image Cara Evaluasi Penjualan Tiket Biar Event Selanjutnya Laris Manis

loket edu

Cara Evaluasi Penjualan Tiket Biar Event Selanjutnya Laris Manis

27 Dec 2019 - Penulis Dila

Rutin bikin event? Kalau iya, kamu wajib banget baca artikel yang satu ini sebelum bikin event lagi dalam waktu dekat. Mungkin belum banyak dari kamu yang menyadarinya. Namun, setiap aktivitas penjual-belian tiket event memiliki banyak data yang bisa kamu olah dan evaluasi demi kesuksesan selanjutnya. Jadi, siap belajar bersama lewat artikel ini?

Untuk melakukannya, kamu bisa memanfaatkan Laporan Data Penjualan dan Data Pemesan di Loket.com dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:


Setelah mengunduh kedua data tersebut, kamu bisa mempelajarinya untuk menyusun strategi membuat event selanjutnya laris-manis.  Setiap data, memiliki kegunaan dan manfaat yang berbeda-beda. Oleh karena itu, baiknya kamu meneliti satu persatu data tersebut dan menentukan langkah penjualan terefektif dari hasil pembelajarannya. Berikut beberapa contoh cara mengolah data penjualan tiket dari Loket.com:


Strategi penjualan tiket berdasarkan jenis data

Data Email

Saat membeli tiket event di Loket.com maupun afiliasinya, pengunjung wajib mengisi data diri, termasuk email. Data email mereka pun bisa dimanfaatkan oleh para Event Creator untuk membuat database ‘fans’ event mu. Semakin sering kamu menyelenggarakan event, semakin banyak data email fans yang kamu dapatkan. Nantinya, data ini pun berguna untuk kamu gunakan dalam menyebarkan promosi event selanjutnya melalui newsletter.


Data Waktu Pemesanan

Sudah buka file Excel dari “Data Penjualan” dari Loket.com? Data itu juga mencatat semua waktu pembelian tiket eventmu. Begini contohnya:


Melalui data ini, kamu bisa mengetahui waktu yang paling banyak terjadi pembelian tiket. Dari menganalisa hal ini, kamu bisa mempelajari kapan waktu terbaik untuk mempromosikan eventmu. Contoh data dalam image di atas! Data tersebut menunjukan bahwa semua pembelian terjadi setelah pukul 17:00, yang artinya terjadi setelah office hour. Di sini, kamu bisa menganalisa kebiasaan calon pengunjungmu juga, bahkan mengetahui siapa mereka. 


Data Metode Pembayaran

Sama seperti data sebelumnya, namun kali kamu akan mengetahui payment channel yang digunakan oleh pembeli tiket pengunjung eventmu. Dari data ini, kamu bisa menganalisa dan mencari tahu metode pembayaran mana yang menjadi favorit mereka. Hasilnya, kamu pun bisa menjadikan channel metode pembayaran tersebut sasaran kerjasama untuk membuat promo. Diskon, promo bundling tiket, apapun jenis kerjasamanya, hal ini bisa membantumu menjual tiket lebih banyak atau lebih cepat.


Data Jumlah Tiket yang dibeli Masing-masing Pengunjung

Mengetahui data jumlah tiket yang dibeli dapat membantumu menjual tiket sesuai kebutuhan calon pengunjungmu. Jika calon pengunjungmu menunjukan daya beli seperti data di atas, mungkin tidak akan efektif jika kamu mencoba membundling tiket dalam jumlah banyak. Namun, jika data pembeli tiket eventmu menunjukan sebaliknya, coba analisa lebih jauh. Berapa banyak jumlah tiket yang cenderung dibeli oleh pengunjung eventmu. Buatlah promo dengan membundling sejumlah tiket berdasarkan data eventmu sebelumnya. Hal ini bisa membantumu menjual tiket lebih cepat, karena sesuai dengan daya beli dan kebiasaan calon pengunjungmu.


Semoga ulasan ini cukup membantu untuk menentukan strategi penjualan tiketmu selanjutnya. Nah jika kamu menginginkan ulasan seperti ini lainnya, jangan ragu untuk memberikan saran pada Loket.com melalui social medianya ya! 

Instagram: @loketcom

Facebook: @loketcom

Twitter: @loketcom

Kamu bisa langsung kirim pesan melalui DM dan kami akan dengan senang hati menampung sarannya!

penjualan tiket event

profile
Dila

Part-time writer, full-time dreamer

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang