image Event Creator, Sudah Menyiapkan Peralatan Live Streaming Berikut?

loket edu

Event Creator, Sudah Menyiapkan Peralatan Live Streaming Berikut?

15 Jun 2020 - Penulis Septania

Sebagai event creator yang beradaptasi, tentu kamu sudah harus memulai kesiapan menghadapi new normal atau yang akan kita sebut juga normal baru dan tatanan baru.

Indikator kesiapan seorang event creator adalah setidaknya sudah mengerti ranah digital dan siap dengan berbagai kebutuhan event online, seperti peralatan live streaming.

Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas peralatan live streaming apa saja yang akan kamu butuhkan.

Peralatan live streaming untuk event online-mu 

Perlu digarisbawahi, beberapa peralatan berikut juga tentunya bisa digunakan untuk event online yang sifatnya pre-recorded.

Laptop atau komputer

Sudah barang tentu peralatan ini wajib dimiliki untuk melakukan live streaming. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jumlah RAM yang cukup besar dan bisa terhubung dengan internet yang memadai agar live streaming lancar tanpa hambatan berarti. 

Kamera

Memang sekarang semua laptop dan hampir semua komputer telah dilengkapi kamera built-in, tapi kebanyakan kurang jernih dan tajam untuk live streaming yang memang ingin dibawakan secara proper.

Karena itu, demi memanjakan dan membuat audiens betah menonton berlama-lama, setidaknya gunakan kamera yang menghasilkan kualitas video 720p. Kamu bisa menggunakan jenis kamera Digital Camcorder Webcam, 4K Live Stream Camera with Lens Hood, kamera mirrorless, bahkan kamera DSLR, dan semua itu baiknya di-support dengan tripod.

Lighting

Untuk event online yang cukup komersil, lighting mesti ada di daftar peralatan live streaming, terlebih ketika ruangan yang digunakan memiliki cahaya yang kurang.

Setidaknya kamu memiliki tiga jenis lighting, yakni fill light, yang diposisikan di belakang kamera; main light dengan cahaya yang lebih terang dari subjek; dan background light agar background tidak terlalu kontras dengan subjek. Untuk cahaya yang lebih lembut disarankan untuk menggunakan lighting softbox daripada ring light.

Mikrofon

Alat live streaming yang satu ini sama sekali tidak boleh dilewatkan. Apapun jenis event online-mu, baik itu workshop, demo masak, apalagi konser online, wajib menggunakan mikrofon yang berkualitas, yang bisa sinkron dengan kamera dan laptop. Setidaknya perangkat bisa menangkap audio hingga 16bit/48kHZ dan mengurangi background noise.

Namun, jika kamu sudah cukup percaya diri dengan kualitas mikrofon bawaan dari laptop atau komputermu, plus event live streaming yang kamu adakan tidak begitu formal, kamu tidak perlu mikrofon tambahan asalkan suara yang dihasilkan bisa jelas terdengar.

Software

Software seperti OBS adalah kunci untuk memiliki tampilan live streaming yang profesional dan tentunya bisa dikomersialisasi.

Terlebih, jika event kamu memiliki sponsor atau partnership. Dengan, software kamu bisa menyisipkan "iklan" tentang mereka yang menjadi sponsor dan partner kamu.

Seperti yang biasa dilakukan di berbagai event online yang menggunakan LOKET Live. Silakan hubungi [email protected] untuk mulai live streaming dengan LOKET Live.

Baca juga: Lengkapi Halaman Profil Kamu untuk Promosi yang Lebih Mudah

Sekarang kamu sudah mengetahui apa saja yang mesti disiapkan dan mungkin bisa menjadi salah satu investasi alat untuk eventmu ke depannya. Selanjutnya, buat event page-mu dan gunakan berbagai fitur dari Loket.com yang memudahkan penjualan event online kamu. Mulai di sini!

Event Online Peralatan Live Streaming

profile
Septania

a content person of joy division

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang