image GoTix "Jual Tiket Event Online, Kenapa Harus Ribet?"

loket inspire

GoTix "Jual Tiket Event Online, Kenapa Harus Ribet?"

12 Jul 2019 - Penulis Nabila

Hai Event Creator, pernah nggak kamu ngerasain konsep event sudah matang, tapi nggak ada yang datang? Waduh, sedih banget kalau hal kayak gitu kejadian. Jangan-jangan kamu memang sudah kerja keras, tapi belum kerja pintar.

Gimana sih cara kerja pintar? Event Creator harus pikirkan nih cara jual tiket online secara efektif, alias harus punya strategi. Tenang saja, pendistribusian dan penjualan tiket memang hal yang tricky dalam menyukseskan sebuah event. Beruntungnya, di LOKETalks “Strategi Jual Tiket Lebih Luas, Biar Event Creator Puas”, Loket.com sudah melakukan wawancara eksklusif bersama Cut Dina Oktaviani, Head of Marketing GO-TIX.

Yuk simak gimana gimana cara jual tiket online a la GO-TIX


Cara Jual Tiket Online: Content 

Untuk apa bikin konten susah-susah kalau nggak ada yang ngerti? Nah, yang penting untuk diperhatikan dalam membuat konten adalah apakah orang yang membaca bisa paham atau nggak. Di GO-TIX, yang menjadi tantangan adalah menjual event dengan topik yang berat, tetapi harus tetap menggunakan bahasa yang sederhana. Semakin orang paham konten yang dibikin, semakin besar juga peluang tiketmu terjual.


Cara Jual Tiket Online: Know your audiences

Coba bayangkan dengan siapa kamu bicara. Siapa sih yang potensial untuk beli tiket event-mu? Apa yang mereka sukai? Apa yang lagi hits di kalangan mereka? Pokoknya kamu harus kepoin audiens lebih rajin, daripada kamu kepoin mantan #ups.


Cara Jual Tiket Online: Moments

Di dunia penjualan tiket event, kamu nggak bisa mendapatkan momen yang sama dua kali. Kamu juga harus membangun hype event tersebut. Apalagi kalau bahas penjualan tiket konser musik. Nggak mau dong kelewatan pengumuman line up konser musik yang kamu jual. 


Cara Jual Tiket Online: Maximize your potential assets

Sebelum membuat strategi penjualan tiket, kamu bisa membuat daftar aset yang dimiliki. Dari situ, kamu bisa lanjut menentukan langkah strateginya. Perlu diingat, data itu penting banget. Jadi, jangan malas untuk mengolah data ya. Misalnya di GO-TIX yang memiliki data dari GO-JEK, GO-TIX bisa mengirim notification konser musik ke orang-orang yang sering berkendara ke tempat auditorium yang biasa dijadikan lokasi konser.


Cara Jual Tiket Online: A B Testing

Untuk apa sih melakukan A B Testing? Layaknya seorang profesor di dalam laboratorium, untuk membuat strategi paling ciamik juga dibutuhkan banyak percobaan. Jangan batasi diri kamu untuk mencoba banyak hal. Misalnya, lakukan tes untuk menemukan the perfect potion di hari apa tiket paling laku terjual, lewat media apa, di jam berapa.


Cara Jual Tiket Online: Gimmick

Ada banyak cara untuk mencuri hati pembeli, salah satunya penggunaan gimmick. Dengan menggunakan gimmick, konten penjualan tiketmu jadi lebih ditengok oleh pembeli. Apa aja sih gimmick yang bisa dilakukan? Ada limited time, official, invitation only, dan lain-lain. Kira-kira ada lagi nggak gimmick yang Event Creator tahu?


Cara Jual Tiket Online: Collaboration

Jangan batasi dirimu untuk melakukan kolaborasi dengan pihak lain. Mulai dari brand, komunitas, influencer, dan lain-lain. Kolaborasi membuat gaung tiket penjualanmu jadi lebih luas! Namun, harus tetap hati-hati ya dalam memilih partner untuk kolaborasi. Pilih partner yang sudah terpercaya komitmennya dan memiliki value yang sama. 


Cara Jual Tiket Online: Recommendation

Mark Zuckerberg pernah bilang bahwa “People influence people. Nothing influences people more than a recommendation from a trusted friend”. Pernah nggak kamu penasaran untuk cobain kedai kopi terbaru cuma gara-gara temanmu bilang rasa kopi itu enak? Nah, rekomendasi langsung dari orang yang dikenal memang punya pengaruh yang besar. Dibilang ada makanan enak, mau cobain. Dibilang filmnya seru, mau nonton. Dibilang acaranya bagus, mau datang. The power of recommendation indeed!


Gimana? Kira-kira ada cara yang bisa kamu pakai nggak nih dari GO-TIX? GO-TIX memang sukses menjadi salah satu mitra penjualan tiket LOKET. Setelah ini kamu bisa lebih lihai dong kalau mau jadi orang di balik penjualan tiket. Kamu juga bisa loh menjadi mitra penjualan tiket event yang terdaftar di LOKET dengan cara mendaftarkan diri di link berikut. Selamat mencoba!

bikin event

profile
Nabila

Content Strategist

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang