image Yuk, Ketahui Pentingnya Data Demografi Pengunjung untuk Eventmu

loket edu

Yuk, Ketahui Pentingnya Data Demografi Pengunjung untuk Eventmu

14 Nov 2019 - Penulis Dila

Event Creator, sudah tahu belum pentingnya data demografi pengunjung untuk event kamu? Atau jangan-jangan kamu masih sangat asing dengan kata demografi ya? Yuk, belajar bareng lewat ulasan ini.

Kenalan dulu sama definisi demografi secara umum, sebelum kita bahas lebih dalam tentang tema ini ya! Demografi memang sering kali dianggap sebagai data yang menggambarkan tentang karakteristik kependudukan. Namun dalam konteks industri event, data demografi tersebut tidak dikaitkan dengan penduduk, melainkan dengan karakteristik pengunjung eventmu sendiri. Data demografi pengunjung event pun bisa dipelajari dari data usia, jenis kelamin, tempat tinggal, dan juga profesi pengunjungmu. 

Lalu, bagaimana data-data tersebut bisa membantu persiapan eventmu? Bagaimana pula cara agar kamu bisa mengetahui data pengunjung tersebut? Berikut penjelasan yang sudah Loket.com rangkum untuk kamu.


Manfaat Data Demografi Pengunjung

Ada beberapa manfaat dari data demografi pengunjung yang bisa membantu persiapan eventmu. Pertama, data demografi pengunjung dapat membantu menjadi tolak ukur apakah eventmu sudah sesuai dengan target audiensmu atau belum. Misalnya, jika kamu membuat dekorasi dengan nuansa feminim, kamu bisa mengetahui apakah itu sudah sesuai dengan selera audiens atau belum. Coba intip dulu data demografi gender pengunjungmu! Siapa tahu mereka lebih banyak lelaki dan punya style yang maskulin. 

Kedua, data demografi pengunjung eventmu bisa membantu kesuksesan eventmu. Dengan mengetahui data demografi eventmu sebelumnya, kamu bisa mempelajarinya untuk menentukan konten, konsep, dekorasi, hingga pemilihan lokasi acara yang sesuai. Jika data demografi menunjukkan bahwa pengunjung event kamu sebelumnya lebih banyak di Jakarta Selatan, padahal eventmu sebelumnya diselenggarakan di Jakarta Pusat, akan lebih baik kalau untuk event yang akan datang, kamu mempertimbangkan lokasi strategis di selatan Jakarta.

Ketiga, data demografi pengunjung bisa membantumu mendapatkan sponsor maupun media partner. Bagaimana caranya? Media partner atau brand tertentu memiliki target audiensnya sendiri. Siapa tahu karakter demografi pengunjungmu dan konsumen brand tersebut sama dan akan memudahkanmu mendekati mereka. Bukan cuma dilihat dari kesesuaian tersebut, jumlah demografi pengunjung juga dapat membantumu mendapat kepercayaan brand dan sponsor. Apalagi, kalau jumlah pengunjungmu sudah cukup banyak untuk menarik perhatian mereka. 


Cara Mengetahui Data Demografi Pengunjung

Manfaatnya sangat banyak! Sayang sekali bukan, kalau kamu tidak tahu cara mendapatkannya? Yuk, gunakan Loket.com! Sistem manajemen tiket Loket.com dapat membantumu mendapatkan data demografi pengunjung. Bagaimana cara kerjanya?

Saat membeli tiket di Loket.com, pengunjung diminta untuk mengisi informasi data dirinya. Data dasar yang wajib diisi oleh pengunjung adalah nama sesuai ktp, nomor telepon, dan email. Jika kamu membutuhkan data lainnya, ada fitur Formulir Data Tambahan yang bisa membantumu menyesuaikan data demografi yang harus diisi oleh calon pengunjung dengan kebutuhanmu. Kamu bisa cek setiap jenis data yang bisa kamu dapatkan dari Loket.com lewat artikel lainnya di sini.


Loket.com selalu sediakan solusi untuk seluruh kebutuhan eventmu. Yuk, #JadiinAja event kamu sekarang!

data

profile
Dila

Part-time writer, full-time dreamer

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang