image LOKET "Ini Tren Industri Hiburan Indonesia 2019"

loket inspire

LOKET "Ini Tren Industri Hiburan Indonesia 2019"

06 Mar 2019 - Penulis Dila

Hi Event Creator! Memasuki era baru perkembangan digital 2019, sudahkah kamu mengeksplorasi bagaimana tren industri hiburan Indonesia di tahun ini?

LOKET sebagai salah satu pioneer penyedia sistem teknologi event dan hiburan di Indonesia, telah mengamati perkembangan tren tersebut sejak kehadirannya di tahun 2013. Sebagai penyedia solusi pengaturan event terlengkap dan terpercaya, LOKET pun menyadari bahwa industri ini tak hanya berkarakter dinamis, tetapi juga selalu berkembang dan menjanjikan.

Januari lalu melalui press conference yang digelarnya, LOKET membagikan hasil analisanya tentang tujuh insight menarik mengenai tren industri hiburan Indonesia 2019 yang diprediksi akan digandrungi masyarakat tahun ini. Lebih dari itu, LOKET juga membagikan bagaimana inovasi teknologinya dapat menjadi solusi untuk menghadapi tren ini. 

Berikut ini rangkuman dari tujuh insight tren industri hiburan Indonesia 2019!


Tren industri hiburan Indonesia 2019 #1: Inovasi Teknologi


Semakin maju dan berkembang, inovasi teknologi telah mengubah cara kita menjelajahi dan menikmati dunia hiburan. Kini, semuanya jadi mudah, cepat, dan personal. Salah satu sektor yang paling terlihat perkembangannya di dunia hiburan adalah dari sistem penjualan tiket event. Sejak beberapa tahun terakhir, LOKET yang telah mengembangkan sistem manajemen tiket digital terintegrasi pun mencatat bahwa penjualan tiket dengan teknologi terbaru ini bahkan melonjak hingga lebih dari 10 juta tiket secara keseluruhan. 

Laju pertumbuhan untuk setiap kategori juga sangat positif. Untuk penjualan tiket kategori konser dan festival musik meningkat 500%, penjualan tiket kategori MICE meningkat 200%, penjualan tiket olahraga meningkat 225%, dan penjualan tiket kategori atraksi hiburan meningkat 250%,” jelas Dimas. Demi terus memacu pertumbuhannya, dengan LOKET Distribution Program pun kami membangun jaringan distribusi tiket event terluas di Indonesia yang kini jumlah mitranya mencapai lebih dari 40 dan jumlahnya terus bertambah. Dengan adanya program kemitraan ini, LOKET pun optimis dapat mendukung pertumbuhan penjualan tiket event dan memacu para Event Creator untuk terus mengembangkan eventnya.


Tren industri hiburan Indonesia 2019 #2: Konsep O2O semakin diminati


Kemudahan yang dihadirkan dari hasil inovasi teknologi juga turut mempengaruhi minat masyarakat pada konsep O2O (Online-to-offline). Dunia digital memang semakin diminati, tapi masyarakat tetap membutuhkan pengalaman offline untuk melengkapinya. Event pun hadir menjembatani kebutuhan kedua kebutuhan itu (online dan offline). 

Melihat besarnya kebutuhan event ini, LOKET pun akan terus berinovasi untuk memberikan rasa nyaman pada pengunjung dan pembuat acara dengan memberikan solusi sistem manajemen tiket yang akan mendukung pemesanan tiket online dengan pembayaran offline. Terutama melihat bahwa belum semua masyarakat memiliki akses pembayaran digital. 


Tren industri hiburan Indonesia 2019 #3: Data analitik semakin berperan penting

Hasil gambar untuk data analitik

Melalui analisa lebih jauh pada perkembangan tren industri hiburan Indonesia selama lima tahun terakhir, Anvid Erdian - VP Business Development LOKET mengungkapkan bahwa data analitik akan berperan sangat strategis dalam membuka konversi baru pada penyelenggaraan event dan sarana hiburan. 

Data dapat menjadi panduan utama bagi para Event Creator untuk mempelajari dan mengevaluasi bagaimana keberlangsungan event sebelumnya guna mendapatkan hasil maksimal untuk penyelenggaraan event berikutnya. Dengan menganalisa data ini, Event Creator akan mendapatkan gambaran secara tepat mengenai banyak hal, seperti waktu terbaik untuk menjual tiket, kota yang menjual tiket terbanyak, tipe pembayaran yang paling banyak digunakan hingga produk favorit yang dibeli selama acara berlangsung. 

Dan pastinya, untuk mendukung tren ini, LOKET dengan manajemen tiket terintegrasinya turut memberikan data lengkap tentang transaksi eventnya, mulai dari data penjualan tiket, data pemesan, waktu pemesanan, hingga transaksi apa saja yang dilakukan oleh pengunjung event di dalam area event. Semua ini diwujudkan dengan penggabungan antara layanan manajemen tiket dan LOKET point of sales.


Tren industri hiburan Indonesia #4: pola pembelian tiket online dan pembayaran cashless semakin populer


Ricky Joseph Pesik, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif meyakini bahwa dominasi millennials akan berperan penting dalam mendorong perekonomian Indonesia dan perkembangan industri hiburan di tahun ini. Sebagai generasi yang akrab dengan teknologi, milenial lebih mudah beradaptasi dengan inovasi-inovasi yang hadir di industri hiburan. Hal inilah yang kemudian akan semakin mendorong pola pembelian tiket online dan pembayaran cashless di Indonesia.

Karakteristik milenial yang menyukai nilai praktis dan efisien terpenuhi jika transaksi dapat dilakukan cukup dengan menggunakan smartphone. LOKET sebagai penyedia solusi bagi dunia hiburan pun secara bertahap telah menerapkan hal ini secara end-to-end, guna memberikan pengalaman terbaik kepada konsumen. Jadi, tidak hanya dari segi pemesanan, pembelian dan pembayaran, tetapi juga termasuk segala transaksi selama event berlangsung.


Tren industri hiburan Indonesia #5: Lebih cepat terhubung dengan pelanggan


Dominasi millenials ini tidak hanya akan mempengaruhi sistem penjualan tiket hiburan dan tren pembayaran cashless. Teknologi juga turut mempengaruhi penyebaran informasi dan cara berkomunikasi. Dengan perkembangan yang ada, jendela informasi dunia dapat terbuka semudah menjentikkan jari. Melalui telepon pintar, masyarakat dapat dengan mudah mengakses dunia hiburan, termasuk di antaranya adalah event. 

LOKET pun turut melihat peluang ini dan memberikan solusi bagi Event Creator untuk mengenal dan berkomunikasi pada calon pengunjungnya. Melalui fitur formulir data tambahan, dengan muda para pembuat event dapat mengetahui terlebih dahulu minat, dan profil pengunjung yang dapat digunakan untuk mempersiapkan event secara lebih baik lagi.


Tren industri hiburan Indonesia #6: Konsep self-service semakin berkembang


Mungkin banyak di antara kita masih awam dengan konsep self-service. Akan tetapi, sebenarnya konsep itu telah ada dan erat mempermudah kebutuhan masyarakat dalam beberapa tahun terakhir. Konsep ini memberikan pelanggan keleluasaan penuh dalam memesan atau membeli produk yang mereka inginkan. Konsep ini terlebih dahulu dapat kamu lihat melalui pembelian minuman di vending machine, hingga pengisian bbm mandiri tanpa adanya petugas yang memandumu. 

Lambat laun, konsep ini pun menjalar pada proses pembelian tiket transportasi, yang bahkan kini turut hadir dalam proses manajemen event. LOKET pun mempeloporinya dengan meluncurkan Loket.com pada pertengahan tahun 2018. LOKET percaya bahwa teknologi pengelolaan event harus bisa diakses oleh setiap lapisan Event Creator, baik yang berskala besar, menengah, bahkan kecil. Melengkapi komitmennya untuk membantu setiap lapisan Event Creator, tahun 2019 ini LOKET turut mengeluarkan kampanye ‘Rayakan Pensi dengan LOKET’ untuk mendukung para siswa memaksimalkan eventnya, tanpa mengganggu waktu akademisnya.


Tren industri hiburan Indonesia #7: Teknologi manajemen tiket menjadi investasi menjanjikan


Mengacu pada ulasan-ulasan sebelumnya, LOKET pun memprediksi bahwa berinvestasi pada sistem manajemen tiket untuk mengakomodasi pengunjung secara lebih mudah, cepat, dan terintegrasi akan semakin dilirik oleh pelaku bisnis hiburan. Bukan tanpa alasan, LOKET sebagai salah satu penyedia teknologi ini mengakui bahwa tidak hanya pengelola event atau atraksi yang diuntungkan, kemudahan manajemen tiket juga dirasakan oleh pengunjung. 

Poin penting yang akan keduanya rasakan (Pengunjung dan pengelola bisnis hiburan) adalah berkurangnya lama antrian pembelian tiket, percaloan, pemalsuan tiket, hingga kesulitan transaksi di dalam area hiburan. Untuk memberikan gambaran mengenai manfaatnya yang diberikan dari sistem manajemen tiket, melalui playlist LOKET Giving Impact, kami pun membagikan liputan bagaimana teknologi ini diterapkan di berbagai lini bisnis hiburan, mulai dari DWP, We The Fest, GIIAS, Disney on Ice, Taman Bermain Air ‘Pasir Padi Bay’, Skyavenue, hingga Asian Games 2018.


Nah, bagaimana Event Creator? Apakah ketujuh prediksi tren industri hiburan Indonesia 2019 ini turut menginspirasimu?

LOKET akan siap sedia membantu dan menyediakan solusi manajemen event dan hiburan untukmu. Wujudkan event dengan LOKET sekarang atau kalau masih punya pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi kami di sini ya!

buat event jual tiket event bikin event

profile
Dila

Part-time writer, full-time dreamer

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang