image VP Creative GetCraft "Cara Pertahankan Kualitas Bikin Seminar Berseri"

loket inspire

VP Creative GetCraft "Cara Pertahankan Kualitas Bikin Seminar Berseri"

15 Aug 2019 - Penulis Dila

Apakah kamu tidak asing mendengar nama GetCraft? Marketplace content creator ini rajin sekali menggelar seminar inspiratif nya di Loket.com lho. Masterclass Series adalah salah satu project seminar kebanggaan GetCraft!

Seminar Masterclass Series terdiri dari 5 rangkaian seminar marketing yang akan disusul oleh enam rangkaian kelas creative lainnya. Tujuan utama penyelenggaraannya adalah untuk menjadi ajang edukasi terpercaya bagi kalangan profesional di bidang ini. Untuk itu, konsistensi kualitas Masterclass Series pun harus sangat diperhatikan demi menjaga animo pelaku marketing dan industri kreatif pada Masterclass maupun GetCraft. 

Lebih dari sekedar mencapai tujuan utama tadi. Konsistensi kualitas Masterclass juga merupakan salah satu tantangan GetCraft untuk mengukuhkan brand value nya di industri ini. Bagaimana ya cara manajemen GetCraft melewati tantangan ini? Mewawancarai Syarief Hidayatullah (VP Creative GetCraft), berikut rahasia mereka bikin seminar berseri dengan standar tinggi dan kualitas yang konsisten:


Pemilihan Topik Seminar Masterclass


Pemilihan topik sebuah seminar adalah faktor utama yang menjadi daya tarik bagi calon audiens. Semakin menarik konten yang dihadirkan, semakin banyak pula peminatnya. Oleh karena itu, pemilihan topik Masterclass ini tidak disusun secara sembarangan. Semua konten yang dipilih telah disunting dari strategi komunikasi dan pemasaran yang telah mereka rancang secara khusus. Dengan pesan utama yang ingin dihadirkan oleh marketplace content creator tersebut, yaitu “Creative Business Made Efficient”, materi seminar ini kemudian berfokus pada pilar “Marketing” dan “Creative Business” sesuai dengan brand value dari GetCraft sendiri.

Dari fokus utama itu, Syarief sebagai VP Creative dan teman setimnya turut memikirkan efektifitas edukasi yang akan dihadirkan melalui Masterclass ini. Lalu menurut Syarief, tema tadi dipersempit lagi menjadi pilar yang lebih spesifik dari topiknya, seperti Content Marketing, Media Planning, Community Marketing, Social Media Marketing, Native Advertising, dan sebagainya. Dengan membuat peta konten seperti itu pembahasan Masterclass ini dapat lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan para praktisi profesional di bidangnya.


Kriteria Pembicara Masterclass

Setelah mengupas lengkap bagaimana cara GetCraft menyusun konten untuk seminarnya, dalam interview singkat bersama Syarief Hidayatullah kami juga membedah bagaimana kriteria pembicara yang tepat untuk Masterclass. Khusus untuk seminar berseri seperti master class, beberapa hal yang dipertimbangkan GetCraft dalam memilih speakers diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Calon pembicara memiliki latar belakang dan rekam jejak profesional yang relevan dan mumpuni terkait topik yang akan dibawakan.Calon pembicara juga memiliki reputasi positif atau relatif dikenal memiliki pengetahuan mendalam tentang topik yang akan dibawakan.
  • Riset terkait kemampuan dan pengalaman calon pembicara untuk memberikan materi di depan umum juga harus dilakukan terlebih dahulu.
  • Calon pembicara yang juga harus mewakili praktisi atau profesional yang memiliki sudut pandang fresh terkait topik yang dibawakan (Tidak terpengaruh kepentingan pribadi, instansi, atau politik dalam menyampaikan materinya)
  • Kecenderungannya, GetCraft memilih pembicara millenials yang karirnya sedang menanjak.


Pengelompokan Target Audiens


Sumber: Dokumentasi Masterclass oleh Loket.com

Menemukan target audiens yang tepat adalah suatu langkah esensial bagi GetCraft. Pasalnya, walaupun peminat seminar ini terdiri dari ribuan subscribers atau unique views di situs resminya sendiri, mereka yang berkunjung berasal dari berbagai bidang dan pilar terkait Marketing dan Creative Business. Oleh karena itu, Syarief dan timnya mengidentifikasi minat dan potensi kebutuhan dari tiap profil subscriber terlebih dahulu. 

Kemudian, mereka barulah bisa mengelompokkan target audiens tersebut dan menawarkan konten yang relevan untuk mereka. Misal, pada penyelenggaraan Masterclass mengenai Brand Planning sebelumnya, GetCraft memfokuskan informasi tersebut pada kelompok yang kami identifikasi membutuhkan materi itu, seperti manajer marketing dan PR sebuah brand atau justru pelaku startup sendiri. 


Kemudahan Akses Informasi, Pendaftaran, dan Pembayaran


Memiliki sebuah event page bagi penyelenggara seminar adalah fondasi khusus untuk membangun citra profesionalitas dari event itu sendiri. Hal ini juga dapat meningkatkan public trust pada sebuah seminar. Untuk itu GetCraft pun memilih Loket.com yang telah menjadi platform manajemen event yang dipercaya oleh lebih dari 80% event besar di Indonesia. 

Melalui event page yang disediakan oleh Loket.com secara gratis, GetCraft dapat mengelola proses pendaftaran dan pembayaran seminar dengan sangat mudah. Pengunjung pun memperoleh informasi secara lengkap tentang seminar ini. Tidak hanya itu, akses pendaftarannya pun sangat praktis, terutama dengan tersedianya beragam metode pembayaran. 


Manfaat tersebut sangat berarti bagi tim GetCraft yang terkadang harus membagi badan mengurusi bergam channel edukasinya. Sebagai salah satu Marketplace Content Creator terbesar di Indonesia, tim GetCraft terbiasa menjalankan lebih dari satu project edukasi dalam satu waktu. Nah dengan fasilitas yang ada di Loket.com, memonitor jumlah pendaftar dan transaksi yang terjadi, tidak lagi memakan waktu, memerlukan sdm tersendiri, dan perlu effort yang tinggi. Tim GetCraft dapat mengatur hal tersebut di waktu luangnya dan berfokus pada persiapan seminar lainnya untuk mempertahankan kualitas.


Cara GetCraft ini bisa banget kamu tiru untuk penyelenggaraan seminar mu sendiri.Tidak hanya menjaga citra mu sebagai penyelenggara, cara GetCraft mempertahankan konsistensi kualitas seminarnya juga menguntungkan bagi pengunjung. Yuk, ikuti cara GetCraft dan #JadiinAja dulu seminar berseri mu dengan Loket.com! Butuh cek ombak dulu? Tenang saja! Masterclass GetCraft masih ada terus hingga akhir tahun. Cek selengkapnya di sini ya!

getcraft seminar

profile
Dila

Part-time writer, full-time dreamer

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang