image Memanfaatkan Data Pengunjung Sebagai Cara Mendapatkan Sponsor

loket edu

Memanfaatkan Data Pengunjung Sebagai Cara Mendapatkan Sponsor

28 Nov 2019 - Penulis Nabila

Meskipun hari H event masih jauh, tetapi rasa ketar-ketir memikirkan cara mendapatkan sponsor untuk event kamu pasti sudah muncul. Sebagai salah satu sumber pemasukan dana terbesar, jumlah sponsor yang didapatkan memang berpengaruh besar terhadap kelancaran event yang kamu buat. Namun, apa kamu yakin sudah melakukan cara mendapatkan sponsor yang efektif? Sudah tepat sasaran? Atau malah asal-asalan lempar proposal sana-sini? 

Proses pencarian sponsor untuk eventmu bisa menjadi lebih baik jika kamu
memanfaatkan data pengunjung di event kamu sebelumnya sebagai acuan pengajuan sponsor.

Setidaknya, ada 3 hal yang bisa kamu maksimalkan jika berhasil mengolah data dengan efektif. 

Data transaksi pembelian tenant berkat cashless system


Zaman sekarang memang banyak orang yang nggak biasa bawa uang cash banyak-banyak, soalnya cashless system sudah semakin merajalela dimana-mana. Mulai dari supermarket, kios-kios, restoran, bahkan penjualan makanan kaki lima.

Tentu saja cashless system juga sudah merambat ke industri event. Beberapa event seperti Djakarta Warehouse Project dan We The Fest sudah mengaplikasikan cashless system dalam ekosistem eventnya. Semua yang dibeli di dalam event tersebut, bisa dibayar menggunakan gelang atau kartu yang memiliki teknologi RFID (Radio Frequency Identification) dari LOKET. 

Terus apa hubungannya sama cara mendapatkan sponsor? Dengan menggunakan cashless system dari LOKET, kamu bisa melihat data tenant apa yang paling banyak dibeli oleh pengunjung event. Misalnya, tenant minuman boba memiliki transaksi pembelian tertinggi, maka untuk event selanjutnya kamu bisa mengajukan sponsor ke brand-brand minuman boba dan memunculkan bisnis simbiosis mutualisme.

Perlu kamu sadari bahwa ada berbagai paket sponsorship yang bisa kamu tawarkan pada perusahaan. Salah satu yang bisa menarik perusahaan adalah pembukaan tenant di event. Data transaksi pembelian bisa menjadi data pendukung yang valid agar perusahaan atau brand mau menerima tawaran paket sponsor dalam bentuk pembukaan tenant di event. 

Data dasar pengunjung sebagai acuan exposure perusahaan

Gimana cara mendapatkan sponsor dengan cepat? Tentu saja dengan cara yang tepat. Nggak semua perusahaan cocok dengan event yang kamu buat. Sponsorship sejatinya adalah cara perusahaan untuk menghemat biaya marketing. Kenapa begitu? Soalnya dengan memberikan sponsor, perusahaan akan mendapat exposure yang bisa disesuaikan dengan karakteristik target perusahaan.


Jika menggunakan Loket.com, kamu bisa menggunakan Formulir Data Tambahan untuk mengumpulkan data dasar pengunjung sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan lain-lain. Semua hal tersebut bermanfaat untuk meyakinkan perusahaan bahwa pengunjung eventmu memiliki karakteristik yang sama dengan target pasar perusahaan yang kamu tuju. 



Untuk melihat hasil pengisian Formulir Data Tambahan, kamu tinggal klik menu bagian Formulir Data Tambahan yang ada di Event Dashboard, lalu unduh “Hasil Jawaban” yang terdapat di bagian kanan atas. Data yang diunggah berbentuk Excel dan bisa kamu olah sesuai dengan kebutuhan. 

Data jumlah pengunjung sebagai bukti kesuksesan event

Salah satu manfaat sponsorship bagi perusahaan adalah terbangunnya citra positif bagi perusahaan jika event yang didukung memiliki nilai-nilai baik. Perusahaan akan mensponsori sebuah event jika citra event sesuai dengan apa yang sedang dibangun oleh perusahaan tersebut. 

Misalnya jenis event yang kamu bikin adalah event peduli lingkungan, perusahaan yang menjadi sponsor akan mendapat citra ramah lingkungan di depan ratusan atau bahkan ribuan pengunjung eventmu. Semakin banyak jumlah pengunjung, eventmu akan semakin menarik di mata perusahaan karena artinya citra perusahaan akan tersebar lebih luas.


Nah, ada cara mudah untuk mengetahui data jumlah pengunjung yang valid. Nggak perlu repot membangun sistem baru. Jika kamu menggunakan Loket.com, kamu bisa dengan mudah melihat berapa jumlah pengunjung yang datang. Selain itu, kamu juga bisa melihat perhitungan pendapatan, jumlah tiket terjual, dan jumlah transaksi. Keempat hal tersebut bisa kamu lihat di bagian Event Dashboard. 

Baru bikin event pertama kali? “Insight Utilization LOKET” siap membantu!

“Aduh ini kan baru event pertama, belum punya data apa-apa nih!”.

Data event lazimnya memang baru didapat setelah event selesai dan maksimal dimanfaatkan untuk event selanjutnya. Nah, bagi event creator yang baru pertama kali membuat event, Insight Utilization LOKET bisa jadi solusimu. Insight Utilization LOKET berbasis pengalaman manajemen event yang dimiliki LOKET selama lebih dari 6 tahun. Data yang dipadukan dengan pengalaman menghasilkan rekomendasi-rekomendasi terkait harga tiket, jumlah pengunjung, demografi pengunjung, dan masih banyak lagi. 

Itu semua bisa disesuaikan dengan jenis event yang kamu buat. Mulai dari konser musik, workshop, conference, olahraga, dan lainnya. Insight Utilization merupakan bagian dari layanan Ticketing Management System milik LOKET. Kalau membutuhkan bantuan lebih agar sponsor untuk eventmu bisa menembus ekspektasi, LOKET juga menyediakan layanan Sponsorship Management loh! 

Gimana nih Event Creator? Sudah yakin dengan cara mendapatkan sponsor yang kamu lakukan selama ini? Ayo, bikin event di Loket.com biar bisa dengan mudah mengolah data pengunjung! Demi sponsor yang lebih banyak di eventmu selanjutnya.

sponsor bikin event data pengunjung

profile
Nabila

Content Strategist

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.