Trik Cerdas Supaya Tiket Event Kamu Laku Keras
Trik Cerdas Supaya Tiket Event Kamu Laku Keras

Trik Cerdas Supaya Tiket Event Kamu Laku Keras

- Septania

Events don't just happen. 

Pasti akan ada prosesnya untuk membuat event tersebut sukses didatangi banyak orang. Salah satunya adalah proses kesuksesan penjualan tiket event. Ada banyak memang cara menjual tiket yang oke dan efisien, cuma banyak yang tau ngga ya cara menjual tiket supaya laku keras? Dalam artikel kali ini, kita akan mengulas seperti apa trik cerdasnya.

Tentukan harga tiket sesuai target

Sebelum memutuskan untuk membuat event dengan tiket berbayar, pastikan kalau kamu sudah menentukan target audience

Menentukan harga tiket memang kesannya sepele, cuma kalau salah perhitungan bisa hilang keuntungan. Masalahnya, kalau kita memberi harga tiket event dengan harga yang terlalu mahal, bisa-bisa orang enggan datang. Kalau harganya terlalu murah, bisa rugi bandar. Kecuali kalau kamu memang sejak awal berniat untuk membuat event non-profit. 

Bingung mengawalinya? Coba deh mulai dengan menghitung jumlah pengeluaran event kamu dan berapa keuntungan yang mau kamu dapatkan.

Coba cermat menyiasati situasi

Source: Pexels

Setelah menemukan formulasi harga tiket event yang ideal, langkah selanjutnya adalah kamu harus memperhatikan keadaan sekitar. Semisal, event yang akan kamu adakan adalah event festival musik, maka kamu harus melihat apakah ada event sejenis yang diadakan di tempat dan waktu yang berdekatan. 

Ini juga berpengaruh jauh sebelum kamu menentukan tanggal diselenggarakannya event kamu. Ada baiknya kalau event yang digelar bertepatan dengan waktu ketika banyak orang habis gajian, cuaca yang sedang memungkinkan, serta ketika orang punya waktu luang.

Dengan menyiasati keadaan, kamu akan bisa lebih mudah menjual tiket event kamu. Seolah-olah semesta berkonspirasi untuk meramaikan eventmu. Padahal mah memang kamu yang sudah menyiapkan secara matang.

Maksimalkan digital marketing

Source: Pexels

Menurut penelitian yang dilakukan The Bizzabo Blog, 71% tiket event dibeli secara online. Itu sebabnya kamu sebagai event creator, perlu untuk melihat peluang dalam digital marketing.

Ada dua momen puncak penjualan tiket. Pertama, pada awal penjualan tiket dibuka. Kedua, saat penjualan tiket akan berakhir atau ketika event akan dimulai. Dari situlah kamu harus gencar dan fokus mempromosikan event kamu baik secara offline maupun online alias melalui media sosial. Penting juga untuk mempromosikan tiket event di pertengahan momen yang disebutkan di atas tadi, lho.

Nah, kalau kamu bikin event sendiri di Loket.com, bisa lebih mudah lagi untuk melakukannya. Kamu akan punya event page sendiri, jadi URL-nya nanti bisa dipersingkat dan dibagikan di media sosial dengan mudah. Bahkan kamu bisa mengajukan distribusi tiket event ke berbagai partner distribusi LOKÉT. Cari tahu caranya di sini.


Septania