image Tips Mencari Media Partner Untuk Event Agar Lebih Tepat Sasaran

loket edu

Tips Mencari Media Partner Untuk Event Agar Lebih Tepat Sasaran

04 Nov 2019 - Penulis Dila

Bikin event jangan nanggung! Maksimalkan juga promosinya dengan memperkuat strategi media partner event kamu. Bagaimana caranya? Yuk, belajar bareng sama Loket.com lewat ulasan berikut ini!

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan strategi media partner untuk event? Dikenal juga dengan istilah media partnership, strategi ini dimaksudkan untuk menjalin kerjasama dengan media online, cetak. Maupun siar dalam rangka menyebarluaskan informasi tentang event. Selayaknya sebuah kerjasama, tentu saja hubungan ini harus saling menguntungkan. Untuk itu, kamu sebagai pihak penyelenggara event harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu agar strategi media partner untuk event berjalan lancar. Berikut ini, Loket.com sudah merangkum beberapa tips mencari media partner untuk event biar lebih tepat sasaran! 


Tips pertama mencari media partner untuk event: Bikin list database

Sebelum bergerilya mencari media partner untuk event ke sana kemari, yuk bikin list dulu! Data semua calon media yang ingin kamu tuju. Pisahkan datanya menjadi kategori media cetak (majalah, koran, billboard), online, dan juga media siar (radio, tv, dan streaming platform). 

Setelah itu, pisahkan juga data media partner untuk event berdasarkan tingkat optimisme kamu untuk menjalin kerjasama. Hal ini bisa membantumu memetakan skala prioritas media partner yang mana yang harus kamu tuju duluan. Kamu juga bisa melengkapi list ini dengan column berisi keterangan status kerjasama. Dengan cara ini, kamu bisa dengan mudah memonitor penyebaran proposal media partnership dan lain sebagainya. 


Tips kedua mencari media partner untuk event: Pilih media yang tepat

Sudah punya list database media partner untuk event mu? Yuk, pilah dan pilih lagi mana media yang tepat untuk mempromosikan eventmu. Setiap media punya style dan target audiens yang berbeda. Ada media yang secara khusus membahas hobby, ada juga yang spesifik membahas tentang event, seperti Seputar Event, Info Pensi, Event Banget, dan lain sebagainya. 

Nah, jangan sampai proposal media partner untuk eventmu salah sasaran! Kurasi dulu media-media yang target audiensnya, citranya, dan juga objektifnya mengkomunikasikan hal yang sama dengan eventmu. Misalnya, jika event kamu beauty class, cari media partner yang target audiensnya wanita, atau yang lebih spesifik seperti beauty enthusias. 


Tips ketiga mencari media partner untuk event: Perhatikan penawaran kerjasama

Target media partner untuk event sudah jelas. List sudah rapih, prioritasnya juga sudah tersusun. Kini, saatnya kamu menyusun penawaran apa saja yang bisa kamu berikan pada calon media partner untuk eventmu. Bikin kerjasama-kerjasama yang bisa menguntungkan kedua belah pihak. 

Cobalah berpikir lebih kreatif dalam menyusun penawarannya. Perhatikan kira-kira faktor apa yang bisa membedakan event kamu dengan yang lainnya. Apa keistimewaan eventmu? Lalu, apa penawaran yang cuma ada di eventmu dan tidak dapat diberikan oleh event lainnya? 

 

Tips keempat mencari media partner untuk event: Bikin proposal yang stand out

Jika kamu sudah bisa menjawab pertanyaan di atas dan menyusun penawaran kerjasama yang unik, kamu bisa lanjut ke poin ini! Susun penawaran kerjasamamu dengan proposal yang stand out. Kamu nggak tahukan berapa banyak proposal yang diterima calon media partner untuk eventmu setiap harinya? Makanya, proposal kamu harus lebih menonjol dari yang lain.

Pastikan desain proposalmu rapi, menarik, dan to the point. Jika media partner punya style kekinian dan target audiensnya millenials, gunakanlah bahasa yang sesuai. Kamu bisa menyusun proposal dengan bahasa yang kasual, unik, namun tetap sopan dan profesional. Selipkan juga foto-foto pendukung yang memperlihatkan keseruan eventmu sebelumnya agar calon media partner lebih tertarik.


Tips kelima mencari media partner untuk event: Selalu cermat dalam membaca MoU

Kerjasama super oke, proposal super kece, meeting sama media partner juga berjalan super lancar. Lalu, apa yang kurang? Tutup semua strategi kerjasama media partner untuk eventmu dengan cermat. Jangan lupa untuk menyusun dan membaca MoU dengan teliti.

Jangan asal copy paste doang dari MoU event terdahulu! Setiap acara dan masing-masing mitra kerjasama pasti punya poin perjanjian yang berbeda. Jangan sampai kamu skip sedikit dan menyesal di hari kemudian. Apalagi, MoU itu adalah jembatan hukum kamu saat ada kejadian yang tidak diinginkan perihal kerjasama lho!


Yuk, aplikasikan tips mencari media partner untuk event yang sudah dirangkum oleh Loket.com! Lalu, jangan lupa juga untuk permudah persiapan penjualan tiket event dengan Loket.com. #RayakandenganLOKET!

media partner

profile
Dila

Part-time writer, full-time dreamer

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang