image Tips Membuat Nama Acara Online yang Menarik & Bikin Pengen Ikut!

loket edu

Tips Membuat Nama Acara Online yang Menarik & Bikin Pengen Ikut!

22 Jul 2020 - Penulis Nabila

Membuat acara online yang menarik menjadi tantangan baru untuk para event creator di tahun 2020 ini. Tak bisa dipungkiri, acara online memang lebih mudah untuk diikuti oleh pengunjung di mana pun ia berada, tapi hal tersebut berefek pada kompetisi yang lebih ketat antar acara online untuk menarik perhatian pengunjung.

Bagaimana cara membuat nama acara online yang menarik dan bikin pengunjung pengen ikut? Yuk, simak rangkuman tips dari Loket.com!

Mudah disebut & diingat

Pernah melihat nama acara yang bingung pelafalannya gimana? Itu dia kondisi yang perlu kamu hindari. Buatlah nama acara online yang mudah disebut dan diingat. Nama tersebut berpengaruh ke kemudahan promosi yang dilakukan oleh kamu sebagai event creator maupun oleh partner acara. Pastikan nama yang dibuat beda dari yang lain, jangan sampai nama acara onlinemu sama dengan acara lain yang sudah pernah dibuat. 

Misalnya, We The Fest. Namanya unik beda dari yang lain. Selain mudah disebut, nama acaranya juga mudah diingat karena bisa disingkat menjadi WTF. 

Perhatikan karakteristik target pengunjung

Siapa target pengunjungmu? Karakteristik yang bisa kamu nilai antara lain gender, kelas ekonomi, lokasi tinggal, kebiasaan, sampai hal yang disuka. Karakteristik tersebut membantu kamu untuk menentukan bahasa apa yang akan digunakan. Bisa bahasa Indonesia, bahasa Inggris, atau mungkin bahasa daerah lain. Kamu bisa juga membuat nama acara yang unik dengan memperhatikan istilah yang sedang tren di kalangan target pengunjungmu.

Misalnya, acara online yang kamu adakan adalah gathering online seller wilayah Jawa Barat. Kamu bisa membuat nama “Ngariung Jeung Batur” yang menggunakan bahasa Sunda agar lebih akrab dengan target pengunjung.

Relevan dengan tema acara

Hal yang perlu diingat dalam proses pembuatan nama acara online yang menarik adalah relevansi dengan tema yang dibuat. Pastikan nama yang dibuat mencerminkan isi acara. Hindari nama yang rancu dan ambigu, karena hal tersebut bisa mengiring pengunjung membangun ekspektasi keliru terhadap acara. 

Misalnya, nama acaramu “Cara Marketing di era Normal Baru” padahal isi acaranya hanya fokus membahas promosi melalui media sosial. Akan lebih baik jika nama acara spesifik menyebutkan “media sosial” juga. 

Tidak ada asosiasi negatif

Nama acara online sudah terdengar menarik, tapi apa kamu sudah melakukan riset terkait nama tersebut? Bahasa apapun yang kamu gunakan, jangan lupa untuk lakukan riset terkait nama acara. Fungsi riset adalah untuk mengecek apakah terdapat asosiasi negatif terhadap nama acara. Jangan buta mengikuti tren yang ada, sampai lupa nilai & norma yang berlaku.

Eksplor banyak ide lalu diseleksi

Kumpulkan kata-kata yang berkaitan dengan acara online yang dibuat. Setelah itu carilah sinonim dan asosiasi dari kata-kata tersebut. Dengan modal pilihan kata yang kamu punya, kembangankan lebih jauh menjadi ide sebuah nama acara. Nggak perlu takut jelek, buat aja dulu sebanyak-banyaknya. Setelah itu, kamu tinggal menyeleksi mana nama acara online yang lebih beda dari yang lain, mudah disebut & diingat, dan memiliki arti positif. 

Misalnya, kamu ingin membuat konser musik. Kumpulan kata yang bisa kamu mainkan menjadi nama cara adalah melodi, alunan, musik, nada, nyanyi, dan lain-lain. Contoh yang pernah dilakukan adalah Konser Nyanyi di Rumah. 


Apa yang dilakukan setelah punya nama acara online yang menarik?

Selamat kamu satu langkah lebih dekat untuk membuat nama acara online yang menarik! Namun, jangan berhenti di situ ya. Tahap penjualan tiket acara online juga penting untuk kamu buat strateginya. 

Kamu beruntung, kini ada Loket.com yang bisa dengan mudah kamu gunakan sebagai tempat menjual tiket acara online. Dengan bikin event page di Loket.com, ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapat, antara lain metode pembayaran yang banyak (GoPay, BCA, bank transfer, LinkAja, Alfamart, Indomaret, Visa),  jangkauan penjualan yang lebih luas, sampai fitur khusus Event Online. Baca di sini untuk mengetahui lebih lengkap kelebihan jual tiket di Loket.com.

Tunggu apa lagi? Yuk, bikin acara online di Loket.com sekarang biar acaramu bisa #MeroketBarengLOKET

Artikel terkait


event online bikin event

profile
Nabila

Content Strategist

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang