image Cara Membuat Event Online Sukses, Intip Rahasia dari Jouska!

loket inspire

Cara Membuat Event Online Sukses, Intip Rahasia dari Jouska!

07 Apr 2020 - Penulis Nabila

Mau tahu cara membuat event online yang sukses? Bikin event online adalah hal yang baru bagi sebagian event creator, tapi nggak untuk Jouska. Selama Januari - Maret 2020, Jouska telah mengadakan lebih dari 50 event online. Berbagai tema Jouska Talks online telah dilakukan, misalnya JTalks Insurance, JTalks Stock, JTalks Legal, dan masih banyak lagi.

“Membuat event offline tuh pasti nggak akan langsung sempurna di awal. Jadi nggak usah takut untuk memulai shifting ke event online. Kalau kebanyakan mikir, nggak akan jadi-jadi eventnya”, jelas Farah Dini Novita selaku Co-Founder Jouska.

Untuk kamu yang baru memulai bikin event online, artikel ini akan bantu kamu untuk memahami cara membuat event online yang sukses berdasarkan pengalaman dari Jouska. Yuk, baca sampai akhir!

Cara membuat event online sukses: Hal yang harus dilakukan



Gunakan transaksi pembelian tiket yang tersistem dengan baik
Bagi Jouska, penentuan cara transaksi pembelian tiket itu sangat penting. Hal tersebut bisa meringankan pekerjaan karena Jouska harus fokus terhadap konsep dan persiapan event. Kalau sistem yang dipakai nggak lancar, nanti akan ada banyak keluhan dari pembeli tiket terkait pembayaran yang bisa mengganggu fokus persiapan event. Jouska sendiri memilih untuk menggunakan Loket.com untuk penjualan tiket Jouska Talks online maupun offline. Klik di sini untuk lihat bagaimana Jouska memakai Loket.com.

Beri informasi dengan jelas dan rinci
Make it clear! Deskripsi event harus diisi dengan jelas dan rinci. Apalagi sekarang sudah ada banyak event online yang dibuat. Komunikasikan apa yang akan pengunjung dapat ketika ikut eventmu dan apa yang membuat event kamu berbeda dari event lainnya. Pemberian informasi yang jelas supaya pengunjung bisa atur ekspektasi dari eventmu. 

Tetap adakan sesi tanya jawab  walaupun online
Jouska memang rutin memberikan pengetahuan terkait finansial melalui bentuk event workshop offline maupun online. Nah, ketika workshop online berlangsung sesi tanya jawab atau QnA tetap krusial untuk dilakukan. Contoh teknologi yang bisa membantu kamu dalam mengumpulkan pertanyaan online adalah Slido. Sesi ini justru menjadi salah satu sesi yang paling krusial untuk menentukan kepuasan pengunjung terhadap eventmu. 

Cara membuat event online sukses: Hal yang jangan dilakukan 



Pembicara nggak persiapan dulu

Jangan berpikir karena ini adalah event online, maka pembicara nggak melakukan persiapan selayaknya event offline. Persiapan di sini mulai dari penguasaan materi yang akan disampaikan, pemahaman terhadap streaming platform yang dipakai, sampai ke penampilan pembicara yang disesuaikan tema event. 

Langsung jalan, tanpa gladiresik
Kalau lagi event offline, biasanya kamu harus tes peralatan yang mau dipakai ketika event. Misalnya pengaturan kursi, mic, speaker, tes materi di layar besar, dan lain-lain. Nah, event online juga tetap butuh gladi resik untuk mengetes kualitas visual dan audio! Beberapa hal yang wajib kamu cek adalah mic pembicara & moderator serta preview materi. Beri link URL streaming ke anggota tim eventmu untuk mengecek apakah suara terdengar jelas dan semuanya berjalan lancar atau nggak. 

Memilih tempat dengan asal
Walaupun hanya sedikit yang terlihat di layar HP/laptop/komputer, pemilihan tempat tetap wajib diperhatikan. Siapkan tempat yang layak, pastikan pencahayaan atau lighting bagus, lebih baik lagi kalau tempat yang digunakan kedap suara.



Cara membuat event online yang sukses itu nggak ada yang instan! Kalau kamu bikin event offline, sulit untuk bisa langsung sempurna di awal. Sulit untuk membuat event offline yang langsung sempurna ketika pertama kali bikin, hal itu juga berlaku untuk event online. Jadi, event creator nggak perlu takut untuk mulai transisi ke event online. Teknologi LOKET juga siap mendukung proses transisi eventmu jadi lebih mudah dan lancar. 


“Kami yakin LOKET akan memberikan yang terbaik untuk semua event creator. Cara penggunaannya juga mudah, dari pembuatan eventnya, pembayaran, dan detail lainnya. LOKET juga sigap dalam menjawab pertanyaan kami jika ada issue di lapangan”, jelas Co-Founder Jouska ketika ditanya kenapa Jouska memilih pakai Loket.com. 

Yuk, waktunya kamu bikin #EventOnlineAja di Loket.com!

 
Baca juga: Kelebihan bikin event online di Loket.com

bikin event online event online jouska

profile
Nabila

Content Strategist

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang