image 5 Contoh Konsep Event Online Menarik Ketika Masa Pandemi Corona

loket edu

5 Contoh Konsep Event Online Menarik Ketika Masa Pandemi Corona

12 May 2020 - Penulis Nabila

Pandemi corona atau COVID-19 berpengaruh terhadap banyak sektor, termasuk industri event dan hiburan. Konsep event yang selama ini mayoritas dilakukan offline, harus beradaptasi dengan cepat ke dalam bentuk online. 

Sebenarnya event online bukanlah sesuatu yang 100% baru, perkembangan event online jelas ada dalam lini waktu evolusi industri event. Namun, penyerapan terhadap konsep event online memang cenderung lambat akibat kebutuhan audiens yang masih dalam tahap event offline. Dengan adanya pandemi corona, industri event Indonesia seperti mengambil satu langkah besar untuk mempercepat perkembangannya untuk mengaplikasikan event online.

Loket.com sebagai big player dalam industri event dan hiburan Indonesia hadir untuk mendukung langkah besar tersebut. Bukan hanya fitur Event Online yang tersedia ketika membuat event page, fitur terbaru bernama LOKET Live juga hadir sebagai pendukung utama streaming event online. 

Untuk membantu event creator, berikut Loket.com sudah merangkum

5 contoh konsep event online menarik yang bisa tetap kamu buat ketika pandemi corona berlangsung:


Kompetisi game 

Komunitas game di Indonesia semakin berkembang dari tahun ke tahun. Saat ini pemain game profesional semakin dihargai dan prizepool dalam kompetisi game pun semakin besar. Tentunya, hal tersebut menjadi potensi yang kuat untuk dikembangkan dalam bentuk event online kompetisi game.

Bukan cuma kompetisi, event bisa dikembangkan dengan tambahan rangkaian seperti talk show dengan pemain game profesional, diskusi mengenai game, atau bahkan konser musik virtual menggunakan karakter yang ada di dalam game. Sekarang, memang waktunya untuk mewujudkan ide-ide baru!

Aktivitas olahraga dan kesehatan

Tanpa tubuh yang sehat, tak ada kegiatan yang bisa kamu perbuat. Di tengah masa pandemi, kesehatan menjadi primadona dalam pikiran orang-orang. Untuk menjaga kesehatan, beragam aktivitas olahraga dilakukan. Konsep event aktivitas olahraga menjadi jawaban bagi kebutuhan coach/pelatih agar olahraga yang dilakukan benar dan efektif. 

Belum lagi ratusan orang yang terbiasa datang ke gym, harus mengubah kebiasaan dengan melakukan olahraga di rumah. Aktivitas olahraga berbentuk event online pun menjadi alternatif menarik bagi mereka.

        Baca juga: Rahasia Jouska untuk membuat event online sukses

Workshop menambah skill di bidang spesifik

Workshop yang efektif adalah ketika pengunjung bisa fokus memproses materi yang diberikan oleh pengisi event. Ketika workshop dilakukan online, pengunjung mengalami penurunan distraksi karena cukup memperhatikan laptop/komputer/HP di satu titik. Kekuatan workshop berada dalam isi materi yang dirangkai padat, jelas, dan mudah dimengerti. Oleh karena itu, event creator perlu fokus dan melakukan trial ketika membuat dan menyampaikan materi.

Skill yang banyak ditingkatkan ketika masa pandemi antara lain mengatur keuangan, menjaga kesehatan mental, mengurus keluarga, memasarkan bisnis ketika pandemi, dan masih banyak lagi,

Tutorial video

Tren yang terjadi ketika pandemi corona adalah banyak orang menenggelamkan diri dalam hobi maupun kebiasaan yang baru. Konsep event yang menghadirkan tutorial video menjadi konten berguna yang ditunggu-tunggu oleh orang-orang. Agar event online jadi lebih padat dan menarik, event creator bisa menghadirkan ahli atau orang yang telah berpengalaman agar bisa memberi tips dan trik yang valid.

Jenis tutorial video yang tersebar dan bisa kamu contoh antara lain tutorial masak, tutorial berkebun, tutorial membuat kerajinan tangan, dan lain-lain.

Konser musik online

Ketika pandemi membuat orang harus melakukan karantina, seluruh aktivitas pun jadi dilakukan di rumah. Kebutuhan akan hiburan pastinya tetap ada dan di sini lah event creator akan memenuhi perannya sebagai pemasok hiburan online. Konser musik online menghapus batas jarak dalam kolaborasi musisi. Event creator juga bisa menghapus biaya akomodasi dan transportasi karena semua dilakukan dari lokasi masing-masing. 

Misalnya, Mostly Jazz Live Online yang dilakukan oleh Indra Lesmana dan Eva Celia. Keduanya melakukan konser bersama secara live dari dua tempat yang berbeda, yaitu Jakarta dan Bali. 

Yang bisa event creator pelajari

Era event online baru saja dimulai. Banyak hal yang bisa event creator lakukan untuk mempertahankan antusiasme pengunjung ketika event online berlangsung. Misalnya melakukan giveaway, membuat sesi tanya jawab yang interaktif, dan lain-lain.

Baca juga: 7 cara agar pengunjung tidak bosan ketika datang ke event online

Pandemi corona bukan menjadi jalan buntu bagi industri event dan hiburan. Beberapa konsep event online yang menarik tersebut adalah awal bagi terbukanya perkembangan event online di Indonesia. Event creator dapat eksplor ide dan menggunakan platform yang ahli seperti Loket.com untuk menemukan potensi-potensi yang lebih banyak. Sekarang waktunya untuk adaptasi dan inovasi. Ayo mulai bikin event onlinemu di Loket.com!

event online bikin event corona di rumah aja tetep produktif

profile
Nabila

Content Strategist

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang