image Susunan Acara Ulang Tahun Anak, Pesta Online Jadi Alternatif!

loket wiki

Susunan Acara Ulang Tahun Anak, Pesta Online Jadi Alternatif!

28 Jul 2020 - Penulis Nabila

Karena sekolah di rumah, anak-anak jadi lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Mau membuat acara ulang tahun pun jadi batal karena nggak disarankan untuk berkumpul ramai-ramai di masa pandemi. Namun, kamu bisa #UbahCaraLama dengan bikin acara ulang tahun anak online loh! Ikuti aja panduan membuat susunan acara ulang tahun anak online di bawah ini. 

Untuk melaksanakan susunan acara ulang tahun anak online yang seru, kamu perlu menyiapkan dan mengirim paket ulang tahun berisi hal-hal di bawah ini terlebih dahulu:

  • Makanan, bisa pilih makanan ringan atau berat tergantung budget yang kamu miliki 
  • Topi ulang tahun, agar lebih seru bisa menggunakan topi ulang tahun yang bertema. Misalnya cari topi ulang tahun sesuai karakter kartun favorit anakmu.
  • Peralatan game, hal ini dibutuhkan jika terdapat game yang harus dipraktikkan menggunakan alat tertentu. Misalnya, menyediakan balon, cat air, dan kuas untuk game menghias balon.
  • Panduan dress code, hal ini dilakukan untuk membuat suasana jadi lebih meriah. Dress code bisa bertema warna favorit anak yang berulang tahun, karakter kartun, atau tema umum seperti cita-cita, superhero, dll.


Susunan Acara Ulang Tahun Anak



Pembukaan

Penting untuk mengingatkan para orang tua untuk mendampingi ketika acara berlangsung. Hal tersebut berfungsi agar anak tidak kebingungan dan tetap terjaga atensinya. Untuk pembukaan, ajak anak-anak untuk menggunakan topi ulang tahun yang sudah dikirim. Sebelum acara ulang tahun dimulai kirimkan gambar untuk dijadikan background (jika kamu menggunakan platform yang memadai). Untuk membuka acara, berikan waktu sekitar 5 menit untuk anak saling menyapa. Selanjutnya, tanpa berlama-lama bisa langsung lanjut ke sesi game.

Game interaktif

Game yang bisa kamu buat ketika acara ulang tahun anak bisa beragam, tergantung dari durasi acara yang kamu miliki. Terdapat game online singkat yang biasa dipakai di webinar (web seminar) yang bisa kamu aplikasikan di acara ulang tahun anak juga, baca di sini untuk lihat contohnya. Untuk game berdurasi lama dan butuh usaha lebih banyak, kamu bisa mengadakan game menghias balon yang peralatannya sudah dikirim sebelum hari H acara ulang tahun.

Doa bersama dan acara tiup lilin

Walaupun online, acara tiup lilin tetap wajib untuk dilakukan. Sebelum tiup lilin, sediakan waktu 5 menit untuk doa singkat. Selama doa bersama, kamu bisa mengaktifkan mode mute pada seluruh anak agar tetap khidmat. Acara utama pun dimulai! Ramaikan tiup lilin dengan memainkan lagu “Selamat Ulang Tahun” di laptop/komputer yang kamu gunakan. 

Dongeng untuk jadi hiburan edukatif

Acara ulang tahun anak nggak lengkap tanpa hiburan yang mengedukasi. Hiburan yang bisa dengan mudah kamu lakukan adalah dengan mengundang pendongeng. Ada banyak pendongeng profesional yang sudah terbiasa mendongeng secara online untuk anak-anak. Di rangkaian acara ini, anak-anak bisa menikmati hiburan sambil ngemil atau makan berat paket yang sudah dikirim.

Penutup

Beri waktu untuk anak-anak saling mengobrol dan menyampaikan ucapan kepada anak yang berulang tahun. Di penutup, kamu bisa mengumumkan pemenang dress code terbaik untuk memeriahkan suasana. Terakhir, susunan acara ulang tahun bisa ditutup dengan berfoto bersama dengan cara capture/screenshot. 

Undangan Acara Ulang Tahun Anak Online

Menyusun susunan acara ulang tahun anak sudah dilakukan, sekarang waktunya kamu mengirim undangan online nih. Untuk mempermudah kamu membuat daftar tamu undangan, kamu bisa membuat event page private di Loket.com. Caranya, klik Kategori Event dan pilih opsi Private.



Dengan begitu, hanya orang yang mendapatkan link undangan aja yang bisa mendaftar di acaramu. Fungsi pendaftaran ini adalah agar kamu bisa melihat daftar tamu undangan yang terdata otomatis. Dengan begitu, kamu bisa melihat siapa aja yang perlu dikirimkan “paket ulang tahun” yang sudah kamu buat. Klik di sini untuk tahu cara buat event page di Loket.com!

Gimana? Tertarik untuk merealisasikan susunan acara ulang tahun anak online ini? Apapun susunan acaranya, ingat untuk sesuaikan dengan hal yang disukai anak karena ini adalah hari spesial untuk mereka. Selamat mencoba! 

Artikel terkait


susunan acara event rundown

profile
Nabila

Content Strategist

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang