image Berawal di Prancis, Intip Sejarah World Music Day di Sini!

loket wiki

Berawal di Prancis, Intip Sejarah World Music Day di Sini!

18 Jun 2019 - Penulis Dila

Hi Event Creator! Sudah tahu belum kalau tanggal 21 Juni diperingati sebagai World Music Day? Kalau sering bikin konser musik, kamu wajib tahu fakta yang satu ini. Yuk, baca ulasan Loket.com sampai habis!


Sejarah World Music Day

Sumber: Dokumentasi LOKET


Hari Musik Sedunia digagas pertama kali oleh seorang pemusik bernama Joel Cohen asal Amerika. Cohen berpendapat bahwa musik adalah satu-satunya seni musik yang universal. keberadaannya dapat menjangkau setiap lapisan masyarakat dan bahkan menyatukannya. Untuk itu, ia pun mengadakan sebuah perayaan musik di gelar di seluruh dunia pada titik balik matahari awal musim semi.


Ide ini pun terdengar oleh Maurice Fleuret, yang pada tahun 1976 masih merintis karirnya menjadi salah satu jurnalis di majalah Le Nouvel Observateur (sekarang L’Obs). Maurice yang memang memiliki latar belakang bangku kuliah di bidang seni ini pun mengkaji dan mematangkan ide itu. Dengan kegigihan, karir Maurice pun sampai di puncak dan berhasil menjadi Menteri Kebudayaan Prancis pada tahun 80an. Di kala itu lah ia meresmikan ide tentang World Music Day dengan perayaan La Fête de la Musique di Paris. Unesco pun mematenkan 21 Juni sebagai peringatan World Music Day yang digagas oleh Maurice Fleuret.


Berkenalan dengan La Fête de la Musique: Perayaan World Music Day Seharian


Sumber: Que Faire a Paris


World Music Day atau juga disebut La Fête de la Musique merupakan festival musik yang dirayakan setiap tanggal 21 Juni untuk memperingati hari musik sedunia. La Fête de la Musique memiliki arti “Pesta Musik”. Nah, Maurice bercita-cita bahwa dengan mematenkan ide ini, seluruh dunia akan bisa berpesta pora menikmati hari dengan irama musik walau hanya sehari. 


Rangkaian acara La Fête de la Musique akan dimulai di Paris, Prancis dan kemudian menyebar ke kota-kota lainnya seperti Argentina, Australia, Belgia, Luxembourg, Jerman, Switzerland, Costa Rica, Israel (di Jerusalem dan Tel-Aviv), China, India, Lebanon, Malaysia, Maroko, Pakistan, Filipina, Romania, Kolombia, Venezuela, Edinburgh, London, dan New York City.


Tidak hanya di salah satu sudut kota saja! La Fête de la Musique mengusung konsep “Music is everywhere I go”. Di setiap tempat akan selalu ada dentuman musik yang menghiburmu, mulai dari pengamen, penyanyi kafe hingga panggung-panggung megah didirikan di kota-kota besar tersebut untuk memperingati Hari Musik Sedunia.


Sayangnya, perayaan World Music Day dengan konsep La Fête de la Musique belum pernah digelar di Indonesia. Apakah kamu mau menjadi salah satu pencetusnya Event Creator?


Yuk, wujudkan konser musik impianmu dan Rayakan Kebersamaan World Music Day dengan LOKET!


liburan

profile
Dila

Part-time writer, full-time dreamer

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.