image GetCraft "Ikuti Tips Buat Event Dengan Konten Kreatif Ini"

loket inspire

GetCraft "Ikuti Tips Buat Event Dengan Konten Kreatif Ini"

14 Jan 2019 - Penulis Dila

Sudah tahu mau buat event dengan konten seperti apa tahun ini? Pastinya, tahun baru konten dan konsep eventnya harus baru juga dong. Jangan sampai ide kamu gitu-gitu aja, biar pengunjung kamu lebih terpikat dan rekomendasikan event kamu ke teman-temannya.

Nah demi terus memberikan inspirasi seru tentang cara buat event, Loket.com sudah interview Vice President Marketing GetCraft, Mahanugra Kinzana untuk memberikan tips buat event dan trik bagaimana cara menyusun konten kreatif biar konsep event lebih menarik.

Yuk, simak ulasannya biar buat event nggak gitu-gitu aja!

Tips Buat Event dengan Kreatif dari GetCraft

  • Tips pertama dalam membuat event: Udah nggak jaman lagi bikin konten hard selling!
Vice President Marketing GetCraft percaya bahwa konten masa kini udah nggak jamannya lagi untuk hard selling. Bahkan banyak di antara pengunjung event yang ketika dirinya melihat konten promosi mengenai suatu penawaran secara terang terangan merasa ilfeel berat dan malah berpikir “Yah, acaranya promosi doang nggak asik deh”. 

Mahanugra juga menambahkan bahwa pada dasarnya masyarakat akan lebih termagnet terhadap konten-konten yang membawa manfaat bagi mereka. Salah satunya adalah konten edukasi atau self-nurturing. Jadi, daripada kamu buat event yang hard selling dan nggak menarik minat masyarakat, lebih baik ciptakan saja topik - topik acara yang memang memiliki nilai tambah untuk calon pengunjung event kamu. Barulah nantinya kamu bisa menyambungkan konten acara tersebut dengan visi, misi, atau tujuan hadirnya produk kamu secara tersirat.

  • Tips kedua dalam membuat event: Ekspektasi calon pengunjung terkadang lebih tinggi daripada konten acara yang kita buat. Oleh karena itu, GetCraft selalu melakukan survey kecil kecilan sebelum menentukan topik bahasan dalam acara

Ekspektasi pengunjung memang sulit diprediksi. Oleh karena itu, Mahanugra juga merekomendasi untuk para Event Creator melakukan sebuah survey simple terlebih dahulu sebelum menyelenggarakan eventnya. Hal ini penting sekali untuk mengetahui apakah topik yang dibuat sudah cukup dalam dan pas untuk calon pengunjung yang dituju. 

Terkadang dalam penyusunan konten acara, GetCraft melakukan survey sederhana dengan menanyakan lewat Whatsapp kepada pengunjung regulernya. Pertanyaan yang diajukan pun bisa sangat mendasar seperti “Mbak atau Mas, kalau kita bahas mengenai bagaimana viral marketing itu sebenarnya bisa diciptakan, apakah itu sesuatu yang menarik untuk kalian pelajari atau tidak?”.

Kalau kamu ingin melakukan survey dengan lebih formal, kamu juga bisa memanfaatkan fitur formulir data tambahan dari Loket.com lho! Pelajari saja lebih lanjut di artikel Loket.com sebelumnya di sini.

  • Tips ketiga dalam membuat event: Cari ide konsep besarnya dulu, baru terjun buat rinciannya

GetCraft sangat memperhatikan berbagai hal dalam usahanya merencanakan event. Salah satu di antaranya adalah dengan memperhatikan konten yang disajikan. Apakah konten tersebut menarik dan bermanfaat bagi calon pengunjung, apakah pengunjung dapat memahami sebuah topik secara mendalam, atau apakah yang mereka butuhkan hanya informasi dasarnya saja.

Oleh karena itu, Mahanugra dan tim GetCraft biasanya menuliskan ide terlebih dahulu dan membaginya kedalam beberapa bagian yang lebih rinci, seperti berikut ini:

  1. Tulis latar belakang permasalah atau fenomenanya.
  2. Tentukan beberapa key takeaway yang kamu ingin persembahkan
  3. Dari masing masing key take away, tentukan poin poin pembahasan yang harus dicover guna menjawab key takeaway nya.
  4. Baru setelah poin diatas, tentukan pembicara yang paling pas untuk membawakannya
  5. Buat beragam pilihan pembicara agar kamu bisa mengantisipasi jika target pembicara kamu tidak bisa hadir


  • Tips keempat dalam membuat event: Kolaborasi dengan pihak lain bakal bikin event lebih engaging

“Daripada berjuang sendiri, mendingan bangun sinergi” begitulah cara tim GetCraft dalam memaksimalkan event-event mereka selama ini. Gandeng saja komunitas, perusahaan, atau perorangan yang memiliki objektif yang sama dengan event kamu. Ajang mereka untuk tampil di event kamu. Berikan mereka panggung untuk membagikan visinya dan memberikan pengetahuan dalam cara pandang yang berbeda dalam diskusi. Target promosi event kamu juga jadi lebih luas dan target pengunjung bisa jadi lebih banyak, terutama mengingat bahwa pasar event kamu dan mereka pastinya sedikit berbeda. Jadi, jika dilebur hasilnya akan lebih maksimal.

 

  • Tips kelima dalam membuat event: Jangan cuma kupas kulitnya, cari topik seru dan bahas sedalam-dalamnya lebih oke!

Di tahun 2018, banyak banget kelas inspiratif atau seminar yang bahas sebuah topik cuma dipermukaan saja. Mungkin hal itu bagus untuk mengenalkan sebuah materi terlebih dahulu. Akan tetapi jangan sampai bikin pengunjung kamu ‘kentang’ ya! Kini saatnya kamu melanjutkan konsep acara kamu dengan menyuguhkan topik diskusi yang lebih dalam dan spesifik. 

Bagaimana Event Creator? Apakah tips buat event dengan konten ala GetCraft ini membuat kamu makin terinspirasi? Yuk, terapkan tips buat event ini, ikuti ekspektasi calon pengunjung kamu dan jadikanlah mereka pengunjung setia event kamu dengan buat eventnya sekarang di Loket.com!

buat event getcraft

profile
Dila

Part-time writer, full-time dreamer

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang