image Jeihan Tabina "Tips Bikin Acara Kajian untuk Sasar Millenials"

loket inspire

Jeihan Tabina "Tips Bikin Acara Kajian untuk Sasar Millenials"

02 Sep 2019 - Penulis Dila

Apa yang pertama kali ada dipikiranmu saat mendengar acara kajian atau pengajian? Membosankan? Diadakan untuk orang tua? Nah, Jeihan Tabina salah satu Event Creator yang rutin membuat acara kajian dengan Loket.com ingin membantahkan persepsi itu. Setidaknya sebulan sekali, iya dan teman-temannya menggelar acara kajian yang memang sengaja menyasar para millennials. Mengadakan kajian dengan kapasitas maksimal 20 orang, Jeihan mengadakannya secara rutin bersama teman kampus dan sahabat yang ia kenal di kajian-kajian agama yang diselenggarakan oleh lembaga islam setiap sebulan sekali.

Menurut Jeihan, anak muda atau millenials harus ikut sadar akan pentingnya keseimbangan dalam gaya hidup di zaman modern seperti saat ini. Ibaratnya, hangout boleh tapi jangan sampai melupakan agama. Nah, acara kajian ini juga bisa jadi ajang hangout yang bermanfaat. Di tengah kepenatan rutinitas sehari-hari, kajian bisa jadi ajang silaturahmi sambil mendapat ilmu agama baru. 

Tidak mudah untuk merealisasikan ide ini. Namun, Jeihan dan teman-teman pengajiannya mau membagikan tipsnya supaya bisa kamu tiru nih. Yuk, simak ulasan tips bikin kajian untuk menyasar millenials berikut ini, sebelum bikin acara kajianmu sendiri!


Bikin Kajian dengan Tema Sederhana Lebih diminati Millenials


Untuk membuat acara kajian yang lebih diminati oleh millenials, kamu tidak perlu berfikir terlalu berat. Cukup pilih saja tema-tema yang sekiranya berhubungan langsung dengan yang dialami sehari-hari, seperti tema kajian Jeihan dan teman-temannya di bulan Agustus ini. 

Dengan tema kajian “Kopi VS Zakat, gaji kamu habis buat apa?”, mereka merasa bahwa hal ini bisa menyentuh kaum millennials yang kini membeli kopi sudah menjadi bagian hidupnya. Lalu, bagaimana dengan zakat? Apakah zakat menjadi salah satu rutinitas yang sudah menjadi gaya hidup millennials juga? Lewat topik-topik yang “ringan” seperti inilah Jeihan ingin mengajak teman-teman millennialsnya untuk mengkaji nilai-nilai agama.

Untuk menyampaikan ilmu-ilmu agama dalam kajian ini, Jeihan pun memilih pemateri yang masih muda dan paham dengan bahasa “gaul” agar semua materi dapat diterima anak muda. Jeihan pun mengaku bahwa tema-tema yang ia angkat dalam kajian rutinnya terinspirasi dari ustadz Hanan Attaki. Pendekatan yang beliau lakukan pada kaum millenials adalah melalui tema yang kekinian namun penuh makna. Nah, tapi kamu nggak harus bikin kajian sebesar yang dilakukan ustadz Hanan Attaki untuk bisa menginspirasi teman seusiamu. Kamu bisa tiru acara Jeihan yang undang teman dekatnya dan bikin acara kajian bulanan sendiri!


Pilih Lokasi Acara Kajian yang Nyaman, Luas dan Terang


Walaupun identik dengan tempat ibadah, ternyata acara kajian nggak melulu harus diselenggarakan di situ lho! Dalam membuat acara kajian rutin, yang paling penting menurut Jeihan adalah lokasi penyelenggaraan yang nyaman, luas, dan terang nih Event Creator! Pasalnya, faktor kenyamanan adalah penentu utama mereka jadi semangat datang. Pastikan tempat yang kamu pilih itu sejuk, punya ruang yang cukup sesuai kapasitasmu dan terang. Kalau cahayanya remang-remang nanti peserta kajian kamu malah jadi mengantuk.

Kaum millenials juga hobi selfie dan update ke instagram story! Nah, kalau tempatnya terang dan nyaman, selesai acara selfie sama semua peserta dan pemateri bisa jadi agenda wajib. Siapa tahu teman Instagrammu jadi penasaran dan mau ikut kajian rutin yang kamu adakan. Kalau Jeihan sendiri, sering bikin kajian di rumah, kafe, atau bahkan hutan kota biar dapat pengalaman baru dan foto baru. Nah, kalau kamu gimana? Mau bikin acara kajian dimana?


Pendekatan Promosi Acara Kajian Harus dipikirkan Matang-Matang!


Pernah kepikiran kah kamu bagaimana caranya mengubah persepsi bahwa acara kajian itu membosankan? Pernah kepikiran nggak sih gimana caranya nggak cuma orang tua, tapi juga millennials mau bikin acara kajian?

Nah, menurut Jeihan salah satu caranya adalah dengan memikirkan strategi promosi yang tepat. Hal ini bisa kamu mulai dengan memperhatikan penggunaan bahasa pada judul kajian. Gunakanlah bahasa-bahasa yang santai, terbiasa didengar sehari-hari, dan kekinian. Setelah gaya bahasa, undangan, pendaftaran, dan penjelasan acaramu juga harus sesuai dengan selera millennials. 

Jangan sampai acara kajian kamu masih kudet. Undang orang untuk ikut kajian masih harus daftar lewat japri. Apalagi, kalau acara kajian kamu terbuka untuk umum. Males banget kali kalau harus japri-japri padahal nggak kenal sama kamu. Nah, untungnya acara kajian Jeihan sudah lebih rapih pendaftaran dan penjelasan informasinya karena menggunakan Loket.com.


Jeihan hanya perlu mengikuti instruksi dari artikel tentang cara #JadiinAja Kajian pakai Loket.com dan sebar link yang sudah di customize olehnya. Mau bikin acara kajian private atau publik, berbayar atau gratis, Jeihan selalu bikin di Loket.com biar lebih kekinian dan praktis. Kini, giliran kamu yang cobain. Yuk, #JadiinAja acara kajian dengan Loket.com!

acara kajian

profile
Dila

Part-time writer, full-time dreamer

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang