image Rieke Caroline "Bikin Event Wajib Melek Hukum. Mengapa?"

loket inspire

Rieke Caroline "Bikin Event Wajib Melek Hukum. Mengapa?"

01 Jul 2019 - Penulis Dila

Pernah mendengar nama Rieke Caroline? Putri Pariwisata 2009 yang sekaligus pembawa acara salah satu program berita di stasiun TV swasta ini, kini menjelma menjadi seorang founder startup digital. Kontrak Hukum yang didirikan oleh Rieke merupakan sebuah platform hukum digital yang melayani kebutuhan legalitas bisnis seperti pembuatan kontrak, pendaftaran HAKI dan pembuatan badan usaha. 


Sumber: Dokumentasi LOKET

Unik sekali, bukan? Seorang pelaku industri hiburan multi-talent yang juga tertarik dengan hukum. Melihat latar belakang Rieke Caroline ini, Loket.com pun tertarik untuk mengundangnya di acara LOKETalks pada Mei 2019 lalu demi menginspirasi dan memberi ilmu tentang serba-serbi hukum di industri hiburan, spesial untuk Event Creator. 

Nah, bagaimana kalau kamu mau tahu lebih lanjut tentang pemaparan Rieke Caroline tapi belum sempat hadir di acara tersebut, tenang saja! Loket.com sudah merangkum poin-poinya dalam ulasan ini. Yuk, baca sampai tuntas!


“Event Creator Wajib Melek Hukum”, kata Rieke Caroline. Mengapa?

Poin yang satu ini adalah kutipan dari salah satu ucapan Rieke Caroline pada audiens LOKETalks Mei lalu. Dunia per-event-an tidak luput juga dari serba-serbi hukum. Jadi, pelaku industri hiburan juga harus melek hukum biar nggak “keblinger”.  Kalau ada urusan hukum yang ‘skip’ bisa-bisa acara yang sudah kamu rencanakan batal atau tidak terlaksana sesuai harapan.

Sumber: Dokumentasi LOKET

Lalu, tahapan hukum apa saja yang harus diperhatikan oleh Event Creator?
Biar event kamu sukses, pastikan kamu memperhatikan faktor-faktor hukum pada tahapan mendirikan badan usaha mu (sebagai event organizer atau MICE) dan tahapan pada saat menyelenggarakan event mu.

Nah saat mendirikan usaha, kelengkapan hukum apa saja yang harus disiapkan?
Untuk jenis usaha Event Organizer: Akta pendirian, SK pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM, NPWP, NIB dan Izin Usaha berupa Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP). Untuk PCO/MICE: Akta pendirian dari Kementerian Hukum dan HAM, SK pengesahan, NPWP, NIB dan Izin Usaha berupa Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP), serta wajib memiliki Sertifikat Usaha Jasa Penyelenggara MICE.


Sumber: Dokumentasi LOKET

Untuk pelaksanaan event, kebutuhan hukum apa saja yang perlu diperhatikan?

Event Creator bijak wajib memperhatikan regulasi penyelenggaraan acara, konten acara, kontrak dengan pengisi acara, mitra, maupun sponsor, serta membuat resiko manajemen dari setiap aspek tersebut.

Setiap jenis acara yang berbeda akan memerlukan kebutuhan hukum yang berbeda. Begitu pula dengan perbedaan wilayah. Setiap daerah memiliki hukum dan kebijakannya sendiri. jadi, setiap melaksanakan acara di suatu kota, Event Creator wajib memperhatikan regulasi yang berlaku sebelum merencanakan persiapan event lebih lanjut.


Apakah ada perjanjian yang ideal untuk mengatur kontrak dengan sponsor, mitra, atau pengisi acara?

Tentu saja! Menurut Rieke Caroline, kontrak yang ideal dirumuskan kesepakatan tertulis dimana diatur mengenai hal-hal penting, termasuk lingkup pekerjaan, hak dan kewajiban, wanprestasi dan penyelesaian perselisihan antara kedua belah pihak. Kontrak event kamu juga wajib ditulis dengan Bahasa Indonesia karena begitu hukumnya di negara ini.


Apakah penjelasan Rieke Caroline dari Kontrak Hukum ini sudah menginspirasimu Event Creator? LOKETalks yang diadakan setiap dua minggu sekali akan selalu menghadirkan pembicara-pembicara handal dalam berbagai bidang untuk membantu memaksimalkan event kamu. Jangan sampai kamu melewatkannya ya! 

Bikin event memang perlu memperhatikan banyak hal saat persiapannya. Namun, ada banyak cara untuk membuat persiapannya jadi lebih praktis. Contohnya, kamu bisa serahkan kontrak, legalitas, dan sejenisnya pada Kontrak Hukum. Nah, kalau untuk urusan tiketnya, ada Loket.com yang siap sebarluaskan event lebih praktis.

Yuk, buat event sekarang!

bikin event legal

profile
Dila

Part-time writer, full-time dreamer

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang