image Kenalan Dengan NFT, Instrumen Investasi Krypto Yang Sedang Hits

loket wiki

Kenalan Dengan NFT, Instrumen Investasi Krypto Yang Sedang Hits

24 Feb 2022 - Penulis Winda

Pernah mendengar NFT? Kamu tahu gak kalau NFT bisa menjadi salah satu instrumen investasi, sekaligus ajang koleksi item langka? Untuk mengulik semua tentang NFT, yuk baca artikel di bawah ini.

Apa Itu NFT?

NFT adalah singkatan dari Non-Fungible Token. Dilansir dari Pintu, Fungible atau fungibility merupakan kemampuan sebuah aset untuk ditukar/diganti dengan aset serupa yang memiliki nilai yang sama. Misal, kamu menukar uang Rp20.000 dengan 4 lembar Rp5.000 maka nilainya tetap sama.

Sementara, token adalah aset digital untuk mewakili barang, layanan, atau lainnya.

Jadi, NFT adalah instrumen investasi berupa token digital yang tidak bisa diduplikasi, karena terikat & terverifikasi di rantai blok (blockchain).

Sederhananya, NFT akan membuat kamu menjadi pemilik satu-satunya sebuah aset digital di seluruh dunia. Aset inilah yang disebut sebagai token NFT. Token NFT dapat berupa photo card, video, tiket event, tiket pertandingan, karya seni, musik, dan lain sebagainya. 

Contoh token NFT yang populer adalah NBA Top Shot, yang dikeluarkan pada 2017 dan mulai mengangkat popularitas NFT. NBA Top Shot merupakan aset digital kolektibel yang dikeluarkan NBA bersama Dapper Labs, pembuat Crypto Kitties.

Lalu, Apakah NFT Termasuk Krypto?

Pada dasarnya, NFT adalah aset yang berkembang dari mata uang kripto. Namun, tujuan, bentuk, dan penggunaannya berbeda dari aset kripto lainnya seperti Bitcoin. Setiap token NFT hanya dibuat satu kali dan tidak dapat ditukar atau diperdagangkan dengan NFT lain, karena nilainya tidak sepadan.

Jenis-Jenis NFT

1. NFT Art

Apa itu NFT art? NFT art atau NFT seni adalah jenis NFT paling populer yang memperjualbelikan karya seni secara digital di dunia maya.

2. NFT Musik

Popularitas lainnya adalah pada jenis NFT musik. Karena pemotongan yang cukup besar pada sebuah musik saat diluncurkan, musisi kini mulai beralih ke metode ini. NFT musik memungkinkanmusisi untuk menyimpan 100% keuntungannya.

3. NFT Game

Beberapa item pada sebuah game kini dijual sebagai NFT sebagai barang yang cukup langka.

4. NFT Collectible

NFT collectible adalah NFT yang sifatnya dapat menjadi koleksi, biasa ada di industri olahraga atau event. Contoh NFT collectible yang populer adalah CryptoKitties, NBA Top Shot, dan Sorare.

Cara Kerja NFT

Dilansir dari Kompas.com, ketika karya seni digital menjadi sebuah NFT, hal ini berarti karya ini sudah dienkripsi dalam blockchain. Karya seni itu menjadi tidak dapat diduplikasi di dunia maya jika bukan pemilik aslinya. 

NFT dapat dikatakan sebagai sertifikat fisik hak cipta yang bisa menjamin keaslian sebuah karya seni. Tetapi, alih-alih sertifikat fisik, NFT adalah sertifikat digital. Karya seni NFT dapat dinikmati oleh banyak orang, tapi hanya akan ada satu orang yang memiliki versi aslinya, lengkap dengan sertifikat kepemilikan digital yang tercatat di dalam blockchain atau rantai blok. 

Kenapa harga NFT bisa melambung? Sederhananya karena dalam NFT, tidak ada skema penguasaan dan dominasi yang bisa mengendalikan harganya.

NFT Jadi Tiket? Memang Bisa?

Selain menjadi aset kolektibel, NFT juga bisa jadi tiket, lho. Beberapa event sudah mulai melakukan terobosan baru dengan NFT. Tergantung dari event dan tujuan pembuatan NFT-nya, fungsi NFT sebagai tiket event ini beragam. 

Di event Coachella, disediakan 10 unit Coachella keys yang bisa menjadi tiket seumur hidup. Pemilik token Coachella keys akan mendapatkan 2 tiket gratis tiap tahunnya, lengkap dengan akses pengalaman virtual produksi Coachella, dan fasilitas khusus lainnya saat festival berlangsung. Tidak hanya itu, Coachella juga menyediakan unit-unit NFT yang lain dengan keunggulan berbeda-beda. 

Dengan menggunakan NFT sebagai tiket, kamu bisa mengubah tiket biasa menjadi aset seumur hidup pengunjung event.

Keunggulan NFT  

Keunggulan NFT dibanding bentuk investasi lain adalah reliabilitas kepemilikannya. Karena berkaitan dengan aset digital, kepemilikan NFT aman dari kemungkinan NFT bodong atau palsu. Pemilik sah dari sebuah NFT dapat dibuktikan melalui teknologi blockchain yang menampung informasinya.

- -

Sudah makin paham dengan NFT? LOKET punya kejutan untuk kamu, lho. Akan ada kolaborasi dalam waktu dekat untuk aset NFT! Ikuti terus Instagram @loketcom untuk informasi ter-update.

NFT investasi krypto

profile
Winda

Content Strategist at LOKET

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang