image Trik Cari Sponsor Yang Tepat Untuk Eventmu

loket edu

Trik Cari Sponsor Yang Tepat Untuk Eventmu

31 Aug 2022 - Penulis Winda

Aduh, mau bikin event tapi masih bingung cari sponsor? Kira-kira harus pakai sponsor e-commerce, sponsor bank, atau sponsor F&B ya? Gimana cara memilih jenis sponsor yang paling pas untuk event?

Siapa yang setuju kalau sponsor adalah aspek penting dalam sebuah event? Sponsorship memang memerankan peran yang sangat vital bagi sebuah event. Menurut Rezan Rulianto, GoTix & Loket Brand Partnership, sponsor adalah tulang punggung utama yang menentukan apakah event tersebut akan berjalan atau tidak.

Sponsor paling tidak harus mendapatkan jumlah yang bisa menutupi cost operational sebuah event. Jadi, penjualan tiket eventmu akan menjadi “bonus” saja, kecuali eventmu memiliki value luar biasa yang tiketnya sudah pasti terjual habis, misalnya saja konser internasional.

Nah, untuk kamu yang masih bingung mendapatkan sponsor, jangan khawatir! Ada trik untuk mencari sponsor yang tepat untuk eventmu. Yuk, cek cara menentukan sponsor yang tepat untuk event di bawah ini.

  1. Lihat konsep dan jenis event

Mencocokkan sponsor dengan eventmu tentu juga penting. Lihat terlebih dahulu jenis event yang akan kamu adakan. Misalnya, jika kamu akan menggelar event festival kecantikan, maka akan masuk akal jika kamu mencari sponsor kategori Beauty. Jenis sponsor lainnya yang juga relevan untuk event jenis ini misalnya saja Banking atau F&B di venue.

Begitu juga jika kamu ingin membuat event konser, sponsor yang relevan yang paling mungkin adalah Banking dan platform untuk menjual tiket.

  1. Gerilya sebar deck event!

Setelah mengkategorikan jenis sponsor mana yang tepat untuk jenis event, saatnya kamu bergerilya mengirim deck event. Ingat ya, kirim deck event ke sponsor yang paling relevan dengan jenis event dan lakukan dengan etika yang baik. Fokus bangun koneksi dan relasi kepada brand ketimbang hanya “menagih” uang untuk event mu.

  1. Cari sponsor mana yang sedang “bakar duit”

Martha Novira, GoTix Business & Partnership berpendapat, salah satu trik yang bisa dilakukan untuk menentukan jenis sponsor untuk event adalah dengan memperhatikan brand mana yang sedang “banyak duit”. “Banyak duit artinya sering banget ga sih mengadakan promo-promo. Atau billboardnya lagi rame ga sih. Nah, itu bisa kita kategorikan ke brand-brand yang lagi ada duit, atau lagi bakar duit. Jadi mungkin targetin brand mana sih yang lagi foya-foya lah ya artiannya—dalam periode event tersebut gitu.”

  1. Pilih yang paling bisa memenuhi kebutuhan event

Bukan hanya jenis sponsor yang paling tepat untuk event, tapi juga cari yang paling bisa memenuhi kebutuhan event. Sponsor juga bisa terbagi menjadi yang menyediakan support dalam bentuk dana/uang, juga yang menyediakan value. Misalnya kamu butuh sound system atau tiket pesawat. Bisa saja pihak sponsor menawarkan hal-hal tersebut dan bukan nilai uang. Value seperti itu sama berharganya dengan uang, lho.

Itu dia cara menentukan sponsor yang tepat untuk eventmu. Kamu gak perlu galau apalagi takut untuk mencari sponsor. Yuk, bikin eventmu sekarang di Loket.com, biar value event yang seamless jadi nilai lebih yang bisa kamu tawarkan ke sponsor.

sponsor bikin event

profile
Winda

Content Strategist at LOKET

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang