image Pasti Ampuh! Ini Dia 7 Cara Mencari Sponsor Event

loket edu

Pasti Ampuh! Ini Dia 7 Cara Mencari Sponsor Event

09 Mar 2023 - Penulis Ada di LOKET

 

Aduh, masih bingung cara mencari sponsor event? Kira-kira harus pakai sponsor e-commerce, sponsor bank, atau sponsor F&B ya? Gimana cara memilih jenis sponsor yang paling pas untuk event?

Siapa yang setuju kalau sponsor adalah aspek penting dalam sebuah event

Sponsorship memang memerankan peran yang sangat vital bagi sebuah event. Sponsor adalah tulang punggung utama yang menentukan apakah sebuah event akan berjalan sukses atau tidak.

Sponsor paling tidak harus mendapatkan jumlah yang bisa menutupi cost operational sebuah event. Jadi, penjualan tiket akan menjadi “bonus” saja, kecuali event-mu memiliki value luar biasa yang tiketnya sudah pasti terjual habis, misalnya saja konser internasional.

Nah, untuk kamu yang masih bingung mendapatkan sponsor, jangan khawatir! Ada trik untuk mencari sponsor yang tepat untuk event-mu. Yuk, cek cara menentukan sponsor yang tepat untuk event di bawah ini.

1. Tentukan jenis sponsor yang dibutuhkan event

Cara mencari sponsor yang paling pertama adalah menentukan jenis sponsor yang dibutuhkan event. Apakah kamu butuh sponsor dana? Sponsor teknis? Atau kamu sebenarnya butuh sponsor produk? Tentukan jumlah dan jenis yang kamu butuhkan sebelum mencari sponsor yang cocok untuk event-mu. 

Contoh kebutuhan sponsor berdasarkan jenis event adalah sebagai berikut:

  • Konser musik: Sponsor dana, sponsor teknis (panggung, lighting, sound system), sponsor produk (vendor merchandise), sponsor payment partner (Bank),  sponsor tiket pesawat (untuk kebutuhan mobilitas)
  • Pameran kebutuhan ibu dan anak: Sponsor dana, sponsor teknis (vendor booth, venue), sponsor produk (produk ibu dan anak), sponsor payment partner (Bank)
  • Event olahraga: Sponsor dana, sponsor produk (peralatan olahraga), sponsor payment partner (Bank),

 

2. Cari sponsor yang sesuai dengan konsep event

Mencocokkan sponsor dengan event-mu tentu juga penting. Lihat terlebih dahulu jenis event yang akan kamu adakan. Misalnya, jika kamu akan menggelar event festival kecantikan, maka akan masuk akal jika kamu mencari sponsor kategori Beauty. Jenis sponsor lainnya yang juga relevan untuk event jenis ini misalnya saja Banking atau F&B di venue.

Begitu juga jika kamu ingin membuat event konser, sponsor yang relevan yang paling mungkin adalah Banking dan platform untuk menjual tiket. Gak mungkin kan kamu malah mencari sponsor Home Living di konser musik?

3. Cari sponsor yang sesuai dengan pengunjung event

Gak cuma disesuaikan dengan konsep, sponsor juga harus sesuai dengan pengunjung kamu ya. Jika kamu membuat event konser musik K-Pop yang didengarkan oleh mereka yang berusia 17-30 tahun, maka cari sponsor yang memiliki pembeli/peminat di rentang usia tersebut. Contohnya, saja sponsor produk makeup atau skincare, pakaian, makanan, minuman, dan lain sebagainya.

4. Pilih yang paling bisa memenuhi kebutuhan event

Sudah selesai cari mencari, sekarang waktunya memilih!

Bukan hanya jenis sponsor yang cocok untuk event, tapi juga cari yang paling bisa memenuhi kebutuhan event. Sponsor juga bisa terbagi menjadi yang menyediakan support dalam bentuk dana/uang, juga yang menyediakan value. Misalnya kamu butuh sound system atau tiket pesawat. Bisa saja pihak sponsor menawarkan hal-hal tersebut dan bukan nilai uang. Value seperti itu sama berharganya dengan uang, lho.

5. Tonjolkan value event kamu di deck event

Gak cuma cari value dari sponsor, kamu juga harus menonjolkan value event kamu di deck sponsorship. Deck event adalah sebuah dokumen yang berisi detail event dan seringkali value dari event tersebut. Deck inilah yang akan digunakan sebagai bahan pertimbangan para sponsor.

Lalu bagaimana cara menonjolkan value event kamu? Misalnya aja kalau kamu bikin event bareng LOKET, bisa menonjolkan fitur integrasi PeduliLindungi, crowd control yang handal dan ticketing service yang terpercaya. Dengan begitu, kamu bisa menawarkan hal lebih agar sponsor bersedia menjalin hubungan untuk melaksanakan event-mu.

6. Gerilya sebar deck event

Kalau sudah tahu siapa target sponsor kamu, sekarang saatnya bergerak!  Ingat ya, kirim deck event ke sponsor dengan etika yang sesuai. Fokus bangun koneksi dan relasi kepada brand ketimbang hanya “menagih” uang untuk event-mu.

7. Cari sponsor mana yang sedang “bakar duit”

Riset memang paling penting kalau lagi cari sponsor untuk event. Perhatikan deh memperhatikan brand mana yang sedang “banyak duit”. Banyak duit artinya sering banget ga sih mengadakan promo-promo. Atau billboardnya lagi rame ga sih. Nah, sponsor seperti itu bisa kita kategorikan ke brand-brand yang lagi ada duit, atau lagi bakar duit. Jadi kita menargetkan brand mana yang sedang foya-foya dalam periode event tersebut.

Itu dia cara mencari sponsor event yang bisa kamu lakukan. Mau bikin event dengan berbagai kemudahan? Ya di LOKET aja! Klik di sini untuk bikin event bareng LOKET. 
 

360 Tips Event Sponsor Event

profile
Ada di LOKET

Your event & entertainment partner

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang