image Tips Memilih Panitia Event Berdasarkan Tanggung Jawabnya

loket edu

Tips Memilih Panitia Event Berdasarkan Tanggung Jawabnya

06 Dec 2019 - Penulis Dila

Sedang merencanakan event dalam waktu singkat? Pensi? Festival? Konser? Seminar? Apapun event yang kamu rencanakan, artikel ini akan membantumu menentukan langkah awal persiapannya, yaitu memilih panitia event.

Penting, namun sering disepelekan. Kamu harus bisa menentukan orang yang tepat, untuk pekerjaan yang tepat. Saat orang yang kamu pilih merasa senang dan mengerjakan pekerjaannya dengan sepenuh hati, tentu saja hasilnya bakal lebih keren. Termasuk memilih orang-orang untuk menjadi panitia eventmu. 

Berikut sedikit tips memilih panitia event berdasarkan tanggung jawabnya yang sudah dirangkum oleh Loket.com!


Memilih panitia event untuk posisi bendahara

Salah satu posisi paling penting yang tidak mudah ditentukan dalam memilih panitia event adalah bendahara. Bisa dibilang, bendahara adalah posisi paling krusial dalam menentukan kesuksesan event mu. Oleh karena itu, di sini kita jadikan posisi bendahara sebagai hal pertama yang akan kita bahas.

Mengelola keuangan event pasti ribetnya sudah tidak diragukan lagi. Menentukan seberapa besar anggaran yang harus dikeluarkan sebuah penyelenggaraan event, membuat strategi dari mana saja pemasukannya, dan mengatur keluar - masuknya uang dalam event, pastinya butuh kejelian dan rasa tanggung jawab yang tinggi.

Kamu perlu menemukan orang yang memiliki sikap detail oriented, rapi, tidak mudah panik, dan mengerti pembukuan. Orang yang akan dijadikan bendahara juga harus bertingkah cerdas dan tegas. Cerdas memilah-milih, mana pengeluaran yang bijak dilakukan, mana pengeluaran yang bisa ditunda atau dibatalkan. Orang yang jadi bendahara event juga tidak boleh punya sifat ragu-ragu, harus bertindak tegas menolak pengeluaran yang tidak perlu. Tentu saja, semua tindakan tegas itu juga harus dipikirkan masak-masak dan tidak impulsif. 


Memilih panitia event untuk posisi sponsorship

Setelah mendapatkan bendahara untuk event mu, kamu bisa mulai langkah selanjutnya dengan mencari orang yang tepat untuk posisi sponsorship. Orang yang bisa kamu andalkan untuk membuat strategi mencapai target sponsorship yang disepakati bersama. Orang yang bisa menjaga relasi dengan sponsor dan mereka yang bisa fokus pada goalsnya.

Memilih orang yang tepat untuk posisi sponsorship bisa dibilang susah-susah-gampang. Yang penting kamu harus jeli dalam menilai karakternya. Kamu butuh orang yang gercep alias gerak cepat, supaya targetmu cepat tercapai dan nggak bikin deg-degan. Orang yang kamu pilih sebagai penanggung jawab sponsorship juga harus punya banyak relasi, bersikap tangguh, dan mandiri. Ia harus bisa memikirkan beberapa target sasaran sponsorship sekaligus di satu waktu. Tidak bergantung pada calon sponsor tertentu, tanpa berinisiatif bergerak mencari opsi lainnya. 


Memilih panitia event untuk posisi humas dan publikasi

Di era digital, posisi panitia event yang satu ini nggak boleh sampai salah pilih orang. Kamu harus mencari orang yang benar-benar menguasai hal ini, agar penyebaran informasi eventmu nggak serba keterbatasan. Apalagi, di era ini mendapatkan informasi apapun serba mudah dan cepat. Jangan sampai penyebaran informasi eventmu malah kebalikannya ya.

Oiya, humas dan publikasi nggak cuma tentang sosial media saja. Jadi, jangan cuma karena dia punya konten Instagram yang bagus, lalu kamu pilih. Kamu harus memilih orang yang mengerti bagaimana tren komunikasi saat ini. Panitia event di bagian humas dan publikasi harus tahu cara menentukan media publikasi yang tepat untuk eventmu. Dia juga harus bisa memilah citra komunikasi seperti apa yang harus digunakan untuk eventmu, gaya bahasanya, maupun desainnya. Kemudian, orang yang kamu pilih di posisi ini juga harus punya wawasan luas tentang media massa dan target pasarnya.  


Memilih panitia event untuk posisi dokumentasi

Banyak Event Creator yang masih menyepelekan posisi panitia event yang ini. Padahal, dokumentasi yang baik dalam sebuah acara bisa membantumu mendapatkan calon pengunjung, media partner, maupun sponsorship untuk eventmu selanjutnya. Dokumentasi yang baik akan mampu menggambarkan keseruan di dalam eventmu.

Oleh karena itu, kamu membutuhkan orang yang mengerti akan hal ini. Setidaknya, orang yang tahu cara mengambil momen yang baik untuk menggambarkan keseruan event. Orang yang kamu pilih harus mengetahui cara menonjolkan eventmu dan bagaimana caranya foto maupun video itu bisa bercerita.


Memilih panitia event untuk posisi acara

Posisi panitia event yang satu ini biasanya banyak yang minat. Soalnya, terkesan seru dan menyenangkan. Padahal, banyak hal yang harus disiapkan oleh panitia acara, mulai dari kontennya, pengisi acaranya, hingga temanya. Oleh karena itu, kamu butuh seorang konseptor untuk posisi ini.

Pilih orang yang tepat, untuk konsep yang tepat. Setelah menentukan apa kategori eventmu, cari orang yang punya pengalaman dalam mengkonsepkannya. Panitia divisi acara seminar, akan memiliki pendekatan yang berbeda dengan yang selama ini mengurus sebuah konser.


5 posisi dalam kepanitiaan event ini adalah divisi paling utama untuk menyukseskannya. Jadi, jangan sampai kamu salah pilih ya! Aplikasikan tips memilih panitia event dari Loket.com ini biar kamu ada gambaran. Lalu, #JadiinAja event kamu pakai Loket.com biar lebih praktis!

memilih panitia event

profile
Dila

Part-time writer, full-time dreamer

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang