image Vincent Tan: Sukseskan Acara Kopdar Komunitasmu dengan 4 Trik Jitu

loket inspire

Vincent Tan: Sukseskan Acara Kopdar Komunitasmu dengan 4 Trik Jitu

28 Aug 2019 - Penulis Dila

Sabtu, 24 Agustus 2019 lalu AvGeek Indonesia baru saja menggelar kopdar pertamanya lho! Terikat dalam satu minat terhadap dunia aviasi atau penerbangan, AvGeek atau Aviation Geek mengundang Sam Chui, seorang influencer di bidang aviasi yang kerap melakukan review terhadap pesawat-pesawat first class dunia. 

Kopdar AvGeek Indonesia kali ini diadakan dalam format diskusi sekaligus fanmeet. Membahas tentang perjalanan dunia aviasi selama satu dekade terakhir dan karir Sam Chui yang berhasil mendapat pemasukan dari hobi, lebih dari 170 aviation geek pun hadir. Angka yang cukup besar untuk sebuah kopdar pertamanya, bukan?

Sejak awal penjualan tiketnya, AvGeek Fan Meet memang sudah menjadi magnet tersendiri bagi para pecinta dunia penerbangan. Hanya membutuhkan waktu kurang dari 24 jam saja tiket telah habis terjual. Kira-kira apa ya rahasianya? Loket.com sudah mewawancarai Vincent Tan yang merupakan inisiator AvGeek Fanmeet dan lewat ulasan di bawah ini kita bakal kupas tuntas semua tipsnya. Yuk, baca sampai habis!


Tips buat kopdar pertama: Pilih format event yang sesuai

Pilih format format kopdar yang sesuai dengan tujuanmu menyelenggarakannya. Misalnya, jika tujuanmu adalah mengenalkan komunitas mu pada masyarakat luas, ada baiknya untuk menyesuaikan formatnya dengan kegiatan reguler komunitasmu. Hal ini bisa membantu para pengunjung untuk dapat membayangkan keuntungan dan keseruan jika mereka ikut bergabung. 

Memilih format diskusi, latar belakang AvGeek Indonesia mengadakan kopdar ini adalah untuk memanfaatkan kedatangan Sam Chui ke Indonesia dan berbagi pengetahuan di dunia penerbangan. Format itu dinilai lebih tepat karena karakteristik penggemar dunia penerbangan yang mayoritas menggali pengetahuan dan mendapatkan pengalaman terbang yang berbeda-beda. Bagaimana dengan komunitasmu?


Tips buat kopdar kedua: Pilihan Pembicara Harus Stand-out


Untuk kopdar pertama kali, pemilihan pembicara tidak hanya harus sesuai dengan tema eventmu. Namun, kamu juga harus memilih pembicara yang stand-out di bidangnya. Bukan rahasia lagi jika pembicara yang menarik adalah faktor utama yang jadi daya tarik eventmu. Semakin terkenal pembicaramu, pasti semakin banyak orang yang nggak pakai pikir-pikir datang.

Nah di kopdar pertama AvGeek Indonesia, mereka memilih Sam Chui yang memang sudah tidak asing lagi namanya di dunia penerbangan. Memiliki lebih dari 1,4 juta subscriber di akun Youtubenya, Sam Chui telah mereview berbagai jenis pesawat di dunia, seperti Jet, Luxury Class, Supersonic Concorde, dan lain sebagainya. Bagaimana dengan komunitasmu? Kira-kira siapa ya pembicara yang tepat untuk kopdarmu?


Tips buat kopdar ketiga: Lokasi strategis


Menyelenggarakan kopdar untuk pertama kali, pemilihan tempat juga bisa jadi faktor untuk mensukseskan acara kamu selenggarakan lho. Jika event mu diadakan di lokasi strategis, mudah dijangkau, dan memiliki fasilitas parkir yang luas, akan lebih banyak calon pengunjung yang tertarik untuk datang. Sedangkan, jika untuk mencapai lokasi event, pengunjung harus rebutan parkir dahulu atau lokasinya terpencil, pastinya bikin males duluan tuh.

Oleh karena itu, AvGeek Indonesia dalam kopdar pertamanya pun turut menyadari hal ini dan mempertimbangkan banyak hal sebelum memilih lokasi. Terletak di Jakarta Selatan, AvGeek Indonesia memilih tempat yang mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Lokasi kopdar ini juga terletak hanya 3 menit berjalan kaki dari halte Trans Jakarta dan 5 menit berjalan kaki dari stasiun MRT. Dengan target audiens dan kapasitas lokasi penyelenggaraan yang mampu menampung 172 orang, fasilitas parkir yang luas juga dipikirkan oleh penyelenggara lho. Nah, kamu juga harus contoh pertimbangan AvGeek ini dalam memilih lokasi kopdarmu ya!


Tips buat kopdar keempat: Langkah promosi harus tepat sasaran


Demi mengadakan kopdar pertama yang terdengar di mana-mana, langkah promosi pre-event juga harus diperhitungkan. Kamu bisa memulainya dengan melakukan perincian terlebih dahulu tentang siapa targetmu. Misalnya dengan menjawab pertanyaan berikut ini:

  • Target audiens mu punya minat terhadap apa?
  • Usianya berapa?
  • Profesinya apa
  • Domisili terbesar target audiensmu di mana?

Setelah tahu seperti apa karakter target audiensmu, kamu bisa menentukan cara komunikasi yang tepat, sosial media yang sesuai, bahkan menetapkan harga yang sesuai untuk kopdarmu. 

Langkah promosi kopdar pertama AvGeek pun sudah mempraktekan cara ini. Oleh karena itu, Vincent dan teman-temannya pun dengan mudah dapat mengetahui cara yang tepat dalam menyasar calon pengunjungnya. Sasaran mereka cukup luas, yaitu para penggemar dunia penerbangan, berada dalam kelas sosial menengah keatas, target usia serta profesi yang beragam, AvGeek Fan Meet harus mempromosikan acaranya secara lugas dan rinci. Sehingga dapat dimengerti oleh profesi apapun dan usia berapapun. 

Loket.com pun dipercaya sebagai jembatannya. Melalui Event Pagenya, AvGeek Indonesia dapat menjabarkan informasi perihal penyelenggaraan kopdar dengan sangat lengkap. Mulai dari tanggal, tempat, waktu, rundown, profil pembicara, hingga undangan yang turut hadir dalam acara ini pun dapat diinformasikan tanpa terbatas jumlah karakter seperti di media sosial.


Kamu juga bisa mempraktekan tips ini untuk mewujudkan kopdar pertamamu! Lalu, jangan lupa untuk menggunakan Loket.com untuk mempermudah persiapannya. #JadiinAja kopdar dengan Loket.com sekarang! Pendaftarannya mudah, bisa nyebarin tiketnya ke mana-mana, dan ada event consultant kita yang siap bantu. Yuk, #JadiinAja dulu kopdar kamu pakai Loket.com!

kopdar komunitas

profile
Dila

Part-time writer, full-time dreamer

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang