image Resep Sukses Bikin Konser Online Unik Menurut Erwin Gutawa!

loket inspire

Resep Sukses Bikin Konser Online Unik Menurut Erwin Gutawa!

18 May 2020 - Penulis Nabila

               “Kondisi seperti ini tidak perlu menjadi hambatan kreativitas. Lewat musik, kita justru memiliki kemampuan untuk menyampaikan pesan, menyatukan perasaan, dan menghibur banyak orang.” 

                                   -Erwin Gutawa, Konser Orkestra di Rumah 

Pandemi COVID-19 memang banyak membawa perubahan. Rencana Erwin Gutawa untuk menggelar beberapa konser pun harus ditunda terlebih dahulu. Namun, hal tersebut tidak membuatnya menyerah dengan keadaan. 

Di akhir Maret 2020, Erwin Gutawa bersama timnya mulai memikirkan konsep konser online. Persiapan dilakukan selama 2-3 minggu. Mulai dari mengumpulkan 50 musisi orkestra, menentukan lagu-lagu yang akan dibawakan, membuat aransemen, sampai mengembangkan konsep kreatif dan unik. 

Setiap konser Erwin Gutawa memang meninggalkan kesan tak terlupakan untuk penonton baik itu konser musik online maupun offline. Konser terbarunya yang dilakukan online berhasil ditonton oleh lebih dari 5000 pengunjung. Apa resep Erwin Gutawa untuk membuat konser musik yang sukses? Yuk, simak cerita lengkapnya di bawah ini!

Konser Bukan Sekedar Musik

Walaupun musik merupakan suguhan utama dalam sebuah konser, Erwin Gutawa menekankan pentingnya pemilihan konsep, lagu, dan alur cerita dalam sebuah konser. Tentunya hal tersebut juga berlaku ketika membuat sebuah konser musik online. Erwin Gutawa memang handal dalam membuat konsep konser musik yang unik. Misalnya, pada November 2019 ia mengadakan konser bertajuk Chrisye Live Tour 2019 by Erwin Gutawa. Konser tribute terhadap Chrisye tersebut benar-benar menghadirkan sosok Chrisye dalam bentuk multimedia.

Nggak berhenti sampai di situ, kondisi pandemi COVID-19 tidak menjadi halangan untuk Erwin Gutawa mengusung konsep konser musik menarik. Di Konser Orkestra di Rumah bersama Tulus yang diadakan 19 April 2020, Erwin Gutawa dan tim menjadikan lagu “Manusia Kuat” sebagai lagu penutup sekaligus dedikasi untuk tenaga medis dan para pekerja garda depan yang menangani COVID-19. Lagu tersebut semakin membuat terharu, ketika disandingkan dengan cuplikan foto dan video tenaga medis yang sedang berjuang. “Saya percaya musik itu punya kekuatan yang dahsyat, apalagi kalau ditambah pesan-pesan yang kuat”, jelas komposer Indonesia ternama ini. 

               
               

Selanjutnya, bersama 50 musisi orkestra lainnya, Erwin Gutawa akan mengadakan Konser Orkestra di Rumah berkolaborasi dengan Afgan. Kali ini konsep yang diusung adalah lantunan lagu-lagu yang penuh dengan lirik kebaikan dan doa. Ada kejutan apa lagi di konser kali ini? Jangan sampai ketinggalan, beli tiket Konser Orkestra Rumah bersama Afgan di sini!

               Baca juga: Rahasia Jouska membuat workshop online sukses

Pesan untuk musisi tanah air di kala pandemi

Kondisi pandemi memang bukan kondisi yang ideal untuk melakukan konser offline, tetapi ini bukan berarti menjadi hambatan kreativitas untuk tetap berkarya. 

“Sesungguhnya lewat musik, kita justru memiliki kemampuan untuk menyampaikan pesan, menyatukan perasaan, dan menghibur banyak orang”, begitu pesan Erwin Gutawa untuk seluruh musisi Indonesia dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Untuk memaksimalkan konsep konser onlinenya yang unik, Erwin Gutawa menggunakan LOKET Live sebagai streaming platform konsernya. LOKET Live adalah sebuah inovasi layanan komprehensif yang mengintegrasikan sistem manajemen tiket dengan streaming video dalam satu platform.

“Menurut saya, LOKET Live merupakan sebuah terobosan. Sebuah pilihan baru, atau bahkan masa depan, dalam menggelar sebuah konser.”, ungkap Erwin Gutawa. 

Menurutnya, bukan mustahil di masa depan konser nggak lagi dibatasi oleh gedung pertunjukan. Virtual venue seperti LOKET Live akan menjadi budaya baru dan Erwin Gutawa merasa senang bisa menjadi yang pertama kali bekerjasama dengan LOKET Live.

Untuk para event creator yang ingin menggunakan LOKET Live sebagai streaming platform event onlinemu, silahkan hubungi LOKET melalui email [email protected]. Yuk, bikin #EventOnlineAja!

Baca juga: Mau bikin event? Cek konsep event online menarik ketika masa pandemi

bikin event online event online corona di rumah aja tetep produktif

profile
Nabila

Content Strategist

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang