image Budget Bukan Masalah, Contek Ide Pensi Sederhana tapi Keren di Sini!

loket edu

Budget Bukan Masalah, Contek Ide Pensi Sederhana tapi Keren di Sini!

11 Mar 2020 - Penulis Dila

Sudah menjadwalkan pensimu dalam waktu dekat? Biasanya sih, pentas seni mulai ramai diadakan pada bulan September hingga Oktober. Di awal tahun, panitianya pun baru mulai dibentuk. Kemudian, susunan acara pentas seni pun mulai dimatangkan dan proposalnya mulai disebar.

Sebelumnya, Loket.com juga sudah merangkum inspirasi tema pentas seni untukmu. Tips mengundang guest star untuk mengisi pensi dan juga apa yang paling dicari oleh calon sponsor juga sudah dibocorkan. Kini, saatnya lengkapi persiapanmu dengan melihat contekan susunan acara pentas seni.

Kata siapa pentas seni sekolah harus megah biar terlihat keren? Bikin pensi itu kuncinya kreasi, bukan gengsi. Jangan terpaku hanya dengan guest star terpopuler. Konten acara yang menarik dan unik adalah yang terpenting untuk pensimu.

Apalagi, tujuan utama penyelenggaraan pentas seni adalah mewadahi minat dan bakat siswa sekolahmu. Pensi adalah wujud promosi dan unjuk diri. Jadi, jangan sampai salah kaprah dan kurang fokus pada tujuan utama. 

Biar budget tipis, hasilnya tetap manis. Yuk, ikuti ide pensi sederhana tapi keren berikut ini!


  • Bikin pensi sederhana tapi keren dimulai dari kekompakan panitianya
    Tidak ada yang mustahil dilakukan, jika panitia pentas seni sekolahmu sudah kompak. Panitia pensi wajib memahami dan menyetujui tujuan dari penyelenggaraannya terlebih dahulu. Setelah mencapai kesepakatan, kalian akan menuju ‘goal’ yang sama, walaupun dalam pelaksanaanya caranya bisa berbeda.

    Setelah setuju akan tujuan yang satu, barulah masing-masing divisi kepanitiaan pensi membuat plan dari yang paling optimis, pesimis, hingga yang paling realistis dilihat dari anggarannya. Dengan begitu, pensi sederhana mu akan tetap terlihat keren karena sesuai dengan target yang ingin dicapai.



  • Bikin pensi sederhana tapi keren dicapai dari penggalangan dananya
    Kalau berbicara tentang kesederhanaan, penggalangan dana adalah aspek terpentingnya. Jika kamu berniat untuk bikin pensi keren yang terlihat profesional, jangan cuma mengandalkan sponsorship sebagai lumbung pendanaannya.

    Ada beragam cara yang bisa kamu lakukan. Salah satu cara yang paling populer adalah dengan membuat kas antar angkatan. Setiap angkatan diberikan jumlah dana tertentu untuk dikumpulkan beberapa bulan sebelum pensi. Namun, jangan pernah menjadikannya sebagai pendapatan utama ya. Nanti kamu tekor sendiri. Jadikan uang kas sebagai modal awal untuk ‘danusan’ (Dana Usaha). Misalnya, dengan berjualan cemilan, menjual bunga di moment-moment spesial, atau membuka kios kecil di Car Free Day. Cara penggalangan dana sederhana ini, jika dilakukan dengan sungguh-sungguh akan menghasilkan jumlah yang lumayan lho!



  • Bikin pensi sederhana tapi keren harus punya tema acara unik
    Panitia sudah kompak, pencarian dana sudah maksimal, lalu apalagi? Tema acara unik untuk pensi sederhana bisa jadi senjata rahasia. Kebanyakan pensi akan mengambil tema musik, atau menggunakan nama unik. Akan tetapi, belum banyak yang menggunakan tema out of the box sebagai kunci kesuksesannya.

    Sebagai contoh, festival barang bekas adalah tema pensi sederhana, tapi keren lho! Dengan tema ini, kamu akan lebih menghemat dana dekorasi, tak perlu menyewa tempat, dan pastinya banyak brand yang akan tertarik sebagai sponsormu. Apalagi, belakangan ini semangat cinta lingkungan sedang menggebu-gebu. Membuat galeri instalasi seni dari barang bekas akan membuat siswa sekolahmu semakin semangat berkreasi. Selain itu, kamu juga bisa bikin perlombaan foto dan share ke sosial media di instalasi seni dari barang bekasmu. Popularitas sekolah jadi meningkat dan banyak yang mau datang.



  • Bikin pensi sederhana tapi keren gak harus undang guest star ‘Wah’
    Kebanyakan siswa sekolah hanya berfokus menyelenggarakan pensi dengan guest star yang ‘wah’. Padahal itu bukan satu-satunya cara bikin pensi sekolah jadi keren. Salah satu cara bikin pensi sederhana, tapi berkesan dapat dilakukan dengan menyiapkan penampilan terbaik dari ekstrakurikuler. 

    Ekskul tari sekolahmu bisa mempersiapkan pertunjukan keren ala hollywood. Ekskul PMR, silat, atau karate sekolahmu juga bisa mempersiapkan pertunjukkan aksi super keren berbalut drama. Tanpa adanya guest star, bermodal kreativitas, sound system, dan pengaturan lighting yang apik dapat membuat pensi sederhana, tapi keren. Mau coba?


  • Bikin pensi sederhana tapi keren gak melulu harus gelar konser musik
    Seperti penjelasan di atas, nggak selamanya pensi keren harus ada konser musiknya. Dengan mencari cara kreatif lainnya dan mengadakan konser musik, kamu bisa menghemat biaya untuk guest star musik dan panggung. 

    Sebagai pengganti musik, lomba tari, cheerleader, marching band, dan perkusi bisa jadi alternatif. Jika mau acara yang lebih mainstream, perlombaan olahraga juga sering kali dihadirkan dalam konten utama acara pensi. 



Gimana? Ada banyak cara bikin pensi sederhana, tapi keren. Nggak perlu bergantung pada budget dan guest star yang ‘wah’. Kuncinya adalah kreatifitas. Begitu juga dengan cara promosi dan penjualan tiket pensimu!

Dengan Loket.com, penjualan tiket pensi gak bakal makan waktu dan butuh banyak panitia yang bertanggung jawab. Semua penjualannya akan tercatat secara otomatis. Update tiket terjual juga dilaporkan secara real-time dan bisa diakses dari mana saja. Cukup dua sampai tiga orang, bisa dicek sesekali setelah pulang sekolah. Jual tiket pensimu di Loket.com saja!

Cobain sekarang!


bikin event pensi

profile
Dila

Part-time writer, full-time dreamer

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang