image 6 Cara Jitu Promosi Event Lewat Instagram Story yang Wajib Dicoba!

loket edu

6 Cara Jitu Promosi Event Lewat Instagram Story yang Wajib Dicoba!

31 May 2020 - Penulis Nabila

Cara promosi event di era digital memang berbeda dengan zaman dahulu. Bukan lagi hanya menempel poster event di titik-titik strategis, kehadiran event di media sosial menjadi “alat tempur” untuk mempromosikan event. Dengan jangkauan yang tak terbatas, kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur ataupun jenis content promosi event agar pengunjung tertarik untuk membeli tiket eventmu. 

Berikut 6 cara jitu promosi event lewat Instagram Story yang wajib kamu coba!


Live video

Jika kamu membutuhkan durasi yang panjang untuk melakukan promosi event, live video adalah pilihan yang tepat! Satu kali live kamu bisa menggunakan durasi sampai 60 menit. Tantangannya adalah bagaimana membungkus live menjadi menarik untuk ditonton dari awal sampai akhir. Agar lebih interaktif, kamu bisa membuat semacam talkshow antara host dengan pengisi event. Kamu juga bisa menjadikan pengisi event host utama, lalu mengundang audiens untuk live bareng di Instagram 

Influencer takeover

Cara promosi lain yang bisa kamu gunakan adalah influencer takover! Ini bisa jadi penyegaran content promosi untuk akun Instagrammu. Influencer yang sudah dipilih bisa memperlihatkan kegiatannya sehari-hari, persiapan event, dan lain-lain. Takeover ini bisa dilakukan dalam bentuk Instagram Story agar praktis dilakukan dan mudah ditonton oleh audiens. Sebagai event creator, jangan lupa untuk membuat poin-poin penting yang perlu dikomunikasikan untuk tujuan promosi. 

                Baca juga:
Konsep event online menarik ketika masa pandemi

FAQ di highlight

Apakah pengunjung eventmu punya banyak pertanyaan? Kamu bisa menjawab informasi-informasi dasar yang penting di dalam Frequently Asked Questions (FAQ). Akan lebih baik kalau kamu menjadikan FAQ tersebut highlight Instagram Story. Dengan begitu, setiap pengunjung bisa membaca FAQ kapan pun ia butuh.

Quiz

Ada berapa kuota pengunjungmu? Sisakan beberapa kuota pengunjung untuk membuat quiz di Instagram yang berhadiah tiket event. Mengadakan quiz adalah salah satu cara promosi yang jitu karena bisa meningkatkan penyebaran informasi eventmu jadi lebih luas. Quiz bisa dilakukan melalui akun Instagram event, pengisi event, atau bahkan partner-partner eventmu. 

Pengumuman lineup bertahap

Siapa saja pengisi eventmu? Pengumuman lineup yang bertahap bisa meningkatkan rasa penasaran pengunjung. Sebelum pengumuman, kamu juga bisa membuat teaser yang memberikan clue siapa pengisi eventnya. Misalnya, dengan memberi tahu inisial, ciri-ciri, atau foto yang dipotong/diblur. 

Ads

Ads atau advertisement dalam dilakukan untuk meningkatkan jangkauan promosi eventmu. Penting untuk membuat content promosi yang memiliki stopping power agar audiens mau melihat content promosimu. Kamu bisa menggunakan 2 jenis content promosi dengan pendekatan yang berbeda. Setelah itu, kamu bisa melihat jenis content promosi yang seperti apa yang sebaiknya dijadikan advertisement.

Promosi event dilengkapi kemudahan pembelian tiket

Jika followers akun Instagram sudah mencapai 10.000, kamu mendapatkan keuntungan untuk memasukkan link yang bisa dibuka langsung melalui Instagram Story. Link tersebut sebaiknya diarahkan ke halaman penjualan tiket yang mudah dan praktis untuk digunakan oleh event creator maupun pembeli tiket. Salah satu platform yang bisa kamu pakai adalah Loket.com.

Platform ini menawarkan beragam metode pembayaran (GoPay, BCA, bank transfer, LinkAja, Alfamart, Indomaret, Visa), distribusi tiket penjualan ke berbagai mitra (GoTix, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, Shopee, dan lain-lain), dan banyak kelebihan lainnya.

Tunggu apa lagi? Yuk, bikin event online di Loket.com. Cek caranya di sini!

event online tetep produktif bikin event

profile
Nabila

Content Strategist

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang