Maskot Asian Para Games 2018: Mari Berkenalan dengan Momo!

08 Oktober 2018, Penulis Dila

Kategori Artikel: Insight

Setelah mengetahui tentang cabor Asian Para Games 2018, kini saatnya kamu mengenal maskot Asian Para Games 2018! Asian Para Games dan Asian Games 2018 memang sama-sama momen bersejarah Asia, tapi keduanya memiliki sisi spesial yang berbeda. Bukan hanya dari pesertanya, tetapi juga dari pesan yang ingin disampaikan.

Asian Games 2018 telah usai dan berhasil menggugah semangat sportivitas maupun persatuan dari negara yang berpartisipasi. Kini saatnya Asian Para Games 2018 dimulai! Membawa inspirasi dan tekad kuat dari para atlet untuk melawan keterbatasan dan membawa harum nama bangsanya, Asian Para Games 2018 pun tampil dengan citra berbeda. Maskot yang dipilih untuk merepresentasikan misinya tersebut pun bukan Bhin-bhin, Kaka, dan Atung.

Yuk, berkenalan dengan maskot Elang Bondol Asian Para Games 2018!

Apa makna di balik pemilihan maskot Asian Para Games 2018?

Maskot Asian Para Games 2018

Sudahkah kamu mengenal sosok binatang lucu maskot Asian Para Games 2018 yang selalu hadir disetiap pawai obor? Ia adalah si Momo Elang.

Jika Bhin-bhin, Atung, dan Kaka merupakan representasi dari Bhineka Tunggal Ika, nama Momo sendiri merupakan singkatan dari ‘Motivasi’ dan ‘Mobilitas’. Motivasi diartikan sebagai tekad untuk terus melangkah ke depan, sedangkan mobilitas adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan di dunia.

Elang Bondol dianggap merepresentasikan sosok yang kuat, berani, mampu bertahan walaupun diterpa perubahan, dan memiliki jiwa tangguh sang petualang. Wah, ternyata maskot Asian Para Games 2018 punya makna yang dalam ya Event Enthusiast!

Momo juga menggambarkan budaya Indonesia

Maskot Asian Para Games 2018

Tidak hanya memiliki makna yang menginspirasi, sosok Momo si maskot Asian Para Games 2018 pun turut mencitrakan kebudayaan Indonesia.

Mungkin tidak banyak yang menyadarinya, tetapi sosok Elang Bondol merupakan fauna khas budaya Betawi yang menjadi rumah penyelenggaraan ajang kompetisi inspiratif terbesar se-Asia ini. Kostum yang Momo kenakan pun turut mempertegas hal itu. Sarung hijau dan syal bermotif adalah kostum khas sosok jawara Betawi.

Untuk kamu yang belum tahu, istilah ‘Jawara’ dalam budaya Betawi dimaknai sebagai jagoan Betawi atau dengan kata lain juara. Hal ini pun dapat dianggap sebagai harapan bahwa Indonesia dapat menjadi juara di rumahnya sendiri. Apakah kamu setuju dengan harapan tersebut?

Itulah pesan dan makan di balik pemilihan Momo sebagai maskot Asian Para Games 2018. Jadi setelah mengetahui informasi ini, apakah kamu semakin tidak sabar menantikan perhelatan akbar kompetisi olahraga disabilitas se-Asia ini?


Yuk, update terus informasi mengenai tiket Asian Para Games 2018 di sini dan siap-siap berikan dukunganmu untuk Para Inspirasi Indonesia!

Kumpulan Foto & Video

Artikel Pilihan