image Indonesia Mengajar "Dari Event, Jadi Gerakan Sosial? Begini Triknya!"

loket inspire

Indonesia Mengajar "Dari Event, Jadi Gerakan Sosial? Begini Triknya!"

01 Jul 2019 - Penulis Nabila

“Merasa gerah akan suatu isu, tapi kok bingung ya harus mulai dari mana? Harus bikin gerakan sosial? Gimana caranya? Emang apa sih gerakan sosial itu? Duh bingunggggg”.

Indonesia Mengajar sebagai yayasan yang bergerak di bidang pendidikan sudah merasakan banyaknya naik dan turun ketika memulai gerakan sosial yang dimulai dari event-event kecil. Ada banyak gerakan sosial yang lahir dari tangan Indonesia Mengajar. Mulai dari Pengajar Muda, Indonesia Menyala, Kelas Inspirasi,  Festival Ikut Bekerja, Ruang Berbagi Ilmu, dan yang terbaru adalah Tembokpedia. Tahu nggak? Sejak tahun 2009, Indonesia Mengajar telah berhasil mengajak lebih dari 200.000 orang untuk terlibat di gerakan-gerakan sosialnya.

Jangan kebakaran jenggot dulu Event Creator! Untungnya di LOKETalks x Indonesia Mengajar, Satria Ugahari (Direktur Indonesia Mengajar) sudah kasih tips dan trik memulai gerakan sosial dari event. Yuk, simak sampai akhir!


Dari event jadi gerakan sosial: Apa manfaat dan dampaknya?

Hal yang paling dasar yang harus kamu pikirkan adalah manfaat apa yang mau kamu kasih. Bisa dimulai dari hal yang sederhana loh, misalnya gerakan sosial Festival Ikut Bekerja yang melibatkan kurang lebih 1000 relawan. Gerakan tersebut diawali dengan keinginan memberi manfaat bacaan buku bagi anak-anak di pelosok, karena ternyata minat baca di sana tinggi hanya saja jumlah buku terbatas.


Dari event jadi gerakan sosial: Aktivitas apa yang mau dibuat?

Buatlah event dengan aktivitas yang membuat orang merasa “Wah ternyata gue bisa melakukan ini!”. Unsur surprise dalam gerakan sosial membuat orang merasa ketagihan untuk terus melakukannya lagi. Misalnya di salah satu turunan gerakan Indonesia Mengajar, Kelas Inspirasi, para profesional diajak untuk turun lapangan ke Sekolah Dasar untuk mengajar selama satu hari, sesuai dengan kemampuan profesional yang dimilikinya.

Banyak orang yang kaget bahwa ternyata dia juga bisa mengajar dan berinteraksi dengan anak-anak di dalam kelas. Akhirnya aktivitas tersebut jadi tombol aktivasi untuk terus bergerak di bidang pendidikan. Melakukan sesuai kemampuan yang dimiliki. Nggak ada lagi deh takut-takut, yang ada malah ketagihan!


Dari event, jadi movement: Perasaan atau kegelisahan apa yang mau ditunggangi?

Sebelum menentukan event-nya, pikirkan dulu bahwa setiap orang peduli akan isu yang berbeda. Nah, kamu tinggal pilih nih kegelisahan apa yang mau kamu angkat. Apakah orang kesal kalau melihat anak sekolah bicara kasar? Apakah orang jengkel kalau melihat pemakaian plastik yang boros? 

Perasaan-perasaan tersebut bisa kamu jawab dengan event gerakan sosial yang mau kamu bangun. Semakin relatable perasaan dengan event gerakan sosial yang kamu bikin, makin kuat deh potensi gerakan sosialmu. Intinya pilih kegelisahan yang bikin orang bilang “Ih itu gue banget!”

Misalnya dari gerakan terbaru Indonesia Mengajar, Tembokpedia. Event dilakukan dengan mengajak anak-anak di sekitar tembok yang dipilih untuk membuat mural bersama. Mural yang digambar menyiratkan pesan yang diangkat dari isu sosial di sekitar lokasi. Tembokpedia ini bisa lahir berangkat dari kegelisahan banyaknya konten negatif yang dikonsumsi anak-anak. Daripada mengutuk keadaan, lebih baik gerak bikin konten positif saja deh! 

Sebagai penutup yang manis, Satria Ugahari bilang bahwa kita harus setia pada cita-cita, tapi jangan lupa bersandar pada realita. Gerakan sosial tanpa cita-cita sama saja kayak berjalan tanpa tujuan, nah di perjalanan, kamu harus sadar setiap langkah yang diambil sesuai dengan kondisi nyata atau enggak.

Kalau kondisinya sekarang modern dan serba praktis, ada cara lain nggak ya kira-kira untuk mengumpulkan massa gerakan sosial? Ada dong! Selain bikin event musik, nobar, open trip, dan banyak event lainnya, Event Creator juga bisa bikin event page gerakan sosial di Loket.com!

Ada fitur Kategori Tiket yang memudahkan kamu untuk mengumpulkan dana gerakan sosialmu. Bikin saja berbagai kategori tiket dengan nama iuran publik, donasi, dan ide unik lainnya. Data relawan langsung terdaftar deh di event page gerakan sosial kamu. Gampang banget kan? Gerakan sosial jadi lebih mudah dijangkau deh sama semua orang.


Yuk, #RayakanKebersamaan gerakan sosialmu dengan LOKET!

bikin event

profile
Nabila

Content Strategist

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.