Catat, Semua Tentang Gig Economy Yang Bikin Kamu Tambah Cuan
Semua Tentang Gig Economy

Catat, Semua Tentang Gig Economy Yang Bikin Kamu Tambah Cuan

- Winda Paramita

Pernah denger gak sih istilah gig economy? Katanya, fenomena gig economy bikin penghasilan kamu lebih banyak loh. Emang bener? Yuk kita bahas bersama di sini.

Gig economy adalah sebuah lingkup tenaga kerja dengan ciri khasnya kontrak jangka pendek atau pekerjaan lepas (freelance), lawan dari pekerjaan tetap. 

Alih-alih dibayar dengan upah tetap, pekerja gig economy atau gig worker dibayar sesuai pekerjaan atau “gig” yang mereka kerjakan. Misalnya seorang freelance video editor akan dibayar untuk setiap video yang dia edit, bukan berdasarkan gaji pokok tiap bulannya. 

Dilansir dari BBC, pendukung gig economy mengklaim bahwa pekerja bisa mendapatkan keuntungan dari jam kerja yang fleksibel, dan memiliki kontrol atas banyaknya waktu yang dihabiskan untuk bekerja, sambil menyisakan sisa waktu untuk mengerjakan prioritas mereka.

Selain itu, sifat pekerjaannya yang fleksibel seringkali memberikan keuntungan bagi perusahaan, karena mereka hanya membayar saat pekerja dibutuhkan, dan tidak mengeluarkan biaya staf saat permintaan tidak ada.


Baca Juga: Modal Sedikit, Untung Selangit! Ini Cara Cari Penghasilan Tambahan

Cara Cari Cuan Di Gig Economy

Sekarang, ada dua hal yang harus kamu tentukan, pertama, platform untuk mengasah keahlian atau bakat yang akan kamu tawarkan nantinya, kedua, platform tempat kamu “menjual” keahlianmu.

Ada beberapa platform di mana kamu bisa melatih bakatmu atau bahkan mendapatkan bakat baru yang sesuai minatmu. Salah satunya adalah mengikuti kelas/kurus, ikut event, workshop, seminar, atau pun talk show.

Kalau kamu sudah punya skill yang menjual, maka kamu bisa mencari cuan dengan lebih mudah.

Kamu bisa memanfaatkan skill kamu untuk mencari cuan. Di LOKET, kamu bisa menjual skill kamu dengan membuat berbagai event. Mulai dari membuat event webinar, seminar, class, workshop, hingga sertifikasi. Mau tahu seperti apa? Cek event-event di bawah ini:

Baking Class with Rozma Suhardi (Gluten, Lactose, Sugar Free Cake ; Apricot cheese cake & chocolate)

Workshop ini mengajarkan pesertanya cara membuat kue bebas gluten, laktosa, dan gula. Workshop ini akan berlangsung pada Sabtu, 6 November 2021. Selain workshop ini, Rozma Suhardi juga mengadakan berbagai kelas dan workshop memasak lainnya. Rozma merupakan salah satu contoh baik bagaimana seorang event creators yang "menjual" skill nya.

Rekaman Webinar Plan Your Career - Jonathan End

Webinar ini membahas tuntas tentang strategi untuk langkah karier, menemukan tujuan dan bekerja dengan passion, dan menjadi freelance serta memulai bisnis sendiri. Klik di sini untuk lihat detailnya.

Stock Market Mastery by RK (Nov - Des 2021) - Weekly Session

Stock Market Mastery membahas berbagai topik mengenai saham yang dikemas secara komprehensif sehingga kamu bisa melihat pasar saham secara keseluruhan. Event ini membagikan skill saham dan segala sesuatu tentangnya. Klik di sini untuk lihat eventnya. 

Masih ada ribuan event yang tersedia di LOKET yang menggunakan skill sebagai selling pointnya. Kamu bisa juga memanfaatkan skill kamu di gig economy ini untuk mendapatkan cuan. Cek event-event seru LOKET lainnya di sini.


Winda Paramita

Winda is a writer at LOKET & LOKET Screen. Her writing consists of events, concerts, and films. With more than 3 years in this field, worry not, she will take you to an interesting journey ahead!