image Dari K-Pop Sampai Klasik, Baca Etika Nonton Konser Ini!

loket wiki

Dari K-Pop Sampai Klasik, Baca Etika Nonton Konser Ini!

16 Dec 2022 - Penulis Winda

Masih angkat HP setinggi langit pas rekam artis kesayangan manggung? Ternyata hal ini gak sopan, lho! Yuk cek etika nonton konser di bawah ini. Biar sama-sama seneng~

Kalau ke jenis konser berbeda, biasanya aturan dan etiket yang menyertainya pun beda. Misalnya, level kebisingan, gangguan, dan dresscode. Di bawah ini ada etika nonton konser K-Pop, konser klasik (concert hall), hingga etika nonton konser lainnya. 

Etika Nonton Konser K-Pop

1. Angkat HP sebatas mata


Source: Pexels/veeterzy

Jangan angkat HP setinggi langit! Inget, di belakang kamu banyak yang mau nonton juga, lho. Dimulai dari yang paling depan, kalau kamu angkat HP sebatas mata, semua juga pasti nyaman kok nontonnya.

Jangan lupa untuk menikmati penampilan langsung dan bukan dari HP. Kapan lagi liat idol di depan mata?

2. Antre yang tertib

Tenang, kamu pasti akan ketemu idol kesayangan pada waktunya, jadi antre yang tertib ya.

3. Tidak perlu dorong-dorong

Hal sepele tapi bisa berdampak. Kalau kamu dorong-dorong, bahaya dari efek domino bisa bikin celaka! Santai aja, nikmati musik dan penampilan dan gak perlu tergesa-gesa.

4. Gunakan deodorant

Yang ini sih gak wajib, tapi demi kenyamanan bersama aja~ 

5. Bawa lightstick?

Gak ada aturan kamu harus punya lightstick atau bawa lightstick ke konser K-Pop. Kalau punya, silakan bawa, kalau gak punya? Gak apa-apa! Biar sopan, jangan bawa lightstick dari group lain yaa.

6. Jangan halangi pandangan penonton lain

Seringkali bawa signboard/papan nama ke konser? Boleh kok. Tapi jangan bawa gede-gede atau angkat tinggi-tinggi ya. Nanti yang lain ga kebagian liat idol kesayangan!

Etika Nonton Konser Klasik (Concert Hall)


Source: Pexels/King of Concepts

1. Busana rapi, seperti ke resepsi pernikahan

Sudah jadi rahasia umum kalau nonton konser musik klasik di hall harus pakai baju rapi. Biasanya pria akan diperkenankan menggunakan jas dan wanita menggunakan long dress formal.

2. Datang tepat waktu

Ada aturan khusus mengenai kedatangan pengunjung. Kamu harus datang tepat waktu untuk penampilan di concert hall, karena kalau enggak, kamu harus menunggu hingga jam istirahat pertama untuk masuk ke ruangan. 

3. Duduk sesuai tiket

Gak cuma untuk concert hall, pastinya etika yangini berlaku untuk semua konser ya.

4. Jangan berkeliaran selama konser berlangsung

Agar semua penonton dapat dengan nyaman mendengarkan konser, kamu gak boleh jalan-jalan selama pertunjukan ya. Terlebih ikut bernyanyi atau menari!

5. Jangan membawa makanan ke concert hall

Karena ruangan konser menggunakan properti dengan harga yang tidak murah, kamu dilarang membawa makanan. Usahakan tidak mengotori hall ya.

6. Semua di “Silent

Benda elektronik apapun yang ada pada kamu harus di silent, tentu supaya semua penonton dapat dengan nyaman menikmati penampilan. Kamu pun harus menjaga ketenangan ya, jangan ada gangguan suara sedikitpun ketika penampilan berlangsung.

7. Jangan merekam!

Pertunjukkan di concert hall adalah milik concert hall tersebut. Selain itu, merekam saat pertunjukkan dapat memecah konsentrasi penampil, lho. Dokumentasi dapat dilakukan sebelum atau setelah pertunjukkan selesai.

Gak seperti konser pada umumnya, kamu dianjurkan untuk memberikan apresiasi setelah pertunjukkan selesai ya.

9. Standing ovation, bentuk apresiasi terbaik

Dibutuhkan waktu yang lama dan keterampilan luar biasa untuk menampilkan sebuah karya musik klasik. Memberikan apresiasi dengan standing ovation di akhir penampilan keseluruhan adalah bentuk terbaik yang bisa kamu berikan kepada para penampil.

Etika Nonton Konser Umum


Source: Pexels/Vishnu R Nair

Ada beberapa poin penting lainnya sebagai etika untuk nonton konser. Etika ini fungsinya buat kenyamanan bersama aja kok, pasti seru kan menikmati konser bareng-bareng?

1. Kalau tinggi, boleh dong bagi pemandangan untuk yang lebih pendek? Emang gak wajib kok, tapi kan kasian yang ketutupan kamu~

2. Boleh joget, tapi jangan ganggu kenyamanan orang lain. Jangan sampai pas lagi asik joget, kamu nabrak-nabrak orang lain dan bikin mereka bete ya.

3. Jangan mondar-mandir saat penampilan berlangsung. 

4. Inget, konser itu bukan acara pencarian bakat. Bernyanyilah di konser yang memang cocok untuk sing-a-long. Misalnya, konser musik Pop, Rock, dan festival.

5. Jangan dorong-dorong

6. Pegang minuman? Jaga agar tidak tumpah dan mengganggu orang lain

7. Tahan dulu gosipnya, tunggu konser selesai ya~

8. Paling penting. Rekam secukupnya, nikmati konsernya! 

Nah, itu dia etika nonton konser. Mulai dari konser K-Pop, Klasik, hingga konser lainnya, pastinya kita cuma mau menikmati konser dengan betul-betul kan? Ingat, gak ada yang bisa menyaingi pengalaman luar biasa menikmati konser langsung!

Udah siap mempraktekkan etika nontonkonser di atas? Yuk, berburu konser di LOKET. Klik di sini untuk cari tahu konser musik terkini. Psst, kamu juga bisa beli tiket dengan harga cuan! Bayar pakai LinkAja atau Shopee PayLater bisa dapat cashback! Baca selengkapnya di sini

Konser Loket Wiki etika konser

profile
Winda

Content Strategist at LOKET

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang