image Tak Banyak yang Tau, Cabang Olahraga Unik Ini Ada di Asian Games Indonesia

loket wiki

Tak Banyak yang Tau, Cabang Olahraga Unik Ini Ada di Asian Games Indonesia

28 Aug 2018 - Penulis Septania

Ada sebanyak 40 cabang olahraga yang dipertandingkan di laga Asian Games Indonesia. Dari jumlah tersebut ada beberapa cabang olahraga baru. Selain cabang olahraga populer seperti badminton, sepak bola, basket, dan bola voli, ada juga cabang olahraga unik yang mungkin jarang didengar sebagian orang. Ternyata, ada lho cabang olahraga unik yang dipertandingkan di Asian Games Indonesia.

Cabang olahraga unik di Asian Games Indonesia - Sambo

Asian Games 2018

Sambo adalah olahraga yang termasuk juga seni bela diri asli dari Rusia. Olahraga ini adalah kombinasi dari gulat, judo, jiu jitsu, tinju, dan beberapa seni bela diri lainnya. Sambo pertama kali dipopulerkan dalam laga Asian Games.

Sebenarnya, nama Sambo adalah singkatan dari SAMozashchita Bez Oruzhiya, yang jika secara harfiah diterjemahkan menjadi “bela diri tanpa senjata”.

Olahraga sambo tergolong olahraga modern karena perkembangannya yang baru dimulai pada tahun 1920-an oleh Tentara Merah Soviet (Soviet Red Army) untuk melatih kemampuan bertarung dengan tangan kosong. Beberapa teknik Sambo adalah hasil dari seni bela diri lain, seperti memiliki teknik dasar dari Judo Jepang, beberapa gaya gulat internasional, juga beberapa teknik gulat tradisional: Armenian Kokh, Georgian Chidaoba, Romanian Trinta, Tatar Korsa, Uzbek Kurash, Mongolian Khapsagay dan Azerbaijani Gulesh.

Pionir dari olahraga yang dipertandingkan di Asian Games Indonesia ini adalah Viktor Spiridonov dan Vasili Oshchepkov. Ada kisah hidup yang menarik dari pionir Sambo ini. Oshchepkov meninggal di dalam penjara setelah dituduh sebagai mata-mata Jepang pada tahun 1937. Oshchepkov menghabiskan banyak waktunya tinggal di Jepang dan mengajar judo di bawah arahan Kano Jigoro, penemu judo.

Dua orang pionir tersebut mengembangkan dua teknik Sambo yang berbeda. Dibandingkan dengan teknik Sambo dari Oshchepkov yang berbasis judo--yang kemudian disebut "Freestyle Wrestling", teknik Spiridonov lebih ringan dan tidak terlalu menggunakan tenaga dalam.

Dalam pertandingan Sambo yang dinilai adalah kecakapan teknik dan kekuatan dalam mengalahkan lawan.

Cabang olahraga unik di Asian Games Indonesia - Kurash

Asian Games 2018

Kurash adalah seni bela diri tradisional yang berasal dari Uzbekistan. Ada tiga jenis sistem penilaian dalam Kurash, antara lain Halal, Yambosh, dan Chala. Halal adalah ketika atlet Kurash mampu membanting lawan ke belakang. Yambosh adalah versi tidak sempurna dari Halal, dua jenis Yambosh nilainya setara dengan satu poin Halal. Sementara itu, Chala adalah versi tidak sempurna dari Yambosh.

Olahraga ini tergolong baru dalam laga Asian Games Indonesia. Kurash adalah olahraga yang berasal dari Uzbekistan dan telah dimainkan sejak zaman kuno. Satu pertandingan melibatkan dua atlet, yang satu menggunakan jaket hijau dan yang lainnya menggunakan jaket biru.

Tujuan dari olahraga ini adalah membanting jatuh lawan. Jika lawan mampu dijatuhkan dengan posisi ke belakang, kemenangan akan langsung dideklarasikan. Jika lawan dijatuhkan dalam posisi menyamping, akan dapat beberapa poin. Kurash pertama kali dipertandingkan pada Asian Indoor Games di tahun 2007.

Cabang olahraga unik di Asian Games Indonesia - Kabaddi

Asian Games 2018

Kabaddi adalah olahraga tradisional India. Permainan yang mengutamakan kontak fisik ini dimainkan 2 tim beranggotakan 7 orang. Terdapat perbedaan ukuran lapangan untuk kategori pria dan wanita; 10 x 13 m untuk lapangan kategori pria dan 8 x 12 m untuk lapangan kategori wanita. Olahraga ini mulai dimainkan di Asian Games XI Beijing tahun 1990. India selalu keluar sebagai juara di kategori pria dan wanita.

Pada dasarnya Kabaddi adalah cabang olahraga unik yang merupakan pertandingan antar-dua tim. Setiap tim terdiri dari empat pemain. Durasi pertandingan olahraga ini mulai dari 15 menit hingga 20 menit dengan waktu istirahat selama lima menit.

Inti dari pertandingan Kabaddi adalah meraih poin sebanyak-banyaknya dengan memasuki area lawan dan menyentuh, menepuk, atau bahkan bergulat dengan lawan tanpa tertangkap sembari menahan napas. Orang Indonesia pasti akan teringat permainan tradisional Galasin jika melihat Kabaddi.

Nama Kabaddi sendiri secara harfiah berarti “menahan napas” yang diambil dari bahasa India.

Cabang olahraga unik di Asian Games Indonesia - Senam Trampolin

Asian Games 2018

Apa maskot cabang olahraga yang paling menarik perhatian saat diletakkan? Menurut beberapa orang, maskot Binbin yang memperagakan cabang olahraga Trampolin.

Cabang olahraga trampolin masuk ke dalam cabang gimnastik atau senam. Meskipun tergolong sebagai kegiatan rekreasi, trampolin diikutsertakan dalam pertandingan Asian Games Indonesia karena bisa dinilai dari berbagai kriteria.

Dalam kompetisi Asian Games Indonesia, penilaian cabang olahraga Trampolin mencakup lompatan sederhana dalam posisi lurus, pike, tuck, atau straddle ke kombinasi yang lebih rumit dari depan dan belakang serta menekuk headline dan tikungan. Penilaian didasarkan pada kesulitan dan jumlah detik yang dihabiskan di udara.
Asian Games 2018

Cabang olahraga unik di Asian Games Indonesia - eSports

Asian Games 2018

Esports atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi olahraga elektronik adalah salah satu cabang olahraga unik yang dipertandingkan di Asian Games Indonesia.

Sebenarnya sejak pertama kali diluncurkan, banyak sekali perdebatan mengenai penggunaan istilah "sport" karena bagi sebagian orang, itu semua hanyalah video games.

Di Asian Games 2018 kali ini eSports menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan mulai dari tanggal 26 Agustus hingga 1 September. Meskipun baru merupakan simulasi di Asian Games kali ini, tapi euforia masyarakat sangat besar menyambut eSports ini.

Kamu juga salah satu yang memiliki antusias untuk menyaksikan secara langsung pertandingan yang akan diselenggarakan di Britama Arena-Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta ini? Beli tiket eSports sekarang di sini!

Asian Games 2018 asian games jakarta asian games palembang ramaikan kemerdekaan ramaikan eventmu event jakarta blog artikel

profile
Septania

a content person of joy division

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang