image Apa Itu Pentas Seni? Kulik Semua Tentang Pensi di Sini

loket edu

Apa Itu Pentas Seni? Kulik Semua Tentang Pensi di Sini

27 Jul 2022 - Penulis Winda

Apa itu Pentas Seni?

Siapa yang saat sekolah belum pernah ke pentas seni? Kamu tahu gak sih sebenarnya, apa itu pentas seni?

Pentas seni adalah kegiatan sekolah yang berisi pertunjukkan berbagai kemampuan dan penampilan serta kreativitas seni. Kegiatan ini biasanya merupakan acara tahunan dan wajib untuk unjuk bakat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pentas seni adalah “pertunjukan seni seperti tarian atau nyanyian di atas panggung”

Apa tujuan Pensi?

Tujuan pentas seni biasanya adalah untuk mempererat relasi siswa dan siswi sekolah, mengapresiasi seni dan kreativitas, serta ajang hiburan dan pertunjukkan talenta anak-anak di sekolah. Tak jarang, pentas seni juga didukung oleh berbagai bintang tamu yang menambah keseruan acara.

Sesuai tren beberapa tahun belakangan, pentas seni bukan hanya menampilkan talenta siswa dan siswi sekolah, tetapi juga menghadirkan artis papan atas. Ketika menghadirkan musisi ini, tentu ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Kamu bisa baca blog ini untuk memahami lebih lanjut tentang tata cara mengundang musisi ternama ke pensi.

Apa saja yang ada di dalam Pentas Seni?

Susunan acara pentas seni tentu tergantung dari tema dan konsep tiap-tiap acara. Pada umumnya, terdapat berbagai penampilan dalam pentas seni, seperti: seni musik, seni tari, pembacaan puisi, pertunjukkan musikal, pertunjukkan teater, dan lain-lain.

Selain pertunjukkan panggung, pentas seni juga seringkali menjadi full experience karena dilengkapi pameran karya siswa serta booth bazaar penuh jajanan. Bazar ini juga bisa menjadi potensi masuknya para sponsor, lho.

Berapa lama Pentas Seni diadakan?

Jika diadakan di sekolah, pentas seni biasa dimulai di pagi hari mulai pukul 09.00 WIB, hingga siang menuju petang pada pukul 15.00 - 16.00 WIB. Untuk pensi yang diadakan di luar sekolah seperti di venue-venue, maka pensi bisa saja diadakan hingga pukul 22.00 WIB.

Di mana Pentas Seni diadakan?

Pentas seni umumnya diadakan di sekolah. Tetapi, kalau kamu mau pentas seni mu beda dari yang lain dan mengundang artis ternama, kamu bisa menyewa venue atau menggunakan hall yang besar, misalnya di Gelora Bung Karno (GBK), Soemantri Brojonegoro, dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Inspirasi Tema Pentas Seni Berikut Ini!

Apa saja yang harus disiapkan ketika mengadakan Pentas Seni?

Berikut hal-hal yang harus disiapkan ketika hendak mengadakan pentas seni

  1. Proposal pentas seni
    Proposal merupakan hal penting dan pertama yang harus disiapkan ketika ingin mengadakan pentas seni. Mengapa demikian? Hal ini karena proposal ini adalah hal yang kamu berikan kepada sponsor ketika ingin menambah sumber anggaran. Proposal juga merupakan bahan pertimbangan ketika mengundang bintang tamu.
    Itulah mengapa kamu harus membuat proposal yang lugas dan to the point, tulis langsung benefit yang akan didapatkan oleh sponsor ataupun bintang tamu. Ketika membuat proposal, berarti kamu juga akan menyusun tema, tujuan, rundown, hingga anggaran pentas seni.
  2. Panggung
    Panggung dan segala dekorasinya menjadi penting untuk pentas seni. Tidak ada pentas seni tanpa panggung! Persiapan panggung ini juga termasuk perencanaan tata cahaya, audio, peralatan panggung, dan data suara. Buat dekor panggung se-wow mungkin agar membuat overall look pentas yang mengesankan bagi para peserta. Untuk mencapai hal ini, buat to-do-list sedetil dan selengkap mungkin.
  3. Penampil
    Penyusunan penampilan juga penting. Daftarkan penampilan apa saja yang akan ada dalam pentas seni. Kemudian, susun rundown sedetil mungkin. Berikan catatan apa saja yang harus kamu siapkan untuk setiap penampilannya. Catatan ini termasuk kostum, tata rias, musik pengiring, dan peralatan lain.
  4. Anggaran dan sponsor
    Sponsor adalah hal penting untuk sebuah acara. Hal ini karena sponsor merupakan sumber dana pentas seni, sehingga suntikan dana sponsor menjadi krusial untuk berjalannya acara. Sumber dana anggaran pensi juga bisa berasal dari harga sewa booth bazaar, pembukaan booth OSIS, atau juga dengan menjual tiket masuk.

Baca Juga: Contoh Proposal Kegiatan Pentas Seni Terbaik

Gimana cara bikin Pentas Seni beda dari yang lain?

Buat pentas seni kamu beda dari yang lain dengan bikin event-nya di Loket.com. Berbagai keuntungan bisa kamu dapatkan, lho. Kamu bisa undang artis ternama dan jual tiketnya di Loket.com. Sistemnya yang terintegrasi dan bebas pilih mitra penjualan tiket bikin Pensi kamu jadi luar biasa. Yuk, buat pensimu di Loket.com. Klik di sini untuk mempelajari caranya lebih lanjut.

Pentas seni pensi bikin pensi

profile
Winda

Content Strategist at LOKET

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang