image Data Analitik Bisa Bantu Pengelolaan Taman Hiburan, Masa sih?

loket edu

Data Analitik Bisa Bantu Pengelolaan Taman Hiburan, Masa sih?

28 Feb 2019 - Penulis Dila

Era digital bikin semuanya jadi serba mudah dan cepat, termasuk juga pada perkembangan bisnis taman hiburan. Trennya bergerak cepat dan semakin sulit untuk diprediksi. Para pelaku usaha taman hiburan pun dituntut untuk semakin kreatif memanfaat fasilitas dan teknologi yang ada. Nah, data analitik adalah salah satu aspek yang bisa membantu kamu.


Gimana caranya? Data analitik bisa membantu kamu untuk mendapatkan referensi atau solusi untuk menunjang pengelolaan taman hiburan kamu menjadi lebih baik. Dengan adanya data, kamu bisa tahu dimana kelebihan pengelolaan taman hiburan atau bahkan aspek mana yang masih lemah dan butuh perhatian khusus untuk dimaksimalkan.


Berikut ini LOKET sudah merangkum 5 data utama yang bisa bantu pengelolaan taman hiburan kamu jadi lebih maksimal. Yuk, simak ulasannya!


Data analitik demografi pengunjung taman hiburan

Jenis data ini bisa bantu kamu untuk mengetahui lokasi penggemar taman hiburan kamu dan rentang usianya. Data ini bisa membantu kamu mempelajari dan menentukan strategi marketing kamu. Misalnya, memilih tone bahasa seperti apa yang lebih tepat digunakan untuk menggaet pengunjung dengan profesi tertentu, promosi seperti apa yang akan menarik pengunjung setia kamu, di mana wilayah yang masih sedikit fans taman hiburan kamu sehingga perlu dimaksimalkan marketingnya, dan lain sebagainya.


Data analitik penjualan tiket taman hiburan

Data penjualan ini dapat mendukung data demografi yang sudah kamu dapatkan. Dengan adanya data penjualan tiket, kamu bisa tahu secara lengkap tentang traffic penjualan tiket kamu. Misalnya saja, kamu bisa mengetahui waktu tertentu yang paling maksimal penjualannya, waktu tertentu yang masih perlu perhatian khusus untuk dimaksimalkan penjualannya, bahkan data kategori tiket yang menjadi favorit para pengunjung taman hiburan kamu. Nah, kamu jadi lebih mudah untuk memaksimalkan strategi penjualan kamu, bukan?


Data analitik saluran distribusi tiket taman hiburan yang paling diminati

Era digital menawarkan kita berbagai kemudahan, yang termasuk diantaranya adalah kemudahan penjualan tiket taman hiburan kamu. Kini, ada banyak sekali channel distribusi yang dapat membantu penjualan tiket. Kamu bisa lebih luas memilih channel pendistribusiannya secara online maupun offline. Nah, dengan mengetahui data saluran distribusi apa yang paling diminati oleh pengunjung, kamu bisa menentukan langkah selanjutnya untuk memaksimalkan penjualannya. Apakah kamu ingin lebih menguatkan channel distribusi terfavorit atau justru memilih untuk lebih memaksimalkan channel distribusi lainnya supaya trafficnya bisa menjangkau pasar lebih luas?


Data analitik metode pembayaran taman hiburan terfavorit

Metode pembayaran juga akan menjadi salah satu faktor penting kesuksesan pengelolaan taman hiburan kamu. Semakin banyak ragam dan semakin mudah metode pembayaran yang kamu tawarkan tentunya akan semakin membuat pengunjung kamu senang. Apalagi jika taman hiburan kamu bekerjasama dengan penyedia metode pembayaran untuk membuat promo menarik bagi pengunjung. Nah, dengan mengetahui data metode pembayaran di taman hiburan kamu tidak hanya bisa memaksimalkan kenyamanan pengunjung dalam bertransaksi. Data itu bisa kamu gunakan untuk menarik minat sponsor seperti bank atau perusahaan fintech. Seru, bukan? 


Data analitik minat pengunjung pada taman hiburan kamu

Nah, kalau data yang terakhir ini punya hubungan erat dengan pengelolaan wahana, penyelenggaraan event, dan promosi dalam taman hiburan kamu. Memiliki data minat pengunjung ini dapat kamu gunakan untuk merencanakan konten apa saja yang akan kamu hadirkan di taman hiburan kamu atau bahkan memetakan wahana apa saja yang masih perlu dimaksimalkan. Untuk mengetahui data ini penting banget untuk melakukan survei kecil-kecilan dan jangan sungkan untuk mengajak calon pengunjung untuk mengisi formulirnya karena semua itu kamu lakukan untuk memuaskan hati mereka, bukan? Nah, kamu bisa mendapatkan ini dengan sistem point of sales ataupun formulir data tambahan pada saat penjualan tiket secara online. 


Nah, gimana? Baru tahu manfaat dan pentingnya data analitik? Jangan khawatir. Kalau kamu masih awam dengan hal ini, LOKET bisa bantu kamu lho!


Siapapun bisa buat event sendiri di Loket.com! Atau, jika kamu butuh solusi lebih untuk bisnis hiburan berskala besar, silahkan kunjungi LOKET for Business dan tim kami selalu sedia membantu kamu! Konser, festival, pertunjukkan seni, kompetisi olahraga, taman hiburan, dan lebih dari 85% penyelenggaraan kegiatan hiburan telah membuktikan kemudahan yang diberikan oleh teknologi kami. Kini, giliran kamu!

fitur buat event info produk

profile
Dila

Part-time writer, full-time dreamer

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang