image Pertama Kali Bikin Event Online? Ini Panduan Untukmu

loket edu

Pertama Kali Bikin Event Online? Ini Panduan Untukmu

15 Apr 2020 - Penulis Septania

Di masa sekarang semua yang terdampak pasti sedang mencari cara agar semuanya bisa berjalan lagi seperti biasa dan baik-baik saja. Termasuk kamu, para event creator.

Untungnya sekarang sudah ada teknologi masa kini yang memudahkan segalanya termasuk bikin event online. Pertama kali bikin event online? Berikut adalah langkah-langkah yang bisa jadi panduan kamu untuk membuatnya sukses.

  • Buat outline

Ini penting karena kamu harus tahu gambaran besar tentang eventmu terlebih dahulu. Cari presentator terbaik yang nyaman membawakan materi di depan kamera. Untuk membuat eventmu lebih hidup, undang dua presentator secara bersamaan. Jika jenis event online-mu lebih seperti kelas, sesi latihan tubuh, workshop seni atau memasak, satu presentator rasanya cukup.

Buat juga naskah atau talking pointers apa saja yang akan dibicarakan saat event online live nanti. Pikirkan juga bagaimana sesi interaktif dengan audiens nanti. Dan yang terpenting cari environment terbaik untuk streaming nanti, sinyal bagus, latar belakang menarik, dan lain sebagainya.

Baca juga: Jenis event online yang bisa kamu buat

  • Gunakan platform ticketing terbaik

Meskipun kamu menyelenggarakan event online, bukan berarti jadi alasan untuk tidak menjual eventmu. Loket.com kini memiliki layanan untuk membantu kamu untuk membuat, mengatur, dan menjual tiket event online-mu dengan mudah. Segala kelebihan menggunakan Loket.com sebagai platform penjualan tiket event online tentu bisa jadi bahan pertimbangan kamu.

Baca juga: Cara Bikin event online di Loket.com 

  • Pilih platform streaming yang paling sesuai

Ada banyak platform streaming online yang bisa kamu manfaatkan untuk event online. Nah, setelah kamu sudah tau mau ngapain aja di event online, kamu wajib melakukan riset tiap platform agar bisa sesuai untuk event online-mu. Ini yang bisa jadi bahan pertimbangan, jenis event online yang akan kamu siarkan, dan berapa harga tiket yang dikenakan, supaya kamu juga bisa tahu berapa keuntungan yang akan kamu dapat dan berapa yang harus kamu bayar untuk platform yang kamu gunakan.

Baca juga: Beragam platform streaming untuk event online-mu 

  • Tes semua perangkat

Akan ada puluhan bahkan ratusan audiens yang akan menyaksikan event online perdana-mu. Pastinya tidak ingin ada kesalahan yang membuat first impression eventmu buruk sejadi-jadinya, bukan?

Untuk menghindari hal itu kamu wajib melakukan running test ke semua perangkat, mulai dari audio, video, dan yang paling penting jaringan internet yang stabil. Kamu juga perlu untuk latihan menjalankan event online kamu, merekamnya, lalu evaluasi seluruh performa untuk menjadikannya sempurna saat live nanti.

  • Promosikan event online-mu

Tak ubahnya seperti event offline, kamu bisa memulai dengan menyebarkan newsletter, posting di semua media sosial, dan update di banner website-mu, kalau ada.

Bedanya, dikarenakan ini adalah event online, kamu harus menekankan keterangan jam berapa dan di platform apa event kamu akan berlangsung. Dan yang tak kalah penting, kamu harus mengirimkan pengingat di hari sebelumnya bahkan beberapa jam sebelum event online kamu live. 

Komunikasikan juga secara gamblang kalau ini adalah event online dan jika kamu membuatnya berbayar informasikan se-eksplisit mungkin.

Baca juga: Kelebihan bikin event online di Loket.com

  • Jangan lupa follow up audiens kamu pasca event

Sudah lega karena event online perdana kamu berlangsung sukses? Sebarkan survei kepada para audiens yang menyaksikan streaming event online kamu selagi event kamu masih teringat di benak mereka.

Kamu bisa mengirimkan email atau WhatsApp yang berisi ucapan terima kasih karena sudah menghadiri, lalu sisipkan beberapa pertanyaan survei untuk menjadi bahan evaluasi demi event online selanjutnya yang lebih baik.

  • Siap bikin event online? Gunakan Loket.com

Ini adalah saat yang tepat untuk kamu mulai membuat event online. Di saat seperti ini di mana banyak orang membutuhkan aktivitas untuk tetap produktif dan mau menyisihkan waktu dan materi untuk event online.

Di saat ini pun sudah banyak event creator yang beralih ke event online. Sekarang giliran kamu. Mulai di sini!

Event Online

profile
Septania

a content person of joy division

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang