image Devi Aretta "Ini Senjata Ampuh untuk Mengembangkan Komunitasmu!"

loket inspire

Devi Aretta "Ini Senjata Ampuh untuk Mengembangkan Komunitasmu!"

05 Apr 2019 - Penulis Dila

Kamu punya komunitas tapi bingung cari cara yang tepat untuk mengembangkannya? Nggak perlu khawatir. LOKETalks edisi 13 lalu, Sr. Creative LOKET, Danty Aretta sudah kupas tuntas cara manfaatin event sebagai senjata ampuh untuk mengembangkan komunitas kamu. Wah, seru banget kan. Makanya, jangan sampai kamu ketinggalan sesi bagi-bagi ilmu di LOKETalks. Soalnya, banyak banget ilmu-ilmu baru yang bisa kamu dapatkan dari para speaker inspiratif dan ajang diskusinya.

Eits, tapi tunggu dulu. Sebelum kamu cek jadwal untuk LOKETalks selanjutnya, mending simak dulu nih ulasan tips dari Danty Aretta tentang cara mengembangkan komunitas lewat event berikut!


Kenapa sih event bisa jadi senjata ampuh buat mengembangkan komunitas?

Ini nih yang wajib kamu tahu buat kembangin komunitas kamu! Event kamu manfaatin jadi wadah berkreasi, panggung untuk beraksi, dan sarana buat komunitas kamu mengenalkan diri. Kenapa? karena event adalah cara paling efektif untuk showcase. 

Dengan membuat sebuah event, dalam persiapannya kamu bisa merekatkan hubungan antar anggota komunitasmu. Soalnya, persiapan sebuah event itu butuh kerjasama, kolaborasi, dan ide-ide kreatif dari banyak orang. Pas banget kan untuk meningkatkan rasa kebersamaan anggotamu. 

Sekali tepuk, dua tiga pulau terlampaui. Event juga bisa jadi cara paling efektif untuk mengenalkan komunitas kamu pada khalayak luas. Mungkin, banyak orang lebih memilih menggunakan media sosial sebagai sarana pengenalan komunitasnya. Tapi event punya lebih banyak keunggulan untuk mengenalkan komunitas kamu. Pertama, lewat event kamu bisa kasih tahu gambaran langsung aktifitas yang dilakukan oleh komunitas kamu. Masyarakat juga bisa lihat langsung bagaimana situasi dan kondisi antar anggota komunitasmu. Lewat event, kamu juga bisa bertemu langsung dengan mereka, ngobrol dan mungkin berdiskusi tentang kegiatan komunitasmu. Siapa tahu, mereka langsung tertarik masuk komunitas kamu! Lebih kerennya lagi, bukan hal mustahil jika lewat event yang kamu selenggarakan ada brand yang mau bekerjasama dan mendanai kegiatan komunitas kamu.


Lalu, event apa saja yang dibikin buat untuk mengembangkan event kamu?

Banyak banget! Tergantung objektif dan target audience komunitas kamu. Kalau komunitas kamu sudah cukup besar, tersebar di beberapa daerah, dan sudah berdiri cukup lama, gathering adalah event paling cihuy buat bikin hubungan anggota antar daerah jadi lebih erat. Contoh nyatanya adalah event UNLEASHED yang baru saja diselenggarakan oleh Backstagers Indonesia (Komunitas EO se-Indonesia) dengan dukungan total dari LOKET pada Februari 2019 lalu.

Nah, kalau komunitas kamu lagi asik-asiknya berkarya, sudah saatnya nih karya kamu ikut dikenal sama masyarakat luas. Teater Plot yang baru saja menggelar pertunjukannya di Galeri Indonesia Kaya dengan sistem manajemen tiket LOKET bisa banget kamu contoh. Belum sampai puluhan tahun berdiri, Teater Plot yang merupakan salah satu komunitas teater di Universitas Indonesia memilih event pertunjukan seni sebagai wadah showcasenya.


Bikin event untuk ngembangin komunitas, apa saja sih hal-hal yang perlu diperhatikan?

Pernah dengar istilah “Content is the king”? Istilah ini juga berlaku lho dalam proses pembuatan event. Konten dalam memaksimalkan pemanfaatan event untuk perkembangan komunitas bisa terbagi dalam beberapa hal sebagai berikut:

  1. Konten acara eventmu
  2. Konten pesan promosi eventmu
  3. Konten dan konsep desain promosimu

Kenapa ketiga hal itu? Sederhananya, ketiga hal itu bisa mempengaruhi citra event kamu di mata audience. Ketiga konten tersebut adalah identitas dan pembeda event kamu dengan event lainnya.

Konten acara penting untuk membangun alasan “kenapa mereka harus datang ke event kamu”. Misalnya saja pertunjukkan teater, mereka harus datang agar tahu karya yang dihasilkan oleh komunitas teater tersebut. Konten pesan promosi juga harus diperhatikan. Hal ini adalah poin krusial yang bisa membuat audience tertarik untuk datang ke event kamu. Konten dan konsep desain juga penting. Ibarat kata dari mata jatuh ke hati, dari desain yang unik dan enak dilihat, audience juga bisa kepincut.

Nah, jadi kapan nih komunitas kamu mau bikin event di Loket.com? Rayakan Eventmu dengan Loket.com dijamin banyak untungnya lho. Kami tunggu event keren komunitasmu ya!

bikin event bikin komunitas

profile
Dila

Part-time writer, full-time dreamer

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang