image Ini Dia 11 Festival di Jepang Yang Paling Populer

loket wiki

Ini Dia 11 Festival di Jepang Yang Paling Populer

20 Jul 2022 - Penulis Winda

Kamu sudah mulai terkena demam festival? Maraknya festival di tahun ini dijamin bikin FOMO kalau kamu gak ikut beli. Ngomong-ngomong tentang festival, Jepang merupakan negara yang dikenal dengan berbagai festival budayanya. Festival atau matsuri Jepang ini sangat terkenal hingga menjadi salah satu tujuan pariwisata, lho.

Festival ini kebanyakan adalah perayaan sakral dan berhubungan dengan legenda, meskipun ada banyak juga yang merupakan ajang hiburan, baik bagi warga setempat maupun wisatawan.

Di blog ini, kita akan membahas tentang beberapa festival di Jepang yang terkenal ke mancanegara. Yuk, baca terus.

10 Festival Yang Terkenal di Jepang 

1. Festival Salju Sapporo/ Sapporo Yuki Matsuri (Awal Februari)


Source: www.japaneseguesthouses.com

Festival salju ini memperlihatkan berbagai karya pahatan es raksasa dengan detail yang luar biasa. Festival ini bertujuan untuk merayakan musim salju ekstrem dengan cara menyenangkan. Berbagai lomba pahat es ini menghadirkan kontestan dari mancanegara. Lokasinya di Sapporo, tepatnya di Taman Odori. Di distrik Higashi, karya ukiran es juga ditampilkan di Susukino dan Tsu Dome. 

2. Festival Awa Odori (Pertengahan Agustus)


Source: insidejapantours.com

Awa Odori merupakan festival tari tradisional terbesar di Jepang yang diadakan di kota Tokushima, Prefektur Tokushima, Shikoku. Awa Odori berlangsung selama beberapa hari pada pertengahan Agustus dan sudah diadakan lebih dari 400 tahun. Banyak kedai makanan jalanan (yatai) di sekitar area sungai, tribun tempat duduk untuk menonton tarian, dan seluruh area kota Tokushima menampilkan suasana festival yang semarak.

3. Festival Aomori Nebuta Matsuri (Agustus)


Source: www.matcha-jp.com

Festival Aomori Nebuta adalah perayaan tradisional yang diadakan setiap tahun di Prefektur Aomori, yang terletak di wilayah Tohoku utara dan merupakan tradisi lama di Jepang. Selama acara spektakuler ini, lentera raksasa (disebut "nebuta") berparade di sepanjang jalan utama di Kota Aomori.

Ciri khas lain dari Festival Nebuta adalah riuh tarian yang dibawakan oleh penari yang disebut haneto

Waktu pelaksanaan festival: 2 - 7 Agustus 

4. Festival Gion Matsuri (Juli)


Source: livejapan.com

Diadakan setiap tahun pada bulan Juli di Kyoto, Festival Gion Matsuri adalah salah satu festival terkenal dan terbesar di Jepang. Festival ini merupakan bagian dari kepercayaan Shinto asli Jepang dan tujuan awalnya adalah untuk memberikan persembahan kepada dewa dan mencegah wabah. Banyak acara festival berlangsung di Distrik Kimono di pusat Kyoto dan di Kuil Yasaka. Kuil Shinto Yasaka adalah kuil pelindung festival yang terletak di distrik Gion, asal dari nama festival tersebut.

5. Festival Lentera di Nagasaki (Januari/Februari)


Source: travel.at-nagasaki.jp/

Festival Lentera Nagasaki berlangsung setiap tahun dari 1 Januari kalender lunar (Tahun Baru Imlek) hingga 15 Januari dan berlangsung selama 15 hari kegiatan. Selama waktu ini, mirip dengan Festival Lentera di Tiongkok, lebih dari 15.000 lentera menghiasi Shinchi Nagasaki, Arkade Hama-ichi dan Kanko Dori, serta bagian kota lainnya. 

Waktu pelaksanaan festival lentera di Nagasaki: Setiap perayaan tahun baru imlek.

6. Festival Kanda Matsuri (Mei)


Source: www.japan-guide.com/

Kanda Matsuri adalah salah satu festival Shinto terbesar di Tokyo. Festival berlangsung 6 hari tetapi acara utama berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu. Arak-arakan ratusan mitoshi (usungan sakral) diadakan melalui distrik Kanda di sekitar Nihombashi, Otemachi dan Marunouchi, termasuk kendaraan hias.

7. Festival Sanja Matsuri (Mei)


Source: https://www.japan-guide.com/e/e3063

Sanja Matsuri adalah festival yang diadakan setiap tahun di Kuil Asakusa di Tokyo pada weekend penuh ketiga di bulan Mei. Dengan tradisi perayaan 700 tahun, festival ini adalah perayaan pendiri Kuil Sensoji, sebuah kuil Buddha besar di Asakusa. Sekitar 2 juta orang mengunjungi Asakusa selama tiga hari untuk Sanja Matsuri. Perayaan yang dihadiri oleh penduduk lokal dan turis ini adalah salah satu festival paling populer di Tokyo. Selama festival Sanja Matsuri ini, sekitar 100 mikoshi (usungan sakral) dari Kuil Sensoji diarak di jalan-jalan Tokyo, yang konon membawa keberuntungan.

8. Festival Doburoku (Oktober - Musim Gugur)


Source: kaname-inn.com

Festival ini, khusus untuk penggemar sake! Alkohol buatan sendiri dilarang di sebagian besar wilayah Jepang, tetapi penduduk kota Shirakawago memiliki izin khusus untuk memproduksi jenis sake yang tidak dimurnikan, Doburoku. Doburoku berwarna putih, kental, dan sangat manis.

Selama festival, minuman ini dipersembahkan kepada dewa gunung setempat sebagai ucapan terima kasih atas perlindungan mereka dan dengan doa untuk panen yang baik. Setelah persembahan, penduduk setempat dengan senang hati akan berbagi Doburoku mereka denganmu, sekaligus ikut dalam perayaan mereka, termasuk lagu, tarian, dan lainnya.

9. Festival Tanabata/ Tanabata Matsuri (Agustus)


Source: japan-guide.com

Festival Tanabata Matsuri, juga dikenal sebagai "Festival Bintang", berlangsung di seluruh Jepang setiap tahun pada tanggal ke 7 pada bulan ke 7 (Kalender Lunar), biasanya dirayakan pada tanggal 6 - 8 Agustus. Selama periode Tanabata, berbagai kota dihiasi dekorasi buatan tangan yang menawan, termasuk bambu, origami, kertas tanzaku, tas renda, dan pita. Orang-orang menulis keinginan mereka di selembar kertas "tanzaku" persegi panjang dan kemudian menggantungnya di daun bambu sambil berdoa.

Festival ini diadakan untuk memperingati kisah legenda China, di mana bintang Altair dan Vega akhirnya bertemu meskipun biasanya mereka terpisah di galaksi bima sakti.

10. Summer Sonic Festival (Agustus/September)


Source: Summer Sonic - timeout.com

Gak cuma festival budaya, festival musik Jepang juga terkenal hingga mancanegara. Festival yang juga disebut Supersonic ini diadakan setiap tahun selama dua sampai tiga hari  di Osaka dan Chiba di Jepang. Line-up nya adalah berbagai musisi rock Jepang dan internasional, sehingga menjadi salah satu tujuan utama wisatawan untuk ke Jepang. 

11. Fuji Rock Festival (July/Agustus)


Source: japantimes.co.jp

Siapa yang belum pernah mendengar festival ini? Fuji Rock Festival adalah festival musik rock tahunan yang diadakan di Naeba Ski Resort, Prefektur Niigata, Jepang. Festival ini berlangsung selama 3 hari dan menghadirkan lebih dari 200 musisi dunia. Penontonnya bisa mencapai puluhan ribu, bahkan pernah mencapai 100.000 penonton pada 2005. 

- - -

Seru-seru banget ya festival di Jepang? Biar gak FOMO juga, kamu bisa beli berbagai tiket festival di LOKET. Mulai dari festival musik, budaya, hingga, berbagai konser, semua ada! Cek event-event terbaru di sini.

festival event jepang

profile
Winda

Content Strategist at LOKET

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang