image Mau Jadi Kru Event? Harus Tahu Cara Menangani Kerumunan Dulu!

loket edu

Mau Jadi Kru Event? Harus Tahu Cara Menangani Kerumunan Dulu!

06 Nov 2019 - Penulis Nabila

Bekerja sebagai kru event memang terlihat menyenangkan. Kerja sambil ikut seru-seruan datang di event yang lagi ditangani. Apalagi kalo event-nya konser musik, bonus ikut nonton penyanyi yang sudah ditunggu-tunggu seluruh pengunjung. 

Namun, itu baru bagian senangnya saja, lho! Gimana ya kalau ada pengunjung yang kebingungan di pintu masuk event? Pengunjung yang protes? Atau ada permasalahan teknis di pintu masuk? Di sini peran kru event diuji nih untuk selalu sigap dan jadi problem solver di setiap event yang ia tangani.

Simak dulu tips menangani kerumunan besar dari LOKET, biar kamu bisa jadi kru event yang handal!

Cara kru event menangani kerumunan: Kenali pengunjung kamu dengan baik



Patut disadari kalau berbeda jenis event, maka berbeda pula jenis pengunjung yang ditangani. Tips pertama untuk menjadi kru event yang profesional adalah mengenali pengunjung dengan baik. Identifikasi pengunjung bisa kamu lakukan dengan melihat hal-hal dasar berikut ini: jenis kelamin, usia, kegemaran, dan berapa jumlah pengunjung yang datang. Khusus untuk event-event yang didukung oleh teknologi LOKET seperti scan tiket, maka penting untuk mengetahui apakah pengunjung sudah melek teknologi atau belum. 

Pastinya beda dong cara menghadapi kumpulan ibu-ibu yang datang ke konferensi dengan kumpulan remaja yang datang ke konser musik. Di sini lah pentingnya seorang kru event untuk mengenali pengunjung.


Cara kru event menangani kerumunan: Observasi sebelum bertindak



Seorang kru event harus siap dengan kondisi apapun. Walaupun kondisi chaos adalah kondisi yang dihindari sejak awal perencanaan event, tetapi kru event juga harus siap untuk menangani kondisi tersebut. Tindakan yang harus diambil ketika menghadapi suatu permasalahan adalah tetap tenang. Hati tenang dan otak jernih akan menghasilkan solusi. Lakukan observasi terlebih dulu sebelum memutuskan tindakan yang akan diambil. 


Cara kru event menangani kerumunan: Memahami SOP dengan jelas dan rinci



Apa sih SOP itu? Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah pedoman atau urutan langkah-langkah untuk melaksanakan tugas sesuai dengan fungsi dan bertujuan untuk mendapatkan hasil kerja yang efektif. 

Kalau nggak ada SOP bisa kacau nih kerjaan! Soalnya SOP jadi acuan pertama untuk kru event mengambil tindakan. SOP bisa mengurangi miskomunikasi antar kru event loh! Kebayang kan enaknya kalau semua kru event sudah punya pemahaman yang sama terhadap prosedur kerja. Misalnya, prosedur memasuki pintu masuk event. 


Cara kru event menangani kerumunan: Inisiatif untuk mencari akar masalah



Event bisa berjalan sukses karena ada kolaborasi antar kru event. Apalagi kalau masing-masing kru event memiliki inisiatif yang tinggi. Nah, salah satu tindakan inisiatif yang penting banget dilakukan adalah mencari akar masalah. 

Kalau bingung, kamu bisa memulai dengan pertanyaan “kenapa itu bisa terjadi?”, setiap jawaban yang keluar jangan lupa untuk dipertanyakan kembali “kenapa” biar akar masalahnya ketemu. Misalnya, ada antrian panjang di pintu masuk. Setelah ditelusuri, alat scan lancar-lancar saja, kru juga sigap, terus apa dong permasalahannya? Ternyata antrian terjadi karena pengunjung baru mengeluarkan e-ticket dari tasnya ketika ada pas di depan pintu. Nah, sebagai kru event, kamu perlu menyosialisasikan kepada seluruh pengunjung agar menyiapkan tiket di tangan dari awal memasuki antrian.

Empat tips di atas bisa banget nih jadi langkah awal kamu untuk jadi kru event yang handal. Tips di atas juga bisa menjadi acuan untuk event creator yang mau memiliki kru event yang bisa diandalkan. Soalnya konsep event yang matang bisa berakhir kacau kalau nggak didukung kru event yang handal. Di mana ya tempat untuk mendapatkan kru event profesional?



Di LOKET, kru event merupakan bagian dari layanan kru profesional dalam LOKET On Ground. Kru profesional dari LOKET sudah berpengalaman menangani berbagai jenis event, mulai dari Asian Games 2018, We The Fest, konser-konser artis mancanegara, dan masih banyak lagi. Kalau sudah begini, semua pengunjung bisa puas karena mendapatkan pelayanan yang sama-sama maksimal! Asik kan? 

Klik di sini untuk informasi lebih lengkap tentang LOKET On Ground!


kru event bikin event

profile
Nabila

Content Strategist

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang