image Cara Jitu Membuat Deck/Presentasi Webinar yang Menarik

loket edu

Cara Jitu Membuat Deck/Presentasi Webinar yang Menarik

28 Sep 2020 - Penulis Nabila

Membuat deck/presentasi webinar yang menarik jadi salah satu hal yang penting kamu perhatikan ketika mengadakan webinar. Soalnya, hal tersebut berpengaruh ke kepuasan peserta akan webinarmu.

Jika kamu bukan seorang designer, ada banyak format desain presentasi yang bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu juga bisa mengikuti tips di bawah ini untuk membuat deck/presentasi webinar yang menarik! 

  • Gunakan gambar dengan resolusi tinggi
    Gambar cocok digunakan agar materi yang kamu sampaikan lebih mudah dimengerti. Penggunaan gambar dalam presentasi webinar juga bisa menarik perhatian peserta dan menghindari rasa bosan karena terlalu banyak teks.

    Namun, pastikan gambar yang kamu pilih relevan dengan apa yang kamu bicarakan dan memiliki resolusi yang tinggi. Nggak mau dong kalau gambarnya buram dan bikin materimu jadi kurang meyakinkan karena terlihat nggak kredibel?


  • Pakai icon agar poin lebih menarik
    Berbeda dengan gambar, icon biasanya dipakai ketika menyampaikan beberapa poin penting. Icon juga membuat materi presentasi jadi lebih ringan dicerna, karena peserta bisa fokus ke satu per satu icon.

    Di bawah icon, kamu bisa memberikan keterangan singkat 1-3 kata. Sambil menampilkan icon tersebut, kamu bisa membahas satu per satu sambil tak lupa berinteraksi dengan peserta. Baca di sini untuk membuat webinar kamu jadi lebih interaktif. 

    Baca juga:  Langkah lengkap membuat topik webinar yang bagus


  • Mainkan ukuran dan jenis font (tapi jangan berlebihan)
    Agar peserta bisa membaca presentasi webinar dengan jelas, gunakan ukuran dan jenis font yang mudah dibaca. Umumnya, ukuran font yang digunakan adalah 10 pt untuk teks kecil dan 20 pt untuk teks besar.

    Jika kamu mau menekankan sebuah kalimat atau menggunakannya untuk jadi memicu diskusi kamu bisa menggunakan satu slide polos dengan teks berukuran 20. Peserta jadi bisa fokus ke kalimat tersebut sambil mendengar penjelasanmu lewat verbal.


  • Jangan lupakan white space
    White space tidak harus selalu berwarna putih. White space adalah ruang kosong di sekitar unsur desain maupun teks yang berada dalam presentasi webinar. Dengan adanya white space, peserta jadi bisa fokus untuk mengolah materi yang terpampang di layar elektroniknya.

    Ingat, yang berlebihan bisa bikin pusing kepala. Keep it simple!

  • Tanamkan konsistensi
    Terakhir, pastikan kamu memakai font, warna, dan tipe gambar yang konsisten. Gunakan palet warna brand-mu agar presentasi webinar bisa merepresentasikan brand dengan baik.

    Kontrol diri untuk tidak terlalu mengkombinasikan banyak jenis font maupun warna. Presentasi webinar dengan desain yang konsisten membuat materimu lebih enak disimak. 


Jika presentasi webinarmu menarik, pastinya peserta ingin menyimpan presentasi tersebut agar bisa dibaca berulang kali. Kamu bisa membagikan presentasi ketika webinar sedang berlangsung dengan memberi link atau QR code agar dokumen bisa diunduh langsung oleh peserta. 

Di sisi lain, jika kamu memilih membagikannya setelah webinar selesai, maka penting untuk memiliki data email peserta, fitur Formulir Data Tambahan di Loket.com bisa membantu kamu mengumpulkan data dengan mudah. Baca di sini untuk tahu caranya. 


Webinar series, jadi ide bisnis baru

Kenapa semua hal di atas penting? Presentasi webinar yang menarik dan materi yang berkualitas membuat peserta puas. Peserta yang puas adalah promosi terbaikmu. Ia bisa ikut lagi webinarmu selanjutnya, bahkan bisa sampai mengajak teman-temannya pula. 

Jika sudah sukses membuat satu webinar, kamu bisa coba mengembangkan webinar series. Nggak perlu takut repot untuk urusan penjualan tiket. Peserta yang banyak bisa dengan mudah kamu urus dengan sistem penjualan tiket Loket.com yang serba praktis. Setiap pembeli 
otomatis mendapatkan e-voucher yang sudah dilengkapi link webinar, metode pembayarannya pun beragam mulai dari kartu kredit/debit, ATM transfer, GoPay, LinkAja, dan lain-lain. Baca di sini lebih lengkapnya.

Lebih percaya diri untuk bikin deck/presentasi webinar menarik? Yuk, bikin webinarmu di Loket.com sekarang! 


bikin event event online #UbahCaraLama

profile
Nabila

Content Strategist

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang