image Pemula Gak Bisa Investasi? Siapa Bilang! Ini Tips Investasi Bagi Pemula

loket wiki

Pemula Gak Bisa Investasi? Siapa Bilang! Ini Tips Investasi Bagi Pemula

12 Nov 2021 - Penulis Winda

Pernah gak sih kamu penasaran, bisa gak investor pemula berinvestasi? Jawabannya, bisa. Investasi itu bisa dilakukan siapa saja asal memiliki keinginan untuk belajar. Investasi merupakan sesuatu yang penting karena selain sebagai penghasilan tambahan dari pendapatan pokok, investasi juga merupakan bekal masa depan. Jadi kamu harus berusaha melakukan investasi dari usia semuda mungkin. Rita Effendy, salah satu co-founder dari Indonesia Investment Education (IIE) menjelaskan tips dan hal apa saja yang dibutuhkan oleh seorang investor pemula.

Karakter yang Dibutuhkan Investor

Seorang investor pemula harus memiliki karakter positive thinking, sabar, pantang menyerah, konsisten, rajin, dan selalu memantau perkembangan investasinya. Karakter seperti ini dapat membantu seorang investor untuk memiliki portofolio baik dalam investasinya.

Langkah Awal Seorang Investor Pemula Berinvestasi

Langkah awal seorang investor untuk sukses berinvestasi adalah selalu rajin mengikuti edukasi investasi. Karena kamu baru saja memasuki dunia investasi, tentu penting untuk mendukung perjalanan kamu ini dengan edukasi yang matang. Luangkan waktu untuk mendapatkan informasi, berita, dan rumor mengenai investasi. Pola pikir untuk mendapatkan cuan dalam waktu cepat juga salah. Menurut Rita, “Jangan memiliki pola pikir, hari ini investasi dan hari ini cuan. Karena itu namanya bukan investasi tapi spekulasi.”


Baca Juga: Istilah dalam Saham Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Investasi


Hal Paling Penting Dalam Berinvestasi

Apa hal yang paling penting dalam berinvestasi? Hal paling penting dalam berinvestasi adalah memahami risk profile kamu. Pahami kategori risk profile kamu dan berinvestasi sesuai dengan risk profile tersebut. Jika kamu adalah orang dengan low-risk profile, maka jangan mencoba melakukan investasi di instrumen yang high-risk dan high-return. Karena kalau profil kamu adalah low-risk, pasti merasa stress dan takut ketika sahamnya turun. Akibatnya, kamu bisa-bisa melakukan keputusan impulsif dan langsung cut loss investasi kamu itu.

Bagi kamu yang memang masih pemula dalam berinvestasi, IIE menyediakan edukasi investasi yang cocok untuk kamu. Komunitas yang didirikan oleh Kartika Sutandi, Rita Effendy dan Yudi Chen ini dimaksudkan untuk memberikan edukasi kepada ritel untuk mendapatkan akses ke emiten-emiten. IIE sudah berdiri sejak 2020 dan seringkali membuat event webinar tentang edukasi investasi.

Target sasaran IIE adalah smart ritel yang baru belajar dan ingin belajar. IIE menyediakan berbagai macam kelas, mulai dari kelas fundamental, kelas technical, crypto, swing traders dan masih banyak lagi.

Tertarik? Masih ragu? Tenang, event yang diadakan oleh IIE bisa diikuti oleh kamu yang pemula sekalipun. Asalkan kamu memiliki keinginan untuk membekali diri dengan edukasi investasi sebelum memulai, kamu pasti bisa investasi juga!


Baca Juga: Belajar Saham Yuk! Biar Gak Salah, Belajarnya Bareng Cuan Festival aja!


Belakangan ini, banyak juga kok investor muda yang terjun ke dunia investasi. Data menunjukan kenaikan 50% jumlah investor saham year to date di 2021 dengan lebih dari 5 juta Single investor identification yang terdaftar. Yang menariknya lagi, 58% investor adalah kalangan milenial dan Gen Z. Ini menunjukan bahwa  masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya  investasi  sedari dini. Bahkan, sekarang bermunculan gerakan FIRE, yaitu Financial Independence Retire Early yang semakin memicu terus pertumbuhan investor retail di Indonesia. 

Di Loket.com, kamu gak akan kekurangan event untuk belajar investasi, terutama kalau kamu masih muda atau pemula. Ada event Cuan Festival dari IIE yang berlangsung pada 13, 14, 20, dan 21 November, ada juga belajar investasi Webinar Saham Finansialku: STRATEGI Cuan di Pasar Saham dengan Metode ala Profesional dan Webinar Reksadana Finansialku: Bedah Produk Reksa Dana Pilihan untuk Pemula Hingga Expert dari Finansialku.com.

Banyak kan eventnya? Jangan lupa untuk cek Loket.com sering-sering ya, karena banyak event seru lainnya yang bisa kamu ikuti. Klik di sini untuk liat event-event Loket.com lainnya!

Investasi & Saham

profile
Winda

Content Strategist at LOKET

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang