.

Memastikan platform yang paling pas

Penting banget nih untuk melakukan riset sebelum hari H. Cari tahu platform streaming apa yang paling sesuai dengan kebutuhan eventmu. Kamu bisa melakukan percobaan di berbagai platform agar tahu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing platform tersebut. Jika sudah menentukan, pastikan kamu mengetes semua fiturnya ya biar nggak bingung ketika event berlangsung. Untuk mengetahui jeni-jenis platform yang bisa digunakan, silahkan klik di sini. 

Selain 5 cara atas, pembawaan ketika menjadi host juga sama pentingnya loh! Walaupun lewat layar elektronik, energi ketika membawakan event juga tetap sampai ke pengunjung. Sudah siap jadi host webinar? Yuk, bikin event onlinenya di Loket.com! Cek caranya di sini!

                  Baca juga: Kelebihan bikin event online di Loket.com 

event online tetep produktif bikin event

profile
Nabila

Content Strategist

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang