image Ini Dia Pencapaian Terbaik Sepanjang Sejarah Asian Games Indonesia

loket wiki

Ini Dia Pencapaian Terbaik Sepanjang Sejarah Asian Games Indonesia

07 Sep 2018 - Penulis Dila

Sejarah Asian Games Indonesia baru saja diperbaharui. Sebagai tuan rumah, Indonesia telah mengerahkan upaya terbaik untuk menyambut ajang kompetisi ini. Pembangunan dan perbaikan infrastruktur olahraga telah dilakukan, peningkatan kualitas transportasi dan penuansaan telah dimaksimalkan, dan 800 insan olahraga terbaik pun telah dikerahkan.

Kini, saatnya menantikan buah manis dari setiap usahanya. Bukan tanpa alasan untuk, pujian dari mata internasional pun telah berdatangan untuk mengapresiasi usaha Indonesia. Yuk, cari tahu sejarah Asian Games Indonesia dan pencapaiannya selama ini! Berikut ulasannya:

Sejarah Asian Games Indonesia: Kembali Jadi Tuan Rumah dengan Opening Super Mewah

Asian Games 2018 Sumber: Asian Games 2018

Sejarah Asian Games Indonesia pun makin terukir indah sejak Opening Ceremony Asian Games 2018. Setelah sebelumnya pernah menjadi tuan rumah pada Asian Games 1962, Indonesia kembali menjadi tempat penyelenggaraan ajang kompetisi terbesar di Asia.

Segala upaya yang dikerahkan untuk menunjukkan jati diri Indonesia sebagai bangsa yang kaya akan budayanya pun berbuah manis. Decak kagum dan puji-pujian pun langsung membanjiri Indonesia usai penyelenggaraan Opening Ceremony Asian Games 2018.

Panggung super megah pun dibangun dengan replika gunung untuk menggambarkan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. Ribuan penari tradisional, pertunjukkan kolosal, puluhan musisi kebanggaan seperti Raisa, Afgan, Via Vallen, Ariel, Anggun, Rian D’Masiv dan puluhan penampilan spektakuler lainnya juga dihadirkan untuk meramaikan panggung ini. Tidak heran jika Wishnutama sebagai creative director dari acara ini mendapatkan acungan jempol dari para media internasional seperti Redaksi Xinhua, The Star, The Straits Times dan lain sebagainya.

Asian Games 2018 Sumber: Good News From Indonesia

Hal ini sangat berbanding terbalik dengan kala Indonesia menjadi tuan rumah pertama kalinya di Asian Games 1962. Panggung sederhana, dengan rangkaian acara yang sederhana pun terlihat dalam foto Asian Games 2018. Presiden Soekarno membukanya dengan pidato penuh wibawa. Sedangkan pada Asian Games 2018 ini, Presiden Joko Widodo justru melakukan aksi paling fenomenal sepanjang sejarah Asian Games Indonesia.

Maskot Terbaik Sepanjang Sejarah Asian Games Indonesia

Asian Games 2018 Sumber: Asian Games 2018

Sudah kenalkah kamu dengan tiga sosok menggemaskan Asian Games 2018? Mereka adalah maskot paling menyita perhatian dalam sejarah Asian Games Indonesia. Jika berkunjung ke area SUGBK, kamu pasti akan menemukan antrian panjang para pengunjung untuk mendapatkan souvenir ketiga maskot tersebut. Maskot Asian Games 2018 memang telah merebut hati masyarakat.

Indonesia memilih Bhin Bhin (nama burung cendrawasih dari Indonesia bagian barat), Atung (rusa bawean dari Indonesia bagian tengah), dan Kaka (badak bercula satu dari Indonesia bagian barat) bukan hanya sebagai maskot, tetapi juga sebagai citra Indonesia. Bhin Bhin mencerminkan strategi, Atung melambangkan kecepatan, dan Ika merepresentasikan kekuatan. Akan tetapi, lebih dari itu. Mereka adalah hewan khas Indonesia, dan nama mereka sebenarnya adalah singkatan dari Bhineka Tunggal Ika.

Asian Games 2018 Sumber: Keepo

Jika dibandingkan dengan beberapa kali penyelenggaraan Asian Games sebelumnya maskot pun terlihat sangat sederhana dan mirip. Barulah pada beberapa tahun terakhir, logo Asian Games terlihat lebih berwarna. Asian Games 1990 di Cina memakai Panda sebagai maskotnya, Thailand di Asian Games 1998 menggunakan Gajah sebagai citranya. Kini, Indonesia pun hadir dengan 3 binatang khasnya sekaligus. Bagaimana menurutmu tentang maskot Asian Games 2018?

Panen Emas Sepanjang Sejarah Asian Games Indonesia

Asian Games 2018 Sumber: Jarrak ID

Selama delapan belas kali penyelenggaraan kompetisi olahraga terbesar di Asia ini, Asian Games 2018 adalah pencapaian terbaik di sepanjang sejarah Asian Games Indonesia. Bukan hanya karena persiapan Indonesia yang matang, tetapi juga karena prestasinya. Presiden Indonesia, Jokowi memasang target besar: 16 Emas dan para atlet Indonesia pun berhasil melampauinya.

Bahkan, Pencak Silat sebagai seni olahraga beladiri asal Indonesia pun turut menyumbang emas terbanyak. Tidak tanggung-tanggung 14 Emas berhasil didapatkan oleh para pesilat kita. Hanifan Yudani sebagai salah satu penyumbang Emas pun spontan memeluk dua tokoh pemimpin bangsa dan membuktikan bahwa persatuan adalah kunci dari kejayaan kita.

31 Emas, 24 Perak, dan 43 Perunggu berhasil dikantongi. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI), Imam Nahrawi pun sangat gembira dengan pencapaian tersebut. Ini adalah pencapaian terbaik Indonesia sejak sebelumnya telah mendapat 11 Emas pada Asian Games 1962 dan berhasil.

Pada salah satu kesempatan, Imam Nahrawi juga menjelaskan bahwa yang diberi bonus tidak hanya peraih medali emas, tetapi juga perak dan perunggu. Selain itu, tim pelatih juga akan mendapatkan hadiah, tetapi dengan kisaran jumlah yang berbeda dengan atlet. Berikut pencapaian Indonesia selama 18 kali penyelenggaraan Asian Games:

Asian Games 2018 Sumber: Keepo

Itulah tiga pencapaian terbaik sepanjang sejarah Asian Games Indonesia. Bukan hanya karena medali yang berhasil didapatkannya, tetapi juga karena keberhasilannya dalam menunjukkan bahwa keberagaman budaya adalah kekuatan Indonesia. LOKET pun sangat bangga berkesempatan untuk mendukung Indonesia dalam mencapainya.

Sebagai salah satu pioneer teknologi event management di Indonesia, LOKET memfasilitasi para pengunjung untuk dapat mendukung tim favorit mereka dengan kemudahan pembelian tiket, akses masuk, dan pengkategorian tiket.

Sejarah Asian Games Indonesia Asian Games 2018 Asian Games 1962 Maskot Asian Games 2018 Opening Ceremony Asian Games 2018 Asian Games 2018 asian games jakarta asian games palembang ramaikan kemerdekaan ramaikan eventmu event jakarta blog

profile
Dila

Part-time writer, full-time dreamer

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang