Trik Cerdas Supaya Tiket Event Kamu Laku Keras

5 Maret 2018, Penulis Sefta

Kategori Artikel: Tips

Events don't just happen. Pasti akan ada prosesnya untuk membuat event tersebut sukses didatangi banyak orang. Salah satunya adalah proses kesuksesan penjualan tiket event. Ada banyak sih cara menjual tiket yang oke dan efisien, cuma pada tahu ngga ya cara menjual tiket supaya laku keras? Dalam artikel kali ini, kita akan mengulas seperti apa sih trik cerdasnya.

Tentukan harga tiket sesuai target

Sebelum memutuskan untuk membuat event dengan tiket berbayar, pastikan kalau kamu sudah menentukan target audience.

Menentukan harga tiket memang kesannya sepele, cuma kalau salah perhitungan bisa hilang keuntungan. Masalahnya, kalau kita kasih harga tiket event dengan harga yang terlalu mahal, bisa bikin orang enggan datang. Kalau harganya terlalu murah, bisa-bisa rugi bandar. Kecuali kalau kamu memang sejak awal berniat untuk membuat event non-profit.

Bingung mengawalinya? Coba deh mulai dengan menghitung jumlah pengeluaran event kamu dan berapa keuntungan yang mau kamu dapatkan.

Coba cermat menyiasati situasi

Saat pada akhirnya sudah menemukan formulasi harga tiket event yang ideal, langkah selanjutnya adalah kamu harus memerhatikan keadaan sekitar. Semisal, event yang akan kamu adakan adalah event festival musik, maka kamu harus melihat apakah ada event sejenis yang diadakan di tempat dan waktu yang berdekatan.

Ini juga berpengaruh jauh sebelum kamu menentukan tanggal diselenggarakannya event kamu. Ada baiknya kalau event yang digelar bertepatan dengan waktu ketika banyak orang habis gajian, cuaca yang sedang memungkinkan, serta ketika orang punya waktu luang.

Dengan menyiasati keadaan, kamu akan bisa lebih mudah menjual tiket event kamu. Seolah-olah semesta berkonspirasi untuk meramaikan eventmu. Padahal mah memang kamu yang sudah menyiapkan secara matang.

Maksimalkan digital marketing

Menurut penelitian yang dilakukan The Bizzabo Blog, 71% tiket event dibeli secara online. Itu sebabnya kamu sebagai event creator, perlu untuk melihat peluang dalam digital marketing.

Ada dua momen puncak penjualan tiket. Pertama, pada awal penjualan tiket dibuka. Kedua, saat penjualan tiket akan berakhir atau ketika event akan dimulai. Dari situlah kamu harus gencar dan fokus mempromosikan event kamu baik secara offline maupun online alias melalui media sosial. Penting juga untuk mempromosikan tiket event di pertengahan momen yang disebutkan di atas tadi, lho.

Nah, kalau kamu bikin event sendiri di LOKET.com, bisa lebih mudah lagi untuk melakukannya. Kamu akan punya event page sendiri, jadi URL-nya nanti bisa dipersingkat dan dibagikan di media sosial dengan mudah. Bahkan kamu bisa mengajukan distribusi tiket event ke berbagai partner distribusi LOKET. Cari tahu caranya di sini.

Kumpulan Foto & Video

Artikel Terkait