image Mau Bikin Event? Jangan Skip 5 Peran Media Sosial Ini!

loket edu

Mau Bikin Event? Jangan Skip 5 Peran Media Sosial Ini!

01 Jul 2019 - Penulis Nabila

Happy International Social Media Day! Tanggal 30 Juni menjadi hari untuk memperingati bagaimana media sosial memberikan pengaruh yang besar terhadap kehidupan kita. Termasuk kehidupan para Event Creator. Gimana nggak? Industri hiburan semakin berkembang, ada banyak event baru yang lahir entah itu dari Event Creator profesional atau pun tingkat sekolah.


Gimana cara biar bisa bertahan di kompetisi yang ketat? Media sosial jadi salah satu yang berperan kuat loh. Hayo, kamu sadar nggak seberapa besar peran media sosial mempengaruhi kesuksesan event yang kamu bikin?


Nah, Loket.com sudah merangkum 5 peran media sosial yang perlu Event Creator perhatikan nih. Yuk, cek dulu!


Peran media sosial: Komunikatif & Interaktif

Di zaman serba cepat, ada banyak konten yang berkeliaran di media sosial. Gimana ya cara membangun koneksi dengan audiens di tengah banjirnya konten? Kuncinya adalah membuat konten yang komunikatif dan interaktif. Jadikan komunikasimu dua arah, bisa dimulai dengan membuat quiz, photo contest, games, dan mengakhiri kalimat dengan pertanyaan. Ada banyak loh template games yang hits di Instagram. Contohnya games this or that, emoji challenge, bucket list, dan lain-lain. Jenis konten mana nih yang jadi favorit kamu di media sosial?


Peran media sosial: The power of hashtag

Bayangkan kamu sudah capek-capek bikin konten interaktif berupa photo contest, eh tapi malah nggak ada hashtagnya? Aduh, sayang banget! Bikin hashtag event membuat exposure event-mu jadi meningkat loh!


Orang-orang jadi tahu kalau ada event yang lagi berjalan. Tinggal cari hashtagnya, bisa langsung dapat gambaran deh event kamu itu kayak gimana. Misalnya, art exhibition Haluu World yang menggunakan hashtag #haluubanget, atau Lucid Dream yang menggunakan hashtag #aboutolucid. 


Peran media sosial: Konten yang relevan

Kalau lagi ngobrol sama anak-anak, kamu bakal pakai bahasa-bahasa yang susah dimengerti nggak? Enggak kan?  Nah, sama dengan penggunaan media sosial untuk event, kamu harus perhatikan dengan siapa kamu bicara.


Misalnya, kamu mengadakan event konser musik untuk anak muda. Artinya bahasa yang kamu gunakan harus santai, gaul, kekinian. Kamu juga perlu cari tahu, hal-hal apa saja sih yang disukai audiens kamu.


Peran media sosial: Sumber utama informasi

Nah, jangan ketinggalan yang paling penting nih! Media sosial menjadi sumber informasi utama tentang event kamu. Mulai dari yang paling dasar (tempat dan waktu), sampai ke hal-hal detil (cara registrasi, tips & trik datang ke event).


Di media sosial, kamu perlu menjaga agar pengunjung event nggak kabur dari halaman media sosial event-mu. Misalnya, setelah baca informasi pembelian tiket, pastikan proses registrasinya praktis dan mudah.


Nah, untuk memanjakan pengunjungmu gampang kok caranya. Bikin aja eventmu di Loket.com, manajemen penjualan tiket jadi mudah. Pengunjung cukup klik tautan event-mu, lalu melakukan pembelian tiket secara online. 


Eits, ternyata yang dimanjakan bukan pengunjung saja loh. Kamu sebagai Event Creator juga terbantu banget! Dengan membuat event page di Loket.com, kamu bisa dapat data lengkap mengenai pengunjung. Hal tersebut bisa jadi modal untuk bikin konten media sosial event-mu selanjutnya, biar makin relevan dan komunikatif. 


liburan

profile
Nabila

Content Strategist

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.