image 5 Strategi Membuat Event Hybrid Sukses dan Menarik

loket edu

5 Strategi Membuat Event Hybrid Sukses dan Menarik

26 Apr 2022 - Penulis Winda

Turunnya pembatasan sosial di tahun 2022 membuat banyak event creator mulai beraksi bikin event lagi. Tak hanya itu, kini event creator mulai beralih ke event hybrid. Menyelenggarakan event hybrid memungkinkan event creator untuk memiliki jumlah peserta event yang banyak tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Dengan segala keuntungan dan fleksibilitas yang ditawarkan event hybrid, saatnya membuat event hybrid-mu sekarang.

Tapi, gimana ya tips supaya bisa membuat event hybrid yang sukses dan menarik? Simak tips di bawah ini yuk.

5 Strategi Membuat Event Hybrid Sukses dan Menarik

1. Rencanakan pengalaman yang sama-sama menarik untuk audiens secara langsung dan online

Masa iya sih, event kamu hanya menawarkan daya tarik di satu sisi event saja? Untuk membuat event hybrid sukses, kamu harus mampu membuat pengalaman yang sama-sama menarik, baik bagi audiens di venue maupun audiens virtual.

Misal, kalau kamu memberikan interaksi secara langsung di venue, berikan juga interaksi yang sama menariknya untuk peserta virtual.

Buat tim virtual dan tim on-site, yang masing-masing bertugas membuat suasana menjadi interaktif. Tim on-site bertanggung jawab menciptakan acara di venue yang interaktif, seperti games ice breaker, kuis, trivia, dan lainnya. Tim virtual bertanggung jawab membuat peserta online tetap tertarik dengan event, seperti menyuguhkan penampilan musisi dari rumah, virtual trivia, games memecahkan misteri virtual, dll.

Menurut penelitian dari Hoods dan Pakarinen pada tahun 2018, memanfaatkan kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI) akan memberi lebih banyak potensi untuk mengatur acara tanpa batas dan teknologi hologram dapat membuka banyak kemungkinan baru.

2. Manfaatkan peluang promosi pra-event untuk audiens

Di dunia media sosial, promosi event bisa jadi lebih variatif. Mulai countdown dan membagikan materi promosi pra-event. Dengan begitu, acara kamu sudah bisa menjangkau audiens yang lebih luas. 

Strategi promosi pra-event yang bisa kamu lakukan:

  • Gunakan strategi promosi media sosial menggunakan key opinion leader (KOL) atau influencer yang expert di bidang event jika kamu ingin memberikan dampak yang lebih baik.
  • Lakukan giveaway/kuis di media sosial event.
  • SEO Blog post. Buat blog dengan nilai SEO yang baik di website event untuk sebagai bentuk promosi. Di blog ini kamu juga bisa memberikan berbagai data yang relevan dan penting untuk peserta event nantinya.
  • Buat kampanye dengan hashtag

3. Pilih platform yang tepat

Platform acara yang tepat berperan penting dengan keberhasilan event hybrid kamu. Event hybrid akan membutuhkan platform event virtual yang kuat dan lancar, sekaligus flow event di lapangan yang baik. 

Menggunakan teknologi dan fitur LOKET untuk mendukung event hybrid merupakan pilihan yang tepat untuk membuat event hybrid kamu sukses. Dukungan teknologi LOKET Get Safety memberikan fitur penting ketika event berjalan, memberikan pengalaman booking, ticketing, dan check-in jadi makin aman. Selain itu, fitur LOKET Get Safety juga mengontrol keramaian dan keamanan event.

Di sisi lain, LOKET Live Pro bisa mendukung event virtual dengan lancar minim kendala, kamu bisa melakukan streaming event hanya bermodal webcam. Selain itu, event bisa berjalan dengan aman karena menggunakan sistem 1 tiket untuk 1 perangkat. Mudah bukan?

4. Engagement adalah kunci untuk membina komunitas dan menjalin hubungan dengan audiens

Hasil riset Nilsson tahun 2020 menunjukkan beberapa cara untuk meningkatkan engagement selama menjalankan event hybrid, yaitu:  (1) menyalakan kamera selama event, (2) membuat kelompok-kelompok kecil, misalnya ruang breakout zoom, (3) adanya moderator yang baik, (4) kualitas teknologi audio visual yang baik, (5) media interaktif seperti polling, kuis, chat box, dan permainan.

Aksi interaktif  ini bisa kamu lakukan dengan fitur Live chat dan Q&A di LOKET Live Pro. Dengan LOKET Live Pro, kamu akan dibantu mulai dari penjualan tiket hingga pengoperasian perangkat streaming. Hubungi kami di sini untuk menggunakan LOKET Live Pro.

5. Pertahankan engagement bahkan setelah acara selesai untuk memperluas value eventnya


Membuat konten pasca event merupakan cara efektif untuk memperluas nilai event. Misalnya saja, kamu baru saja membuat konser hybrid, buatlah konten-konten keseruan saat event dan bagikan di media sosial. 

Penyelenggaraan event tidak selesai hanya ketika event selesai bukan?


Gimana? Sudah makin tahu tentang event hybrid? Kamu bisa bikin event hybrid-mu di LOKET juga, lho, caranya mudah lagi! Ayo buat event hybrid-mu sekarang bareng LOKET.


event offline persiapan event event hybrid

profile
Winda

Content Strategist at LOKET

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang