image Rasis Setiawan "Ini Manfaat Digital Marketing untuk Event mu!"

loket inspire

Rasis Setiawan "Ini Manfaat Digital Marketing untuk Event mu!"

02 Aug 2019 - Penulis Dila

Masih bertanya-tanya manfaat digital marketing untuk event mu? Juli 2019 lalu, LOKETalks datang ke Universitas Nasional bersama Rasis Setiawan (Digital Marketing, Gojek Group) untuk mengedukasi mahasiswa tentang materi tersebut.

Walaupun kita sudah hidup di era internet, ternyata masih banyak lho Event Creator yang belum sadar manfaat dari digital marketing untuk mempromosikan eventnya. Di era ini, semua hal bisa kamu monitor dan lakukan hanya dari telepon genggam mu. Praktis dan efisien! Nah, jangan sampai cara kamu mempersiapkan event masih kudet dan ribet ya. Yuk, upgrade sistem penjualan, pendistribusian, dan laporan tiket mu dengan Loket.com. Lalu, terapkan tips dari Rasis Setiawan ini sebagai next step biar event kamu lebih maksimal.

Sehari-hari, Rasis biasa bantu tim marketing Gojek Entertainment Group, termasuk Loket.com untuk memaksimalkan performa marketingnya melalui strategi digital. Nah pada kesempatan LOKETalks lalu, Rasis pun membagikan keunggulan dari digital marketing untuk dapat diterapkan pada strategi pemasaran event kampus. Ayo, baca rangkumannya di sini!


Manfaat Digital Marketing untuk Event

1. Digital Marketing bantu Event Creator lebih dekat dengan pengunjung


Sumber: New York Post

Pernah cobain contoh aplikasi dating di atas? Bagaimana alurnya? Pastinya kamu perlu kenalan dulu dari dunia digital, pendekatan dulu, cari persamaan satu sama lain, baru deh kalau cocok kopi darat. Nah, sama banget kayak pdkt-in event kamu ke calon pengunjung!

Digital marketing bisa jadi langkah ampuh biar kamu jadi lebih dekat dengan pengunjung event mu. Kenapa? Berbeda dengan cara promosi offline, kamu tidak bisa melihat langsung efek dari promosi mu pada pasar. Kamu tidak bisa menyaksikan reaksi target audiens terhadap strategi yang kamu lakukan. Dengan digital marketing, melalui komentar, likes, dan share, kamu bisa melihat kesesuaian ekspektasi audiens terhadap event mu. Kamu bisa lebih mengenal selera mereka, siapa mereka, umur, hingga lokasi mereka lewat analitik yang disediakan oleh platform digital marketing.


2. Digital Marketing bisa ciptakan komunikasi dua arah

Bete banget nggak sih kalau sudah ngomong panjang lebar, tapi dikacangin? Nah, melalui marketing online promosi kamu nggak bakal dikacangin. Kamu bisa langsung berinteraksi dengan calon pengunjung melalui konten-konten promosi event yang kamu ciptakan.

Pernah lihat Instagram Polling, Ask Me Question, atau Quiz? Pernah coba Thread Twitter? Atau pernah survei kecil-kecilan lewat formulir data tambahan Loket.com? Itulah contoh komunikasi dua arah melalui strategi digital marketing. Jadi, kamu bisa tahu apakah konten acara mu menarik perhatian target audiens atau tidak.


3. Event Creator bisa ukur keberhasilan lewat digital marketing


Bukan cuma jadi lebih dekat dengan pengunjung dan bisa berkomunikasi dua arah, digital marketing juga memungkinkan kamu untuk mengukur keberhasilan event mu. Cara mudahnya adalah dengan melihat dari jumlah likes, komentar, dan share content pada sosial media kamu. Lebih lengkapnya lagi, platform digital biasanya memperlihatkan total impression, engagement, dan reach dari iklan maupun konten digital mu.

Data ini bukan cuma bisa digunakan sebagai pengukur keberhasilan. Dengan mengolahnya, kamu juga bisa mendapat pelajaran untuk menyusun strategi event selanjutnya dari hasil evaluasi data digital marketing event ini. Nah, kalau cara promosi tradisional bagaimana ya cara mengukur keberhasilannya?


4. Promosi lewat digital marketing bisa tentukan target lebih akurat


Bagaimana kamu bisa mengatakan strategi marketing kamu berhasil, jika kamu tidak mengetahui secara pasti bahwa target dari aktivitas marketing kamu sudah sesuai? Nah, kalau pakai cara digital kamu dapat menyeting target kontenmu sendiri. 

Bagaimana caranya? Pada saat kamu menentukan target penerima iklan digital mu, platform penyedia layanan tersebut biasanya sudah membuat peta penerima iklanmu. Peta ini biasanya berisikan usia, profesi, hal yang biasa dicari oleh target, dan domisilinya. Apakah kamu sudah pernah mencobanya?


Digital marketing mengeluarkan budget lebih sedikit


Nah, manfaat yang satu ini dijamin paling menarik perhatian para Event Creator. Digital marketing mengeluarkan lebih sedikit dana dibanding promosi secara online. Nggak percaya?

Biaya menggunakan Google Ads dibayarkan per klik atau biasa disebut sebagai CPC (Cost per click). Di Indonesia, setiap iklan diberi harga mulai dari Rp500 CPC. Kamu bisa menyetel target budget yang kamu keluarkan dan proses pembayarannya diselesaikan saat pemasangan iklan, bukan setelah. Namun, tenang saja! Jika Google Ads kamu tidak mencapai target yang kamu harapkan, sisa budget kamu akan dikembalikan secara otomatis ke kartu kredit mu. Menguntungkan sekali bukan? 

Coba bandingkan dengan aktivitas promosi secara offline. Biaya pemasangan Billboard di lokasi-lokasi strategis Jakarta bisa mencapai puluhan juta dan belum tentu menyasar target audiens yang tepat. Dengan digital marketing, kamu bahkan bisa memulai iklanmu dengan budget Rp100.000 saja.


Gimana? Apakah kamu masih mau persiapan kamu kudet? Yuk, manfaatkan tips digital marketing dari Rasis Setiawan dan digitalisasi event kamu dengan Loket.com sekarang.

tips bikin event

profile
Dila

Part-time writer, full-time dreamer

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang